Cara Membuat Badan Gemuk secara Alami dan Sehat

583

Diedit:

Bagi banyak orang, “iri” adalah kata yang paling pas menggambarkan pikiran mereka terhadap siapapun yang ingin tambah berat badan. Tapi sebenarnya membuat badan lebih gemuk bisa sama sulitnya dengan diet melangsingkan badan. Bagi Anda yang merasakan kesulitannya, inilah cara membuat badan gemuk secara alami tanpa efek samping.

Alasan-alasan orang untuk jadi lebih gemuk bisa jadi karena masalah kesehatan, kepentingan olahraga, membentuk otot, atau hanya untuk mencoba mengubah penampilan. Sebenarnya kurus tidak masalah. Apabila Anda merasa nyaman, sanggup beraktivitas dan berolahraga seperti orang-orang lain, bukanlah masalah untuk memiliki bobot lebih ringan daripada berat ideal Anda.

Walaupun begitu, tidak ada salahnya juga jika Anda berkeinginan jadi lebih gemuk. Tapi pakailah cara yang sehat—bukan dengan menumpuk lemak dan makan tak terkendali. Berikut adalah cara membuat badan gemuk yang bisa Anda ikuti:

Makan Makanan Tinggi Kalori yang Bernutrisi.

Berfokuslah makan makanan sehat. Pilihlah makanan tinggi kalori yang juga limpah vitamin, mineral, dan nutrisi. Mulailah ganti makanan sehari-hari Anda dengan yang lebih sehat dan tambahkan buah-buahan, kacang-kacangan, dan lemak sehat ke dalam menu Anda.

Makan Lebih Sering.

Apapun alasan Anda ingin jadi lebih gemuk, yang pasti cara utama untuk tambah berat badan ialah makan dalam porsi besar atau porsi kecil namun lebih sering dalam sehari. Seorang ahli gizi olahraga dan profesor di Georgia State University, christine Rosenbloom, PhD, RD, menyarankan untuk coba makan 6 kali sehari dengan setiap porsinya berisi protein, karbohidrat, sayuran, dan lemak.

Contoh porsi makanan yang sehat adalah nasi, daging, sayuran, dan sambal. Sebagai camilan, pilihlah kacang-kacangan, keju, yogurt, atau camilan lain yang mengandung banyak protein dan lemak sehat. Alpukat juga merupakan buah yang kaya nutrisi dan tinggi kalori.

Kembangkan Masa Otot.

Para atlet yang ingin membentuk badan membutuhkan kalori dan protein yang memadai. Tidak hanya itu, mereka juga harus latihan kekuatan yang tepat untuk memastikan pertambahan berat badan di bagian tubuh yang dikehendaki. Mereka pun makan camilan tinggi protein seperti snack energy bar, susu coklat rendah lemak, atau protein shake segera setelah beres latihan beban agar otot mendapat bahan bakar yang diperlukan untuk berkembang.

Sama halnya dengan Anda yang suka berolahraga meski tidak berniat jadi berotot. Anda tetap perlu sering makan snack tinggi protein untuk menggantikan bahan bakar otot yang terbuang selama olahraga dan menambah berat badan.

Tambah Selera Makan Anda.

Jika selera makan Anda sangat sedikit, berikut adalah beberapa trik untuk membantu menambah selera makan. Cobalah berjalan kaki keliling ruangan atau komplek sebentar sebelum waktu makan untuk membuat perut merasa lapar. Memilih makanan favorit atau makanan yang banyak bumbu dan pedas mungkin bisa menambah nafsu makan Anda. Jangan banyak minum air sebelum makan karena bisa membuat perut terasa penuh sehingga Anda jadi tidak ingin makan.

Inilah beberapa cara membuat badan gemuk secara alami dan sehat. Ingatlah bahwa apabila badan Anda tidak mengalami banyak perubahan, bukan berarti itu tidak sehat. Anda tetap bisa menikmati badan yang sehat dan bugar meski timbangan Anda sedikit di bawah berat badan ideal.

Baca juga:  4 Minuman Ini Lebih Efektif dari Air Lemon dalam Menurunkan Berat Badan
Advertisement
Alinesia