Infeksi Saluran Kemih dan Cara Menyembuhkannya

357

Diedit:

Infeksi pada saluran kemih dapat menjadi awal terjadinya penyakit gagal ginjal, dan umumnya kondisi ini terjadi ke wanita, dikarenakan konstruksi saluran kemih pada wanita itu lebih rawan terjangkit infeksi.

Setiap tahunnya terdapat lebih dari lima juta wanita yang berkunjung ke dokter karena mengalami gangguan pada infeksi saluran kemih mereka, itu karena infeksi saluran kemih yang tak terkendali dan bisa berkembang ke peradangan di kandung kemih. Meskipun infeksi saluran kemih ini dapat menggunakan antibiotik untuk terapi, beberapa pasien memiliki kondisi semakin parah dan berlanjut menjadi infeksi ginjal dan infeksi kandung kemih yang cukup serius.

Mengenal Sistem Saluran Kemih

Sebelum membahas topik yang lebih mendalam, mari kita membahas tentang sistem saluran kemih terlebih dahulu. Tubuh manusia itu mempunyai sistem saluran kemih yang terbagi atas ureter, ginjal, uretra, dan kandung kemih. Dan melalui sistem saluran kemih itulah air kencing (Urine) akan diproduksi kemudian dibuang keluar dari tubuh.

Bermula dari organ ginjal, kotoran yang terdapat pada darah akan dipisahkan kemudian dikeluarkan dengan bentuk urine. Selanjutnya urine itu akan dialirkan dari organ ginjal menuju ureter ke tempat penampungan yang memiliki sebutan kandung kemih. Infeksi saluran kemih ini terjadi saat bakteri menyerang ke beberapa bagian pada sistem saluran kemih manusia.

Gejala dan Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Terkait gejala dari infeksi ini, dibagi ke dalam 2 bagian yakni infeksi saluran kemih bawah dan atas. Untuk infeksi saluran kemih bawah adalah infeksi yang terjadi di kandung kemih dan uretra. Tanda-tanda dari kondisi kesehatan ini yakni rasa nyeri ketika buang air kecil, rasa selalu ingin buang air kecil, bau urine menyengat, dan warna urine yang berubah menjadi keruh.

Baca juga:  Obat Infeksi Saluran Kemih yang Terbukti Manjur

Sementara itu, untuk infeksi saluran kemih bagian atas adalah infeksi yang menyerang ginjal dan ureter. Tanda-tanda kondisi ini yaitu demam dan mual.

Penyebab infeksi saluran kemih adalah infeksi bakteri. Adapun bakteri yang bertanggung jawab atas itu yakni E. Coli (Escherichia Coli) – Ini adalah bakteri yang hidup pada daerah usus besar manusia. Bakteri E. Coli ini bisa masuk menuju bagian dalam dari saluran uretra saat seseorang kurang bersih ketika melakukan proses pembersihan sesudah buang air besar dan air kecil.

Bakteri ini bisa masuk menuju saluran kemih melalui keadaan tersebut. Selain itu, penyebab lain terjadinya infeksi saluran kemih adalah iritasi sesudah melakukan hubungan badan, juga karena terganggunya kinerja pengosongan urine karena beberapa kondisi.

Tes Diagnosis Infeksi Saluran Kemih

Yang pertama adalah memeriksa riwayat dari kesehatan pasien, gejala-gejala yang muncul pada diri pasien, dan tes CT scan, USG, serta sistoskopi.

Herbal untuk Membantu Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Herbal yang dapat mengatasi infeksi saluran kemih adalah daun kemuning. Anda bisa menemukan kemuning di semak belukar dan tepi hutan, karena memang tanaman ini merupakan salah satu tanaman liar yang dapat ditemui di banyak daerah di negara Indonesia. Ketinggian dari tanaman kemuning sendiri bisa sampai 400 meter. Sementara, tanaman kemuning yang ditanam di pekarangan berbeda, biasanya tingginya hanya 3 hingga 8 meter saja.

Daun kemuning merupakan bahan yang bagus untuk dibuat menjadi obat herbal untuk menyembuhkan infeksi pada saluran kemih seseorang, juga bagus untuk menyembuhkan penyakit tukak lambung dan obesitas. Sekian artikel tentang infeksi saluran kemih dan cara menyembuhkannya, semoga bermanfaat.

Advertisement
Alinesia