10 Cara Mengobati Sakit Gigi secara Alami


By Cindy Wijaya

Sakit gigi harus dicari tahu penyebab dibaliknya supaya bisa memastikan cara terbaik untuk mengobatinya. Tetapi jika sakitnya tidak parah, mungkin bisa diatasi dengan cara mengobati sakit gigi secara alami. Cara alami juga berguna sebagai pengobatan sementara selama Anda menunggu jadwal pemeriksaan ke dokter gigi. Apa saja cara alami untuk mengatasi sakit gigi?

Dalam artikel ini akan dikupas 10 cara mengobati sakit gigi secara alami yang dapat membantu meringankan rasa sakit, bengkak, atau gejala-gejala lainnya.

Namun perlu diperhatikan bahwa Anda dianjurkan untuk bicara dulu dengan dokter sebelum menerapkan cara-cara ini jika Anda sedang hamil, menyusui, atau mengidap masalah kesehatan yang bisa dipengaruhi oleh penggunaan herbal.

1. Berkumur Air Garam

Bagi banyak orang berkumur air garam adalah pengobatan pertama pada sakit gigi yang efektif. Air garam merupakan disinfektan alami serta dapat membantu melepaskan sisa makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi Anda. Cara mengobati sakit gigi secara alami ini juga bisa mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut.

Untuk menggunakan pengobatan ini, campurkan ½ sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hangat, dan gunakan sebagai obat kumur.

2. Berkumur Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida dapat membantu meredakan rasa nyeri dan peradangan. Selain itu juga dapat membunuh bakteri, mengurangi plak, serta menyembuhkan gusi berdarah.

Namun untuk menggunakan cara mengobati sakit gigi ini, Anda harus memastikan untuk mengencerkan larutan hidrogen peroksida dengan benar. Untuk melakukan ini, campurkan 3 persen hidrogen peroksida bersama air dengan bagian yang sama, dan gunakan sebagai obat kumur. Jangan telan larutan ini.

3. Kompres Dingin

Anda bisa menggunakan kompres dingin untuk mengurangi rasa sakit, terutama jika penyebab sakit gigi adalah cedera atau luka. Jika Anda menggunakan kompres dingin, itu akan membuat pembuluh darah di area tersebut mengerut, yang membuat rasa sakit tidak terlalu terasa. Kompres dingin juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Untuk menggunakan cara mengobati sakit gigi secara alami ini, pegang kantong berisi es batu yang dibungkus handuk ke area yang sakit selama 20 menit setiap kali. Anda dapat mengulangi melakukannya setiap beberapa jam.

4. Kantong Teh Peppermint

Kantong teh peppermint bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gusi yang sensitif.

Untuk melakukan in, biarkan kantong teh bekas mendingin sebelum menempelkannya ke area yang sakit. Tetapi kantong teh bekas harus masih sedikit hangat.

Anda juga bisa menggunkaan kantong teh sebagai kompres dingin. Untuk melakukannya, masukkan kantong teh bekas ke dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkannya lalu tempelkan kantong itu ke gigi yang sakit.

5. Bawang Putih

Selama ribuan tahun bawang putih telah digunakan untuk khasiat pengobatannya. Tidak hanya mampu membunuh bakteri berbahaya penyebab plak gigi, tetapi juga dapat bermanfaat sebagai pereda nyeri.

Untuk menggunakan cara mengobati sakit gigi secara alami ini, gerus 1 siung bawang putih sampai halus lalu oleskan ke area yang sakit. Anda juga bisa tambahkan sedikit garam. Sebagai cara alternatif, Anda bisa mengunyah 1 siung bawang putih segar secara perlahan.

6. Ekstrak Vanila

Ekstrak vanila mengandung alkohol, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit. Sifat antioksidannya juga membuatnya menjadi penyembuh yang efektif.

Untuk menggunakan cara ini, oleskan sedikit ekstrak vanila ke jari Anda atau ke bola kapas. Oleskan langsung ke area yang sakit beberapa kali sehari.

7. Cengkeh

Cengkeh telah sangat lama digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi secara alami. Sebab kandungan minyak di dalamnya dapat secara efektif menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Cengkeh juga mengandung eugenol, yang merupakan antiseptik alami.

Untuk menggunakan pengobatan ini, oleskan sedikit minyak cengkeh ke bola kapas dan oleskan ke area yang saki. Anda juga bisa mengencerkan minyak cengkeh dengan beberapa tetes air. Lakukan pengolesan ini beberapa kali sehari.

Sebagai cara alternatif, Anda dapat mencampurkan setetes minyak cengkeh ke dalam segelas kecil air dan menggunakannya sebagai obat kumur.

8. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki khasiat anti-radang yang dapat membantu menyembuhkan luka. Daun ini jgua mempunyai sifat anti-mikroba yang berguna dalam perawatan mulut.

Untuk menggunakan cara mengobati sakit gigi secara alami ini, kunyah daun jambu biji yang masih segar. Atau alternatifnya, gerus dua daun jambu biji lalu masukkan ke dalam air mendidih untuk kemudian digunakan sebagai obat kumur.

9. Wheatgrass

Wheatgrass punya khasiat pengobatan yang tak terhitung jumlahnya dan dapat bermanfaat untuk mengobati tubuh Anda dari dalam jika dikonsumsi. Ini bisa meredakan peradangan di mulut dan mencegah timbulnya infeksi. Kandungan klorofil yang tinggi di dalamnya juga bisa mengatasi bakteri.

Untuk menggunakan cara ini, Anda cukup menggunakan wheatgrass sebagai obat kumur.

10. Thyme

Thyme juga memiliki sifat anti-bakteri dan antioksidan yang kuat, yang membuatnya bermanfaat untuk mengobati sakit gigi.

Untuk menggunakan cara mengobati sakit gigi secara alami ini, oleskan beberapa tetes minyak esensial thyme dan beberapa tetes air ke bola kapas. Setelah mencampurkannya ke dalam bola kapas, oleskan kapas itu ke area yang sakit.

Cara alternatifnya, Anda juga bisa memasukkan setetes minyak thyme ke segelas kecil air dan menggunakannya sebagai obat kumur.

Tanda Sakit Gigi Harus Diperiksa ke Dokter

Memang sakit gigi yang ringan bisa diatasi dengan cara-cara alami seperti di atas. Namun sakit gigi yang parah bisa jadi disebabkan oleh masalah kesehatan yang serius, yang artinya Anda harus periksa ke dokter agar bisa ditangani dengan benar.

Bagaimana cara mengetahui bahwa sakit gigi sudah harus diperiksakan ke dokter? Perhatikan tanda-tanda berikut ini:

  • Rasa sakitnya tidak kunjung hilang
  • Peradangannya bertambah
  • Muncul pembengkakan di sekitar wajah atau rahang
  • Muncul kemerahan di sekitar gusi
  • Gusi berdarah
  • Demam, sakit telinga, atau nyeri di mulut
  • Baru saja mengalami cedera pada mulut atau wajah
  • Mata atau mulut kering
  • Merasa tidak enak badan karena sakit gigi

Mungkin Anda menghindari pergi ke dokter gigi karena merasa takut. Tetapi jika sakit gigi Anda terus berlanjut, itu bisa mengarah ke masalah yang lebih berat. Ingatlah bahwa dokter gigi terlatih untuk membantu meringankan rasa sakit Anda dan menemukan akar penyebab yang memicu rasa sakit tersebut.

Demikianlah artikel ini yang membahas mengenai 10 cara mengobati sakit gigi secara alami. Semoga salah satu dari cara-cara ini berhasil membantu Anda yang sedang sakit gigi. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Healthline. 10 Home and Natural Remedies for Toothache Pain. URL: https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/home-remedies-for-toothache

HealthEngine. When should you see a dentist about a toothache?. URL: https://healthengine.com.au/info/when-should-you-see-a-dentist-about-a-toothache

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>