Kenali Penyebab Bau Mulut Tidak Sedap!

469
Google Image

Diedit:

Bau mulut tidak sedap (halitosis) memang menjadi suatu masalah yang tidak disukai oleh semua orang. Orang yang mengalaminya pun mungkin merasa malu dan ingin sekali menyingkirkan penyebab bau tak sedap ini.

Bisa jadi mereka sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasinya, namun belum ada upaya yang berhasil. Apakah Anda merasakannya juga? Jika demikian, apakah Anda sudah memastikan sumber masalahnya?

Penyebab bau mulut bermacam-macam, misalnya masalah pada rongga mulut atau reaksi dari bakteri yang ada di dalam dan di sekitar gigi.

Mulut yang kering saat kita tidur atau sehabis merokok juga menyebabkan bau. Faktor lainnya adalah makanan berminyak dan beraroma kuat (bawang merah, bawang putih, dan cabai).

Anda juga perlu berhati-hati karena bau mulut tak sedap bisa jadi indikasi dari penyakit tertentu, seperti penyakit paru-paru, diabetes, atau gagal hati.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap?

  • Cara paling mudah dan sederhana untuk mengatasi gangguan ini adalah dengan rutin menyikat gigi. Pastikan untuk menyikat gigi minimal 2 kali sehari dengan waktu 2 sampai 3 menit.
  • Kebersihan lidah juga perlu diperhatikan, ini dapat dilakukan dengan menyikat lidah Anda dengan sikat gigi berbulu halus atau pengikis lidah yang fleksibel untuk menghilangkan sel mati, bakteri, dan sisa makanan.
  • Langkah lain yang bisa dilakukan adalah membersihkan gigi dengan benang gigi setiap hari. Jangan lupa minum banyak air putih untuk menjaga mulut tetap lembap, bukan kopi, soft drinks, atau alkohol.

Apabila cara-cara di atas tidak menghilangkan atau mengurangi bau mulut tak sedap, mungkin Anda harus mencoba cara yang lebih ampuh lagi sesuai penyebabnya. Namun, pastikan agar Anda mencari cara yang aman dan minim komplikasi.

Baca juga:  Penyebab Bau Mulut: Ketahui dan Atasi Sekarang!

Pemeriksaan gigi oleh dokter gigi bisa menjadi cara jitu menghilangkan bau mulut. Beberapa tipe bakteri menempel di gigi dan bisa menciptakan plak yang harus dihilangkan oleh tenaga profesional.

Lakukan juga pemeriksaan pada hidung. Apabila bau tersebut berasal dari dalam hidung, mungkin saja bisa dikarenakan infeksi sinus atau adanya bakteri di dalam hidung. Penggunaan tetes hidung bergaram (saline nasal wash) bisa mengatasi masalah ini, namun sebelumnya harus konsultasi dulu dengan dokter THT. 

Amandel juga berperan dalam menciptakan bau mulut tak sedap. Amandel merupakan gumpalan jaringan getah bening yang ada di belakang tenggorokan. Bentuknya menyerupai semak penuh rongga, sehingga bakteri bisa berkembang. Bila bakteri menumpuk, batu amandel (tonsilloliths) dapat terbentuk dan jadi penyebab bau mulut.

Namun, ada kemungkinan bau mulut tak sedap disebabkan oleh bagian tubuh yang jauh dari mulut seperti perut. Produksi asam berlebihan yang disebut asam refluks, turut jadi penyebab bau mulut tak sedap muncul. Asam refluks ini bisa meluap dan naik sampai kerongkongan (esofagus). Dokter biasanya meresepkan obat antasida untuk mengatasi masalah ini dan penggunaan tanpa resep dokter tidak dianjurkan.

Advertisement
Alinesia