Ini Dia 9 Manfaat Ginkgo Biloba Bagi Kesehatan Anda!

1032

Diedit:

Bila Anda mendengar ginkgo biloba, bisa jadi Anda cukup familier. Bagaimanapun nama herbal ini sudah sering dipromosikan sebagai salah satu bahan herbal dengan khasiat penting untuk pembentukan energi dan kesehatan.

Hanya saja informasi seputar ginkgo biloba bisa dibilang sangat terbatas. Tak banyak yang tahu kalau sebenarnya kinerja utama dari ginkgo biloba adalah memperlancar sirkulasi darah. Tak pula banyak yang paham bagaimana ginkgo biloba bisa bekerja mempengaruhi kinerja otak dan penglihatan sekaligus. Dan tenyata, manfaat ginkgo biloba bisa lebih luas dari yang selama ini banyak diinformasikan melalui media.

Apa saja sebenarnya manfaat dari ginkgo biloba? Salah satu tanaman perdu yang konon termasuk jenis tanaman paling kuno di dunia. Dengan daun unik melebarnya yang khas, daun ini menyimpan deretan khasiat vitamin, mineral dan sejumlah anti oksidan penting seperti flavonoid, fenolik, terpenoid dan masih banyak lagi. Dan dari kandungannya yang tinggi inilah manfaat ginkgo biloba hadir sebagaimana kami coba paparkan berikut ini.

1. Pelancar sirkulasi darah

Sebenarnya memang sejak awal ginkgo biloba merupakan herbal yang bekerja melancarkan aliran darah. Kemampuannya akan membantu memperbaiki kondisi pembuluh darah, melebarkan pembuluh darah dan merangsang aliran darah hingga ke ujung sel-sel tubuh.

Menurut The American Journal of Medicine, dalam jurnal Ginkgo Biloba extract for the treatment of intermittent claudication: a meta-analysis of randomized trials tahun 2000 dijelaskan bagaimana ginkgo biloba bekerja efektif mengurangi dan meredakan keluhan sirkulasi darah buruk pada penyakit Claudication.

2. Membantu mengatasi nyeri sendi

Kandungan anti inflamasi dalam ginkgo biloba terbukti bekerja mengatasi sejumlah keluhan peradangan dan inflamasi dalam tubuh. Sifat analgesik di dalamnya membuatnya kerap menjadi pilihan herbal tradisional dalam mengatasi nyeri sendi akibat asam urat, arthritis dan reumatik.

Kandungan analgesik dalam ginkgo biloba sudah terbukti sebagaimana terungkap dalam jurnal Ginkgo biloba extract EGb 761 has anti-inflammatory properties and ameliorates colitis in mice by driving effector T cell apoptosis yang diterbitkan oleh Carcinogenesis Integrative Cancer Research.

3. Mengatasi sakit kepala dan migrain

Sifatnya yang efektif mendorong sirkulasi darah akan menghantarkan darah menuju otak yang artinya juga akan efektif meningkatkan suplai oksigen dan nutrisi menuju otak. Di saat yang sama sirkulasi darah yang lancar akan menjadi stimulan neurotransmiter untuk bekerja lebih baik dan membantu meredakan masalah migrain.

Baca juga:  Waspada! Kenali Efek Samping Ginkgo Biloba sebelum Mengonsumsinya

Kemampuan analgesik dalam ginkgo biloba sebagaimana yang kami ungkap dalam poin 2 memberinya kemampuan meredakan rasa sakit pada mereka yang mengalami serangan sakit kepala dan migrain.

4. Memperbaiki fungsi otak

Sirkulasi darah yang lancar, sejumlah enzim yang bekerja sebagai perangsang sistem neurotransmitter dan kandungan anti oksidan yang bekerja membersihkan jaringan dari radikal bebas ternyata menjadikan ginkgo biloba sebagai salah satu herbal otak terbaik.

Dalam laman jurnal spingerLink diungkap bahwa ginkgo biloba akan memberikan stimulan positif untuk ingatan, daya pikir, kosentrasi, dan mengatasi efek lelah atau penat pada otak. Demikian berdasarkankan jurnal bertajuk The memory enhancing effects of a Ginkgo biloba/Panax ginseng combination in healthy middle-aged volunteers yang terbit pada tahun 2000.

Kemampuannya dalam menstimulasi kemampuan cognitif ini menjadikan ginkgo biloba juga diakui secara medis memberi pengaruh positif terhadap masalah demensia dan alzheimer. Stimulan di dalamnya mencegah kerusakan neurotransmitter dan mengatasi kerusakan sistem saraf yang mengacaukan ingatan dan sistem kognitif.

5. Menjaga kesehatan mata

Kekuatan manfaat ginkgo biloba lain yang paling menonjol selain kemampuannya untuk otak adalah manfaatnya terhadap penglihatan. Dalam Cochrane Library Anda bisa menemukan salah satu riset yang dipublikasikan tahun 1999 dengan tajuk Ginkgo biloba extract for age-related macular degeneration.

Dijelaskan bahwa ekstrak dari daun ginkgo biloba akan efektif membantu menstimulasi sistem jaringan saraf pada mata, menjaga kesehatan jaringan pada mata dengan memperbaiki setiap kerusakan sel yang terjadi. Dan dijelaskan pula bagaiamana mereka yang mengonsumsi daun ginkgo biloba dengan rutin akan mendapatkan penglihatan sehat lebih panjang dari yang lain.

6. Mengatasi depresi

Ketika seseorang mengalami depresi, maka sejumlah hormon akan bekerja menurunkan metabolisme. Ini semakin memicu penderita depresi merasa lemas, tak berdaya dan tak bersemangat.

Namun manfaat ginkgo biloba akan bekerja berlawanan dengan kondisi ini dengan menstimulasi sirkulasi darah dan metabolisme. Suplai nutrisi dan energi menuju otak akan cukup kuat untuk kembali mengaktifkan himpunan sel halus dalam otak yang menurun fungsinya selama depresi.

Kondisi ini akan memancing munculnya sejumlah hormon pemicu rasa senang dan bersemangat seperti hormon serotonin dan hormon dopamin. Mengonsumsi ginkgo biloba akan efektif memperbaiki mood. Bahkan bisa membantu Anda mengendalikan emosi.

Baca juga:  Waspada! Kenali Efek Samping Ginkgo Biloba sebelum Mengonsumsinya

7. Memperbaiki kerusakan sistem pembuluh darah

Ginkgo biloba efektif untuk mengatasi keluhan seputar sirkulasi darah lain termasuk perdarahan, tekanan darah dan keluhan kerusakan dinding pembuluh darah. Kandungan terpenoidnya bekerja meregenerasi sel pembuluh darah dan mengembalikan elastisitas pembuluh darah yang rusak karena endapan plak kolesterol.

Informasi mengenai kemampuannya dalam mengatasi tekanan darah tinggi dapat Anda temukan dalam jurnal bertajuk Ginkgo biloba extract-induced relaxation of rat aorta is associated with increase in endothelial intracellular calcium level yang terbit dalam Life Sciences tahun 2001.

8. Anti kanker

Anti oksidan dalam ginkgo biloba menurut laman Organictfact terdiri dari setidaknya lebih dari 5 macam, seperti quercetin, terpenoid, flavonoid, klorofil dan polifenol. Kandungan anti oksidan ini bekerja efektif melawan oksidasi sel dan menjaga kemurnian DNA. Anti oksidan juga akan bekerja mengatasi dan menetralkan sejumlah oksidan dalam tubuh yang memiliki kemampuan merusak.

Kemampuan manfaat ginkgo biloba sebagai anti kanker secara lengkap telah diulas dalam Journal of Fundamental and Clinical Pharmacology tahun 2003 dengan tajuk Ginkgo biloba extracts and cancer: a research area in its infancy.

9. Sebagai anti penuaan dini

Kemampuannya dalam menstimulasi sirkulasi darah membuat aliran darah menuju sel tepi termasuk kulit akan lebih optimal. Kulit yang ternutrisi dan mendapatkan asupan oksigen memadai akan menghasilkan kulit lebih sehat dan bebas dari keriput.

Dalam riset yang dikembangkan oleh pakar dermatologi herbal asal Jepang, Yuji Naito ditemukan manfaat ginkgo biloba terhadap kesehatan kulit, termasuk mengatasi penuaan dini. Kandungan anti biotik dan anti inflamasi pada ginkgo biloba menjadika herbal ini efektif mengatasi keluhan jerawat dan jamur pada kulit.

Itulah setidaknya 9 manfaat ginkgo biloba yang akan membantu Anda mengatasi sejumlah keluhan dan mengatasi sejumlah keluhan kesehatan. Namun demikian perhatikan dengan baik peringatan dalam mengonsumsi ginkgo biloba. Kandungan anti koagulan dalam ginkgo biloba akan berbahaya bila dikonsumsi oleh wnita hamil dan menstruasi.

Selain itu, diluar aspek manfaat gingko biloba, dalam kasus yang terbilang jarang ditemukan pula kasus alergi terhadap ginkgo biloba. Alergi ini terjadi akibat tubuh tidak mentoleransi kehadiran ginkgolic acid, salah satu senyawa asam dalam daun ginkgo yang ternyata bisa menyebabkan masalah dengan pencernaan dan sistem saraf.