Cara Mencegah Mata Menjadi Lelah


By Cindy Wijaya

Apakah Anda sering lama duduk bekerja di depan komputer? Jika ya, kemungkinan besar Anda pernah mengalami kondisi mata lelah. Kondisi ini sedikit banyak pasti mengganggu kinerja Anda selama bekerja, karenanya, ada baiknya untuk membaca artikel ini yang membahas cara mencegah mata menjadi lelah.

Selain karena terlalu lama di depan layar komputer, mata juga dapat menjadi lelah jika Anda mengendarai mobil atau membaca dalam waktu lama. Meskipun kondisi ini dapat sangat terasa melelahkan dan mengganggu, namun biasanya kondisi ini tidak serius dan akan pulih setelah mata diistirahatkan.

Di sampig mata terasa sakit dan lelah, gejala lain dari kondisi mata lelah antara lain adalah mata berair atau kering, penglihatan menjadi kabur, sakit kepala dan leher, nyeri bahu, jadi sensitif terhadap cahaya, serta kesulitan untuk fokus.

Langkah Penyesuaian untuk Mencegah Mata Menjadi Lelah

  • Pastikan Anda mendapatkan pencahayaan yang cukup ketika membaca. Ketika membaca di meja, tempatkan sumber cahaya di depan Anda dan mengarah ke buku yang dibaca.
  • Ketika mengemudi saat malam hari atau di tempat gelap, nyalakan lampu depan mobil atau motor Anda.
  • Secara berkala istirahatkanlah mata Anda. Sepanjang hari, alihkan pandangan Anda dari layar komputer setiap 20 menit sekali untuk melihat pemandangan yang jauh sedikitnya selama 20 detik. Berdirilah dari posisi duduk sesering mungkin untuk mengambil minum, melakukan peregangan, menelpon, atau aktivitas lain.
  • Sering-seringlah kedipkan mata untuk menyegarkan dan melembapkan mata. Ketika harus berfokus, kebanyakan orang jadi jarang berkedip, jadi Anda perlu ingatkan diri untuk mengedipkan mata sesering mungkin.
  • Manfaatkan obat tetes mata yang dapat membantu mengobati mata kering. Tapi jangan gunakan obat tetes mata yang khusus mengobati mata merah sebab obat ini justru memperparah gejala mata kering.
  • Pijat secara perlahan area kelopak dan alis mata, pelipis, serta pipi bagian atas.

Tips Khusus Bagi Anda yang Bekerja di Depan Komputer

  • Atur posisi monitor tepat berada di depan Anda dengan jarak sekitar 50-70 cm dari mata.
  • Atur tingkat kecerahan monitor agar nyaman dilihat. Kurangi jika cahaya terlalu terang sehingga menyilaukan mata Anda.
  • Tempatkan keyboard tepat di depan layar komputer.
  • Gunakan kacamata dengan lensa yang khusus menyerap radiasi monitor, jika dirasa perlu.
  • Ganti monitor CRT dengan LCD yang berukuran sekurangnya 19 inchi serta memiliki resolusi besar supaya mata tidak cepat lelah.
  • Bersihkanlah debu dari layar komputer secara rutin karena debu akan menurunkan kontras monitor dan membuat mata bekerja lebih keras.
  • Taruhlah bahan referensi Anda di samping monitor pada jarak dan tingkat yang sama. Dengan begitu Anda meringankan kerja mata dan tidak perlu bolak-balik menoleh.

Anda mungkin tidak bisa mengubah tuntutan pekerjaan yang mengharuskan untuk bekerja di depan komputer, tetapi Anda bisa mengambil langkah untuk mencegah dan mengurangi kondisi mata lelah. Jika mata tetap segar sepanjang hari, tentu pekerjaan jadi terasa lebih mudah, bukan?

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}