Cara Mengobati Maag dengan Obat Tradisional


By Cindy Wijaya

Maag merupakan penyakit yang menyerang bagian lambung dan hal ini biasanya disebabkan karena faktor pola makan yang tidak teratur. Maag tentunya sangat mengganggu aktifitas kita karena ketika seseorang terkena maag biasanya ia akan merasakan mual dan perih pada bagian perut atau lambung. Beruntung, ada cara mengobati maag dengan obat tradisional yang relatif aman dan murah.

Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit maag diantaranya adalah karena faktor gaya hidup yang kurang sehat, pola makan yang tidak teratur, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehingga memicu kadar asam lambung meningkat, terlalu banyak minum kopi, dan beberapa penyebab lainnya. Mengatur pola makan sangatlah penting untuk menjaga kesehatan lambung. Makan-makanan yang terlalu pedas juga kerap membuat perut kita mules dan bisa menyebabkan maag.

Ketika seseorang terkena penyakit maag, maka ia akan mengalami beberapa gejala atau hal yang dirasakan seperti rasa sakit pada bagian lambung, perut terasa kembung, sakit perut setelah makan, mual dan ingin muntah-muntah serta menurunnya napsu makan sehingga akan menyebabkan kita sakit yang lebih parah. Untuk mengatasi hal tersebut banyak cara yang dapat anda lakukan termasuk cara tradisional.

Cara Mengobati Maag dengan Obat Tradisional

  • KunyitKunyit merupakan jenis rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai obat maag dan salah satu penggunaannya yaitu dengan cara dibuat jamu. Pada tahun 1953 disebutkan bahwa kunyit dipercaya dapat menyembuhkan luka dan dalam study kasusnya ternyata kunyit juga dapat mengurangi rasa sakit pada perut yang disebabkan karena tukak lambung atau maag. Cara penggunaan kunyit ini cukup mudah, anda cukup memarut kunyit kemudian parutan kunyit tersebut diperas menggunakan kain bersih kedalam air kemudian air perasan kunyit itu kita minum setiap hari minimal 2 kali.
  • Daun Jambu Biji – Jambu biji merupakan jenis buah yang banyak mengandung vitamin C. Buah dan daun jambu ini biasanya dimanfaatkan untuk mengatasi orang yang terkena diare. Diare atau mencret dapat diobati dengan menggunakan jambu biji. Namun dalam kasus ini, jambu biji juga dapat digunakan untuk mengobati maag. Cara membuatnya yaitu dengan merebuh daun jambu biji sebanyak 9 lembar kedalam 1.5 liter air. Setelah mendidih air rebusan daun jambu itu anda minum 3 kali sehari seperti minum obat pada umumnya.
  • Lidah Buaya (Aloe Vera) – Lidah buaya adalah jenis tanaman yang kaya manfaat. Seperti yang kita ketahui tanaman lidah buaya ini kerap digunakan untuk memberikan nutrisi pada rambut sehingga rambut dapat tumbuh sehat, kuat dan hitam berkilau. Tetapi bukan hanya itu, kandungan alonenin dan magnesium laktat yang terdapat pada lidah buaya dipercaya dapat menghambat sekresi asam lambung. Caranya hampir sama seperti yang lain yaitu dengan merebus gel lidah buaya. Untuk mengkonsumsinya Anda dapat menambahkan sedikit madu dan bagi wanita hamil yang kerap mengalami sakit perut, ramuan ini sangat dianjurkan untuk Anda.
  • Kedelai – Kedelai merupakan bahan dasar pembuatan tempe dan tahu. Kandungan nutrisi didalamnya dipercaya dapat mengatasi penyakit maag yaitu dengan cara menggoreng kedelai dalam wajan tanpa minyak atau sangrai. Setelah di sangrai kemudian ditumbuh seperti kopi. Setelah membentuk seperti kopi, silahkan anda seduh menggunakan air panas dan konsumsi secara rutin 3 kali sehari. Hal ini bukan hanya untuk mengobati saja tetapi dapat mencegah kita dari penyakit maag.

Demikian beberapa cara tradisional yang dapat anda lakukan untuk mengobati penyakit maag. Cara tradisional merupakan cara yang biasa digunakan oleh orang jaman dulu untuk mengatasi penyakit tertentu. Biasanya cara tradisional itu menggunakan bahan dasar alami yang terbuat dari ramuan herbal sehingga biaya yang harus dikeluarkannya pun lebih terjangkau.

Semoga informasi ini dapat Anda jadikan sebagai referensi ketika anda terkena penyakit maag. Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengobati penyakit, Anda tidak perlu merogoh kocek mahal-mahal demi mendapatkan tubuh sehat.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}