Jika Anda Sedang PMS, Bacalah Cara Mengatasi Nyeri Haid Ini!

478

Diedit:

Pernahkah Anda merasa kejang otot (kram) pada perut bagian bawah? Beberapa wanita sering mengalami hal ini terutama menjelang dan setelah datang bulan (haid). Rasa nyeri haid sangat menjengkelkan, saking tidak tahannya beberapa wanita tidak dapat melakukan aktifitas berat selama masa-masa sulit ini.

Gejala dysmenorrhea (nyeri haid) dapat berupa mati rasa, berdenyut, dan nyeri yang menjalar dari perut bawah ke punggung bawah hingga paha. Tidak hanya rasa nyeri, beberapa wanita merasa mual bahkan muntah, pusing, berkeringat, dan diare.

Jika Anda juga mengalaminya, jangan khawatir karena masih ada 30% hingga 75% wanita di dunia yang juga merasakan penderitaan Anda. Apa yang menyebabkan Anda merasakan nyeri haid?

Pertama-tama, Anda harus mengetahui bagaimana siklus bulanan ini terjadi! Selama periode datang bulan, rahim Anda akan mengalami kontraksi otot (penegangan/tarik-menarik) guna meluruhkan dinding rahim beserta dengan sel telur yang mati karena tidak dibuahi.

Karena proses peluruhan dan kontraksi otot inilah yang menyebabkan Anda merasakan nyeri yang tidak tertahankan. Selain itu pengaruh dari prostaglandin (sejenis hormon pemicu nyeri saat terjadi luka atau peradangan) pada tubuh wanita menyebabkan rasa nyeri yang semakin hebat.

Rasa nyeri ini biasanya terjadi pada wanita berusia 20an tahun kebawah. Selain itu seseorang yang mengalami pendarahan (menorrhagia) dan yang tidak teratur datang bulan (metrorrhagia) juga beresiko mengalami nyeri haid tersebut.

Wanita yang belum pernah melahirkan juga sering mengalami hal ini. Bagi Anda yang terbiasa merokok lebih baik berhenti saat ini juga dan faktor keturunan juga berpengaruh bagi nyeri haid yang Anda derita. Bagaimana cara mengatasi nyeri haid pada wanita?

  • Mengatasi nyeri haid pada wanita cukup sederhana, Anda dapat berendam air hangat dalam bak mandi ataupun menggunakan bantalan panas (heating pad) yang diletakkan pada perut bagian bawah untuk meredakan nyeri haid yang timbul.
  • Cara kerja panas yang dihantarkan hampir sama dengan cara kerja obat penghilang rasa sakit, dengan resiko medis yang lebih aman. Anda juga dapat mengatasi rasa sakit dengan melakukan aktivitas ringan seperti senam yang dapat membantu kinerja saluran darah.
  • Kandungan antioksidan dalam Noni juice membantu Anda dalam menjaga metabolisme tubuh sekaligus melancarkan sirkulasi peredaran darah.
  • Alternatif lain yang dapat Anda coba adalah terapi akupuntur atau menjaga pola makan yang sehat dengan mengonsumsi vitamin (E, B1, dan B6), omega 3, dan suplemen yang mengandung kalsium.
Baca juga:  PMS? Enggak Lagi Tuh, Kan Minum Noni Juice

Vitamin E terdapat pada tahu sutera, bayam, almond, alpukat, udang, dan labu. Sedangkan vitamin B1 dapat diperoleh dari asparagus, roti, dan kacang kedelai. Anda juga dapat menikmati manfaat vitamin B6 pada ayam, tuna, dan buah kering.

Bagaimana dengan omega 3 dan kalsium? Omega 3 dapat diperoleh dari minyak ikan dan kalsium dari susu. Anda juga dapat mencoba Noni juice yang mengandung vitamin A, C dan E. Ya, mengatasi nyeri haid pada wanita bukan lagi persoalan yang sulit.

Advertisement
Alinesia