Kiat Ampuh Mengatasi Rambut Rontok

405

Diedit:

Rambut merupakan sebuah mahkota yang dapat menunjang penampilan kita agar dapat menarik perhatian orang. Memiliki rambut yang indah dan sehat tentunya sudah menjadi keinginan setiap orang, tetapi tidak semua bisa mewujudkan hal tersebut. Banyak masalah yang kerap muncul pada rambut seperti ketombe, rambut berminyak dan yang paling parah adalah kerontokan pada rambut. Ikutilah kiat ampuh mengatasi rambut rontok dalam artikel ini supaya membantu mencegah terjadinya kebotakan secara permanen.

Jika seseorang mengalami kebotakan, tentu kepercayaan dirinya akan hilang seketika. Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan rambut anda mengalami kerontokan salah satunya karena faktor makanan. Makanan yang pedas dan berminyak memang nikmat, tetapi perlu anda ketahui bahwa makanan seperti itu dapat membuat rambut anda berminyak yang dapat mengakibatkan kerontokan atau masalah lain seperti ketombe. Untuk itu sebaiknya kurangi makanan yang pedas dan banyak mengandung minyak.

Faktor lain selain makanan yaitu karena pengaruh efek samping dari mengkonsumsi obat-obatan. Obat-obatan yang terbuat dari bahan kimia kerap menimbulkan efek samping yang berbahaya salah satunya kerontokan. Untuk itu, jika anda sakit atau tengah mengkonsumsi obat-obatan tertentu sebaiknya pilihlah obat yang berbahan dasar dari herbal. Hal lain yang dapat menyebabkan kerontokan rambut adalah stres dan ini merupakan hal yang seringkali terjadi pada sebagian orang.

Stres yang berlebihan dapat menyebabkan hormon pada rambut tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga produksi dan kesehatan rambut menjadi terganggu. Untuk itu hindari stres berlebihan ketika anda memiliki masalah. Berbagai cara kerap dilakukan orang untuk mengatasi masalah kerontokan pada rambut dan berikut ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut rontok.

Tips-Tips Mengatasi Rambut Rontok

  • Ekstrak Lidah Buaya – Lidah buaya merupakan tanaman yang terkenal khasiatnya dapat menyehatkan rambut. Kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki lidah buaya ini mampu memberikan kesuburan dan kesehatan pada rambut. Cara penggunaanya yaitu dengan mengambil daging atau gel lidah buaya kemudian usapkan pada seluruh bagian rambut selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih, untuk hasil maksimal lakukan secara rutin.
  • Menggunakan Madu – Selain dapat mencegah berbagai penyakit, madu juga dapat digunakan untuk merawat rambut. Kerontokan pada rambut dapat Anda atasi dengan menggunakan madu karena madu mampu memberikan kesuburan dan memperkuat akar rambut. Cara memanfaatkan madu untuk mengatasi kerontokan rambut yaitu dengan mengoleskannya pada permukaan kulit kepala dan rambut sambil dilakukan pemijatan selama 10 menit. Setelah itu bersihkan dengan cara keramas menggunakan shampo.
  • Menggunakan Alpukat – Alpukat merupakan jenis buah yang biasa kita gunakan untuk membuat jus. Namun dalam kasus ini, alpukat juga dapat kita manfaatkan untuk mengatasi rambut yang kering dan rontok. Alpukat banyak mengandung nutrisi dan asam lemak sehingga cocok untuk emgnatsi rambut yang rontok dan memberi kesehatan pada rambut. Cara penggunaanya yaitu dengan menghaluskan alpukat hingga membentuk seperti pasta kemudian aplikasikan pada rambut dari akar hingga ujung rambut. Diamkan selama 20 menit baru kemudian cuci bersih menggunakan shampo.
  • Menggunakan Daun Seledri – Daun seledri yang biasa kita gunakan sebagai penyedap masakan kali ini dapat kita manfaatkan juga untuk mengatasi kerontokan rambut. Kandungan vitamin, zat besi, kalsium dan natrium yang dimilikinya dapat memberikan nutrisi untuk pertumbuhan rambut sehingga rambut dapat tumbuh sehat dan kuat. Bukan hanya itu, daun seledri juga dapat membuat rambut tampak berkilau alami. Gunakan daun seledri sebagai pengganti shampo seperti anda menggunakan lidah buaya.
Baca juga:  10 Penyebab Rambut Rontok: Bagian 3

Pemanfaatan bahan-bahan alami selain tidak menimbulkan efek samping tetapi juga murah dan mudah didapat. Untuk itu gunakan secara rutin dan ikuti tips mengatasi rambut rontok dalam artikel ini agar rambut Anda tidak mengalami kerontokan yang lebih parah.

Advertisement
Alinesia