Kenal Lebih Dalam mengenai Penyakit Lupus

536

Diedit:

Tahukah Anda apa itu penyakit lupus? Banyak orang mungkin sudah pernah mendengarnya dan mengetahui bahwa itu adalah penyakit yang berbahaya. Tapi sayangnya, di Indonesia tidak cukup banyak orang yang memahami apa sebenarnya penyakit ini.

Padahal, penyakit lupus bisa sama fatalnya dengan penyakit berat lain seperti kanker. Simaklah artikel ini yang membahas mengenai penyakit lupus.

Apa Itu Lupus?

Lupus ialah penyakit sistem kekebalan tubuh yang diderita seumur hidup. Sel-sel kekebalan tubuh dengan keliru menyerang jaringan-jaringan sehat tubuh sehingga menyebabkan peradangan dan kerusakan jaringan. Gejala-gejala lupus adakalanya hanya tampak di kulit, tetapi seringkali lupus juga menyebabkan masalah internal seperti nyeri sendi.

Bahkan dalam kasus yang parah, penyakit lupus dapat mengakibatkan kerusakan jantung, ginjal, dan organ vital lainnya. Obat untuk menyembuhkan lupus cukup langka, namun perawatan yang tepat bisa meminimalkan dampak dari penyakit ini.

Apa Penyebab Penyakit Lupus?

Kemungkinan besar lupus disebabkan oleh perpaduan antara faktor genetik dan lingkungan. Tampaknya orang-orang yang mewarisi kecenderungan lupus bisa mengembangkan penyakit ini ketika mereka melakukan kontak dengan sesuatu di lingkungan yang memicu lupus. Beberapa pemicu lupus meliputi:

  • Terkena sinar matahari dapat menimbulkan luka pada kulit atau memicu reaksi internal (seperti nyeri sendi).
  • Memiliki infeksi dapat menyebabkan seseorang mulai menderita lupus atau menyebabkan kekambuhan pada beberapa orang.
  • Lupus juga bisa dipicu oleh beberapa jenis obat anti-kejang, obat tekanan darah, dan antibiotik. Gejala lupus biasanya akan menghilang setelah berhenti minum obat tersebut.

Siapa yang Rentan Menderita Penyakit Lupus?

Siapapun bisa menderita lupus. Namun lupus 10 kali lebih sering dialami oleh wanita daripada pria. Selain itu, risiko penyakit lupus juga menjadi lebih tinggi apabila Anda:

  • Seorang dari etnik Afrika, Latin, atau Asia
  • Berusia antara 20 sampai 40 tahun
  • Punya anggota keluarga yang menderita lupus

Berbagai Komplikasi yang Bisa Disebabkan Penyakit Lupus

Peradangan akibat lupus bisa memengaruhi berbagai area di tubuh Anda, termasuk:

Ginjal. Lupus bisa menyebabkan kerusakan ginjal yang serius. Bahkan gagal ginjal menjadi salah satu penyebab utama kematian penderita lupus.

Otak dan Sistem Saraf Pusat. Lupus yang memengaruhi otak akan mengakibatkan sakit kepala, pusing, halusinasi, perubahan perilaku, bahkan stroke atau kejang. Banyak dari penderita lupus mengalami gangguan ingatan dan merasa sulit mengungkapkan isi pikiran mereka.

Darah dan Pembuluh Darah. Lupus dapat menyebabkan anemia, penggumpalan darah, pendarahan, dan peradangan pembuluh darah (vaskulitis).

Paru-Paru. Menderita lupus meningkatkan risiko mengalami peradangan selaput rongga dada (pleuritis), yang membuat bernapas terasa menyakitkan. Penderita lupus juga lebih rentan terhadap penumonia.

Jantung. Lupus dapat menyebabkan peradangan pada otot jantung, pembuluh arteri, serta selaput jantung. Risiko penyakit kardiovaskular dan serangan jantung pun jadi meningkat drastis.

Penyakit lupus tergolong penyakit yang sulit didiagnosis karena tanda dan gejalanya seringkali menyerupai gejala penyakit-penyakit lain. Namun salah satu tanda paling khas dari lupus ialah ruam di wajah mirip sayap kupu-kupu yang berada di kedua pipi.

Baca juga:  Penyakit Lupus: Gejala, Pengobatan, dan Penyebabnya