Kalkulator Kehamilan untuk Membantu Hitung Usia Kehamilan

483

Diedit:

Kalkulator kehamilan benar-benar bisa membantu, terutama bagi Anda yang sedang ingin menghitung usia kehamilan sendiri. Dengan menggunakan kalkulator kehamilan, maka pertanyaan seperti “Berapakah usia kehamilan Anda?”, “Berapakah usia kehamilan istri Anda?”, dan pertanyaan sejenis lainnya. Jika Anda menerima pertanyaan seperti itu, sekarang Anda sudah tidak akan terlalu kesulitan untuk menjawabnya, dengan bantuan kalkulator kehamilan ini.

Sekarang kebanyakan dari calon ayah ataupun calon ibu saat dijejali dengan pertanyaan-pertanyaan seperti disebutkan sebelumnya, akan mengalami kesulitan untuk sesegera mungkin menjawabnya, dan rata-rata hanya mengira-ngira saja, itupun berdasarkan bulan atau hari terakhir mengalami menstruasi. Namun tentu jawaban tersebut tidak akurat. Mari baca selengkapnya.

Teori Naegelego

Berdasarkan teori Naegelego, disebutkan bahwa kehamilan itu dihitung dari hari pertama dari periode menstruasi terakhir yang dialami, jadi 2 minggu pertama kehamilan merupakan periode atau waktu sebelum konsepsi saat janin belum ada.

Keuntungan Mengetahui Usia Kehamilan

Sebenarnya dengan mengetahui berapa usia kehamilan seorang ibu juga bisa membantu dalam menentukan nutrisi apa sajakah yang akan dibutuhkan baik oleh sang janin maupun ibu yang mengandung janin tersebut. Juga, dengan mengetahui usia kehamilan, akan lebih jelas mengenai apa saja yang tak boleh dilakukan ibu hamil berdasar pada usia kehamilan, serta berbagai manfaat positif lainnya. Intinya Anda tak akan rugi dan tak akan membuang waktu sia-sia apabila menghitung usia kehamilan, informasi tersebut akan berguna untuk Anda.

Cara Menggunakan Kalkulator Kehamilan

Cara menggunakan kalkulator kehamilan tidak sulit, Anda dapat menemukan banyak kalkulator kehamilan online, yang dibuat dengan program khusus. Anda tinggal menggunakannya. Cara menggunakannya cukup memasukkan data-data yang diminta saja dan mengklik tombol hitung. Beberapa kalkulator kehamilan ada yang memberikan data lebih akurat. Sementara jika Anda bertanya data-data apa saja yang biasanya diminta kalkulator tersebut untuk dimasukkan, yaitu data tentang tanggal, bulan, tahun hari pertama haid terakhir, juga rata-rata lama siklus haid, antara 22 hingga 45 hari, biasanya 28 hari.

Berikut beberapa informasi yang bisa Anda dapatkan dari kalkulator kehamilan

  • Perkiraan usia janin
  • Perkiraan pembuahan
  • Perkiraan tanggal kelahiran
  • Perkiraan siap melahirkan
  • Trimester pertama, kedua, dan trimester ketiga
Baca juga:  Apakah Pijat Refleksi Aman Selama Kehamilan?

Aplikasi Kalkulator Kehamilan Ramah Handoko

Anda juga bisa memperkirakan kondisi dari janin serta menghitung tanggal lahir bayi memakai aplikasi kalkulator kehamilan karya Ramah Handoko, yang merupakan owner dari situs kehamilan Indonesia. Untuk kalkulator kehamilan tersebut bentuknya bundar, dan caranya dengan click pada area lingkaran, kemudian gerakkan mouse, nanti lingkaran akan berputar sesuai kondisi kehamilan Anda saat ini.

Jadwal Pemeriksaan

Ada keuntungan lain lagi dari menggunakan kalkulator kehamilan. Selain mengetahui tentang usia kehamilan, dengan menggunakan kalkulator untuk menghitung kehamilan ini seorang ibu hamil bisa mengetahui dengan lebih pasti pertumbuhan dan perkembangan organ serta apa yang sedang terjadi pada janin di dalam kandungan.

Juga, ibu hamil dapat mengetahui kapankah jadwal pemeriksaan tepat yang sebaiknya dilakukan untuk ke dokter ataupun ke bidan, jadi dengan begitu diharapkan kehamilan yang dalam proses atau sedang dijalani tersebut akan lebih sehat serta nanti akan melahirkan buah hati yang memang sehat dan bugar. Tetapi Anda jangan lupa, sebaiknya jangan hanya mengandalkan kalkulator kehamilan saja, namun iringi dengan konsultasi rutin ke dokter kehamilan, untuk berjaga-jaga.

Setelah Anda mengetahui usia kehamilan. Anda mengetahui nutrisi apa yang dibutuhkan oleh janin. Berikut informasi herbal apa yang dapat membantu menjaga kesehatan janin selama masa kehamilan Anda. Anda harus mengkonsumsi cukup “Air putih”, karena air putih dapat membantu dalam meningkatkan volume darah ketika masa-masa kehamilan.

Yang disarankan adalah minum air putih paling tidak sebanyak 8 gelas untuk satu harinya, itu sudah cukup. Selain itu ketika hamil Anda tetap harus beraktivitas gerak, lakukan olahraga yang diperbolehkan untuk ibu hamil.

Advertisement
Alinesia