Bagikan Artikel Ini:

Diedit:

Kelumpuhan pada otot-otot wajah, lengan, dan kaki seringkali diakibatkan karena stroke, apalagi jika kelumpuhan tersebut terjadi secara bersamaan. Memang ada juga yang disebabkan oleh faktor lain, misalnya ada kelumpuhan pada wajah yang diakibatkan oleh peradangan saraf wajah yang dikenal dengan nama Bell’s palsy, kelainan ini kemungkinan disebabkan oleh virus dan menimpa 25 per 100.000 orang per tahun, hal ini umum menyerang penderita diabetes.

Dalam artikel ini kita akan mengulas khususnya tentang kelumpuhan wajah akibat stroke, dimana biasanya gejala tidak langsung terjadi pada keseluruhan wajah tetapi pada setengah wajah, dan ciri-cirinya adalah mulut yang berubah posisi, tidak mampu menahan air liur, bahkan air mata yang tidak terkontrol. Hal ini juga bisa memengaruhi indra pengecap pada lidah.

Terkadang, kelumpuhan wajah ini bisa perlahan menjadi pulih seiring waktu, namun ada sekitar 20% yang mengalami kelumpuhan permanen. Pemulihan total sangat jarang terjadi pada orang yang telah lansia, karena elastisitas dan regenerasi sel lebih sulit pada orang lansia.

Pada penderita stroke, kelumpuhan wajah juga bisa memengaruhi kemampuan melihat. Kelopak mata juga bisa tertutup atau kening mengerut sehingga penderitanya tidak bisa melihat dengan baik.

Empat Kandungan Noni yang Membantu Mengatasi Kelumpuhan Wajah

Buah Noni memiliki kandungan zat-zat yang bisa membantu mengatasi kelumpuhan wajah akibat stroke juga peradangan pada saraf wajah. Tentu saja kandungan-kandungan tersebut tidak hanya bermanfaat pada kelumpuhan wajah akibat stroke, tetapi juga berguna pada kelumpuhan dari anggota-anggota tubuh lainnya akibat stroke.

Berikut ini adalah beberapa kandungan tersebut:

  • Kalsium memiliki peran yang sangat besar dalam mengatur fungsi tubuh. Jika dikombinasikan dengan fosfor, kalsium bisa memperkuat tulang, dan terutama penting untuk konduksi saraf, kontraksi otot, dan meningkatkan asupan darah dan oksigen ke otot, baik motorik maupun sensorik. Kurangnya kadar kalsium dalam darah bisa mengakibatkan gangguan gerak dan fungsi saraf. Dengan kadar kalsium yang tinggi, Noni juice dapat memperbaiki fungsi saraf pada kelumpuhan wajah.
  • Magnesium sangat penting untuk berbagai proses biologis. Magnesium digunakan pada lebih dari 300 reaksi enzimatik dalam tubuh dan juga vital untuk membantu fungsi kalsium. Meski magnesium bukan mineral utama yang dibutuhkan tubuh, tetapi tanpa magnesium, fungsi enzimatik untuk mendukung fungsi saraf tidak akan bisa berjalan.
  • Kalium sangat dibutuhkan pada proses penghantaran impuls saraf untuk mengoordinasi gerakan otot. Kalium juga membantu memperbesar pembuluh-pembuluh darah selama melakukan gerakan sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Selain itu, kalium juga membantu mengubah glukosa menjadi energi, yang dibutuhkan untuk fungsi saraf motorik.
  • Vitamin B12 berfungsi mencegah kerusakan saraf dengan cara melindungi lapisan yang melindungi sel saraf. Fungsi sistem saraf sangat bergantung pada asupan vitamin B, khususnya B12 dan B2 (niasin). Jika tubuh kekurangan vitamin B12, sel saraf akan mudah mengalami kerusakan. Selain itu, vitamin B kompleks seperti Tiamin, Niasin, dan Piridoksin juga penting dalam perawatan kelumpuhan wajah. Noni juice kaya akan vitamin-vitamin ini.
  • Asam Lemak Esensial sangat penting untuk perawatan sistem saraf. Fungsi asam lemak esensial. Asam lemak alami dalam Noni juice dapat membantu mengatasi inflamasi pada sistem saraf dan mendukung fungsi sistem saraf agar berjalan normal. Pemulihan kelumpuhan wajah tidak akan berjalan baik tanpa adanya asam lemak esensial tersebut.

Meski tubuh kita bisa meregenerasi selnya sendiri, semua proses itu membutuhkan bantuan dari asupan suplemen alami, seperti yang dimiliki Noni juice. Sehingga waktu pemulihan menjadi lebih cepat dan menyeluruh.

Latihan gerak yang cukup dan asupan gizi yang tepat dari bahan-bahan alami, seperti dari buah Noni, dapat membantu penderita stroke pulih lebih cepat sehingga bisa beraktifitas kembali seperti biasa.