Coba Ikuti Cara Mengatasi Mual Ini Agar Tidak Sampai Muntah-Muntah!

616

Diedit:

Bagi banyak orang, rasa mual adalah salah satu perasaan tidak enak badan yang paling tidak enak. Sayangnya tidak sedikit orang yang harus setiap hari mengalami mual, dan bahkan sampai muntah. Rasa mual tersebut bisa dipicu oleh berbagai hal, misalnya karena refluks asam lambung (asam lambung naik ke kerongkongan). Kabar baiknya, di sekitar Anda tersedia beragam obat mual alami yang dapat meredakannya.

Rasa mual biasanya akan diikuti dengan muntah, tetapi bisa saja Anda hanya mengalami mual saja. Selain karena refluks asam lambung, penyebab perasaan mual dapat disebabkan oleh hal-hal berikut; kemoterapi, gastroparesis (kelainan pada otot-otot lambung), mabuk, morning sickness, migrain, rotavirus, flu perut, dan efek bius total.

Penyebab-penyebab mual lainnya antara lain; penyalahgunaan alkohol, anafilaksis (pada anak-anak), anoreksia nervosa, vertigo, bulimia nervosa, gegar otak, penyakit Crohn, depresi, pusing, diabetik ketoasidosis, infeksi telinga bagian tengah, keracunan makanan, gangguan kecemasan, serangan jantung, gagal jantung, hepatitis, demam (pada anak), hidrosefalus, hiperparatiroidisme, hipertiroidisme, kanker hati, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Keluhan mual seringkali tidak memerlukan penanganan dokter, dan Anda pun memiliki banyak pilihan cara mengatasi mual secara alami. Mari kita perhatikan apa saja obat mual yang bisa Anda coba.

  • Jahe

    Jahe—dalam bentuk teh, ginger ale, atau dalam bentuk mentah—semuanya dapat membantu menghentikan rasa mual. Jahe merangsang sekresi berbagai cairan atau enzim pencernaan yang membantu menetralisir asam lambung.

    Obat mual alami ini juga mengandung fenol yang mampu mengendurkan otot-otot perut serta mengurangi aktivitas lambung berlebihan yang memicu rasa mual. Pada saat yang sama, fenol juga membantu usus melancarkan pergerakan makanan yang sudah dicerna dan racun, sehingga zat-zat buruk yang menyebabkan rasa sakit dapat lebih cepat disingkirkan.

    Anda boleh mengonsumsi jahe yang sudah dikapsulkan, menggigit jahe yang masih mentah, atau memarutnya menjadi sup jahe. Beberapa orang merasa bahwa jahe yang sudah dalam bentuk teh atau ginger ale adalah pilihan terbaik untuk mengatasi mual.

    Untuk membuat teh jahe, Anda membutuhkan: 1 rimpang jahe, madu (boleh pakai atau tidak), alat kupas atau pisau tajam, 2-3 gelas air, dan kertas wax (lilin). Cuci jahe sampai bersih dan kupas jahe. Potong menjadi irisan-irisan kecil, lapisi menggunakan kertas lilin, dan geprek sampai remuk. Rebus 2-3 gelas air sampai cukup panas dan celupkan jahe yang sudah dipersiapkan, lalu biarkan mendidih selama 3-5 menit. Angkat dan saring, atau tuangkan semuanya ke cangkir tanpa disaring. Tambahkan madu secukupnya jika Anda suka.

  • Pelajari Akupresur

    Akupresur adalah teknik menempatkan tekanan pada titik-titik tertentu di tubuh untuk meringankan keluhan-keluhan yang menyebabkan ketidaknyamanan atau perasaan sakit, misalnya mual. Diperkirakan bahwa titik-titik akupresur di dalam tubuh dapat melepaskan neurotransmitter seperti serotonin atau endorfin. Kedua jenis zat kimia ini dapat menghambat zat kimia lain yang mungkin dilepaskan sehingga menimbulkan rasa sakit.

    Titik akupresur yang dapat ditekan sebagai cara mengatasi mual adalah sebagai berikut:

    Titik p6: Letaknya sekitar 2-3 jari turun dari lipatan atas di pergelangan tangan (di bagian dasar telapak tangan), jika diraba akan terasa alur 2 otot tendon besar. Jika sudah ketemu, tekan dengan lembut daerah ini pada saat Anda merasa mual. Atau bisa juga dengan meletakkan jempol dan jari telunjuk ke titik p6, tahan selama 5 menit sambil menarik napas dalam-dalam.

  • Memakan roti panggang dan susu

    Makanan lunak dapat dimanfaatkan sebagai obat mual, dan 2 jenis makanan lunak yang sangat disukai adalah roti dan susu. Roti dapat menyerap kelebihan asam lambung, sedangkan susu diyakini sanggup melapisi lambung. Ini juga alasannya mengapa roti dan susu sering dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum minum obat seperti aspirin yang dapat melukai lambung ketika perut kosong.

    Tetapi dalam kasus mual, Anda tidak dianjurkan minum susu langsung, karena susu dapat memperparah mual. Jadi makanlah bersamaan dengan roti. Tetapi Anda tidak dianjurkan mencoba cara mengatasi mual ini jika mual disebabkan oleh gastroenteritis (flu perut), karena flu perut bereaksi buruk terhadap susu. Roti panggang dan susu seringkali dapat membantu mengatasi mual yang disebabkan oleh penggunaan jenis obat tertentu.

    Anda membutuhkan secangkir susu sepotong roti yang sudah dipanggang. Begini cara untuk menyiapkan obat mual ini; panaskan 1 cangkir susu sampai panas (jangan sampai mendidih), lalu tuangkan ke dalam mangkuk. Panggang sepotong roti, lalu remukkan roti tersebut ke dalam susu dan makanlah secara perlahan.

  • Lemon

    Aroma jeruk lemon mampu mengurangi perasaan mual, menenangkan perut, dan menenangkan Anda juga. Anda hanya butuh sebuah lemon segar dan pisau yang tajam. Begini cara membuat obat mual alami ini; Iris lemon menjadi 2 bagian dan letakkan di dekat Anda agar aromanya bisa tercium, tapi jangan sampai terlalu dekat. Pastikan untuk menarik napas dalam-dalam dan menghembuskan seluruh napas selagi menghirup aroma jeruk lemon.

  • Peppermint

    Seperti lemon, peppermint punya keunggulan aroma segar yang sanggup menjinakkan masalah sakit perut. Karena itulah peppermint sudah lama dijadikan salah satu bahan baku untuk teh atau minyak. Untuk mengatasi mual Anda membutuhkan kapas dan minyak peppermint.

    Begini cara menggunakan obat mual alami ini; teteskan beberapa tetes minyak peppermint ke kapas. Gosokkan kapas tersebut langsung ke gusi Anda, dan ulangi langkah-langkahnya jika perlu. Jika Anda tidak punya kapas, gunakanlah ujung jari Anda untuk menggosokkannya ke gusi. Tapi pastikan Anda sudah cuci tangan dulu sebelumnya.

  • Hirup udara segar

    Kadang-kadang cara mengatasi mual yang perlu Anda lakukan hanyalah pergi keluar ruangan untuk mendapatkan udara segar. Anda bisa gunakan cara lain untuk mendapatkan lebih banyak udara yaitu dengan memposisikan wajah Anda di depan kipas angin. Jika rasa mual sudah sampai menyebabkan rasa panas dan berkeringat, mungkin cara yang paling praktis untuk menghentikannya ialah dengan menghirup udara segar.

Baca juga:  Obat Mual yang Mujarab

Sebagai tambahan dari obat-obat mual di atas, Anda juga dapat melakukan langkah-langkah lain sebagai cara mengatasi mual. Yang paling pertama perlu dilakukan saat mual adalah beristirahat, karena terlalu banyak akvititas atau kurang istirahat dapat memperburuk rasa mual. Kemudian Anda perlu lebih banyak minum, untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Juga hindari aroma menyengat dari makanan, parfum, asap, atau hal-hal lain, karena aroma yang menyengat sangat sering memicu rasa mual. Tetapi jika semua cara mengatasi mual sudah dilakukan dan tetap tidak banyak berpengaruh, mungkin saatnya Anda pergi memeriksakan diri ke dokter. Bisa jadi ada penyebab mual yang Anda alami yang membutuhkan penanganan dokter.

Advertisement
Alinesia