Cara Mengatasi Sembelit dengan Efektif


By Cindy Wijaya

Akhir-akhir ini perut Anda terasa sedikit penuh. Mungkin Anda tidak dapat buang air besar sesering yang seharusnya, dan merasa kembung serta tidak nyaman. Banyak orang juga harus berjuang mengatasi masalah susah buang air besar atau sembelit. Jadi, apa yang harus dilakukan jika sedang sembelit? Berikut adalah beberapa cara mengatasi sembelit yang efektif.

Apa Itu Sembelit?

Jika Anda mengalami sembelit, seringkali itu karena tidak terdapat cukup banyak cairan di feses—masalah yang terjadi akibat terlalu banyak cairan yang diserap oleh usus. Menurut National Disgetive Diseases Information Clearinghouse, sembelit adalah kondisi dimana Anda buang air besar tidak lebih dari 3 kali seminggu dan feses yang dikeluarkan kering, kecil, serta susah dikeluarkan.

Beberapa orang secara alamiah buang air besar lebih dari sekali dalam sehari, sementara yang lain hanya beberapa kali seminggu. Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah buang air besar kecuali jika frekuensinya jauh berkurang dari biasanya.

Cara Mengatasi Sembelit (Usia 12 Tahun Ke Atas)

  • Olahraga ringan. Berjalan-jalan sebentar setiap hari dengan secara bertahap meningkatkan waktu olahraga jalan Anda sampai mencapai setidaknya 20 menit setiap hari.
  • Cukup minum. Sebagian besar orang dewasa membutuhkan 8-10 gelas air setiap hari. Hindarilah minuman beralkohol atau berkafein yang bisa meningkatkan dehidrasi. Jika Anda menderita gagal jantung atau gagal ginjal, bicarakanlah dengan dokter seberapa banyak cairan yang harus diminum.
  • Konsumsi buah, sayuran, dan serat setiap hari.  Misalnya dengan sarapan pagi sereal gandum utuh dan makan buah-buahan sebagai camilan sore hari.
  • Jadwalkan waktu setiap hari untuk BAB (misalnya setelah sarapan). Menciptakan rutinitas sehari-hari untuk BAB dapat membantu. Gunakan waktu Anda dan jangan terburu-buru saat BAB.
  • Saat hendak BAB, gunakan toilet jongkok untuk membantu gerakan usus mendorong keluar feses. Atau naiki bangku kecil saat duduk di toilet duduk supaya posisi tubuh agak “jongkok”.
  • Jika masih sembelit, Anda mungkin membutuhkan obat pencahar. Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai obat sembelit yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Cara Mengatasi Sembelit (Bayi)

  • Jika anak Anda sembelit namun belum mulai makan makanan keras, cara pertama untuk menanganinya ialah dengan memberi mereka banyak minum diantara waktu makan. Jika bayi biasa diberi susu formula, buatlah susu sebagaimana petunjuk di kemasan.  
  • Anda juga bisa mencoba menggerakkan kaki bayi dengan gerakan bersepeda secara perlahan dan dengan hati-hati memijat perut bayi untuk membantu merangsang gerakan usus bayi.
  • Jika anak yang sembelit sudah makan makanan keras, berikan mereka banyak minum atau jus buah encer. Beri mereka buah-buahan yang gampang dikunyah, misalnya apel, anggur, persik, pear, dan stroberi.

Apabila anak masih susah BAB padahal Anda sudah mengubah makanannya, ada baiknya periksakan anak ke dokter. Ia mungkin membutuhkan obat pencahar sesuai resep dokter. Demikianlah cara-cara mengatasi sembelit yang bisa Anda ikuti.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}