Info Herbal Penting: Khasiat Daun Kelor yang Tak Bisa Dipandang Remeh!

435

Diedit:

Daun kelor memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia, mungkin juga termasuk Anda. Pohon kelor dapat tumbuh hampir di semua wilayah di Indonesia, sehingga sangat mudah untuk dijumpai. Siapa yang menyangka dibalik daunnya yang kecil tersimpan khasiat daun kelor yang luar biasa.

Di daerah Indonesia bagian barat mungkin masih jarang orang yang mengonsumsi daun kelor ini. Namun bagi Anda yang tinggal di Indonesia bagian tengah dan timur pastinya daun kelor ini merupakan sayuran yang sangat digemari. Selain rasanya yang nikmat khasiat daun kelor ini sudah terbukti. Daunnya ternyata memiliki banyak kegunaan dan khasiat untuk tubuh.

Sejak lama secara tradisional khasiat daun kelor banyak digunakan sebagai bahan baku pengobatan dengan ramuan herbal untuk berbagai jenis penyakit. Khasiat daun kelor sendiri bisa dikatakan relatif beragam, dimulai dari penyakit yang ringan hingga jenis penyakit yang kronis.

Tak dapat dipungkiri, meski kerap dipandang sebelah mata, daun kelor ini memang sangat kaya nutrisi. Daun kelor memiliki kekayaan vitamin, mineral dan beragam senyawa bernilai yang memiliki khasiat untuk tubuh Anda.

Menurut hasil penelitian dari National Institute of Nutrition, India. Sebagai contoh, kandungan vitamin A dalam daun kelor segar setara 4 kali daripada wortel. Sementara itu, dengan berat yang sama dengan daun keor segar, daun kelor kering memiliki kandungan vitamin A 10 kali dari vitamin A dalam wortel. Kandungan vitamin C dalam daun kelor ternyata bisa mencapai tujuh kali lipat dari kandungan vitamin C dalam jeruk.

Selain itu, kandungan kalsium dalam daun kelor ternyata empat kali lebih banyak dibandingkan dengan kalsium pada susu. Selain nutrisi umum tersebut diatas, ternyata daun kelor juga memiliki kandungan jenis-jenis asam amino essensial yang dibutuhkan bagi tubuh, asam amino ini sangat berperan dalam proses penyembuhan berbagai macam penyakit.

Beberapa jenis asam amino yang terdapat dalam daun kelor antara lain argine, histidine, isoleucine, leusin, lysine, methionine, phenilalinin, theronin, threonine, tryptophan, dan valine. Beberapa asam amino ini sangat dibutuhkan dalam proses pertumbuhan tubuh.

Bahkan karena tingginya kandungan zat-zat nutrisi yang dibutuhkan bagi tubuh, badan kesehatan dunia, WHO menganjurkan bahwa setiap bayi hendaknya diberikan asupan daun kelor sebagai sayur, mengingat kandungan protein, kalsium dan vitamin yang terdapat dalam daun kelor sangat tinggi dibandingkan dengan buah atau sayuran lain.

Baca juga:  Manfaat Daun Kelor untuk Obat Kanker Alami

Khasiat daun kelor untuk diabetes pun ternyata benar adanya. Anda bisa memanfaatkan daun kelor untuk mengobati diabetes yang Anda derita. Ramuan daun kelor yang direbus kemudian diminum airnya akan mengobati dari dalam dan mengurangi risiko perkembangan penyakit diabetes dan membantu meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin.

Sebagaimana yang Anda ketahui, saat ini khasiat daun kelor terkenal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Penyakit seperti sesak nafas, rheumatik, diabetes, demam maupun hepatitis bisa disembuhkan dengan kandungan daun kelor. Tentu saja, selain untuk penyembuhan penyakit, khasiat daun kelor juga bermanfaat untuk menjaga vitalitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Dari beberapa literatur yang ada, diketahui daun kelor memiliki manfaat sebagai antimikroba, antibakteri, antioksidan, mempercepat penyembuhan berbagai penyakit radang, mengobati penyakit flu dan pilek, cacingan, bronchitis, kanker, dan tiroid. Beberapa literatur bahkan menyebutkan bahwa daun kelor ini memiliki manfaat untuk mengendalikan virus herpes simplek dan HIV/AIDS.

Beberapa penelitian ilmiah telah membuktikan khasiat daun kelor ini untuk pengobatan penyakit. Peneliti dari India, Senthil Kumar, menyebutkan bahwa daun kelor dapat digunakan sebagai hepatoprotektor alias pelindung hati. Selain itu, menurut penelitian di UGM menyebutkan bahwa daun kelor ini sangat cocok digunakan untuk pengobatan penyakit yang berhubungan dengan pencernaan tubuh, seperti luka usus atau luka lambung.

Khasiat daun kelor bisa pula dingunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi dalam tubuh. Khasiat daun kelor yang lain diantaranya adalah untuk menormalkan fungsi ginjal, memperbaiki fungsi hati dan bersifat anti radang.

Selain khasiat daun kelor diatas, ternyata masih banyak khasiat daun kelor lainnya seperti untuk mengobati asam urat, artritis, mampu meningkatkan imunitas. Selain itu, daun kelor digunakan untuk meningkatkan peredaran darah yang sehat dan sebagai anti-infamasi alami. Kandungan anti oksidan dalam daun kelor sangat tinggi sehingga bisa digunakan untuk meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Dapat juga menghilangkan kerutan di wajah dan memperindah kulit.

Baca juga:  6 Manfaat Daun Kelor yang Dibuktikan secara Ilmiah

Daun kelor mengandung pterigospermin yang bersifat merangsang kulit (rubifasien) dan membantu menstimulasi otot dan sistem saraf. Sehingga sering digunakan sebagai param yang menghangatkan dan mengobati kelemahan anggota tubuh seperti tangan atau kaki. Jika daun segar dari daun kelor ini dilumatkan, lalu dibalurkan ke bagian tubuh yang lemah, maka bisa mengurangi rasa nyeri karena daun kelor juga bersifat analgesik.

Bagi Anda yang sedang menyusui sangat disarankan untuk mengonsumsi daun kelor. Khasiat daun kelor ini tidak kalah dari daun katuk karena daun kelor juga dapat meningkatkan laktasi atau produksi ASI. Sifat beberapa senyawa di dalamnya terbukti memancing kelenjar air susu dalam payudara untuk lebih aktif beberapa kali lebih baik.

Begitu banyak khasiat daun kelor Anda pun dapat dengan mudah mengonsumsinya seperti dijadikan sayur bening atau pun dijadikan teh daun kelor. Untuk saat ini bisa jadi Anda masih asing untuk mengasup daun kelor dalam menu harian Anda, namun tak ada salahnya untuk mencicipi tumisan daun kelor mulai dari sekarang bukan?

Advertisement
Alinesia