Cara Alami Meningkatkan Kadar Testosteron

420

Diedit:

Hormon testosteron memainkan peranan penting dalam kesehatan pria. Misalnya, hormon ini membantu mempertahankan massa otot, kepadatan tulang, dan gairah seksual. Pada pria, produksi testosteron mencapai puncaknya di usia dewasa awal dan setelahnya mulai menurun sedikit demi sedikit setiap tahunnya. Apakah ada cara alami meningkatkan kadar testosteron yang sudah terlanjur rendah?

Ada sejumlah cara untuk meningkatkan kadar testosteron, salah satunya adalah melalui terapi hormon. Cara ini sering kali diterapkan oleh mereka didiagnosa menderita hipogonadisme—penyakit yang membuat seorang pria tidak dapat (atau tidak sama sekali) memproduksi cukup testosteron. Namun terapi hormon biasanya tidak dianjurkan oleh dokter jika kadar testosteron Anda masih turun dalam kisaran yang normal.

Berikut ini adalah beberapa cara alami sederhana yang bisa Anda terapkan.

Dapatkan Tidur Malam yang Berkualitas

Penelitian di University of Chicago memperlihatkan dampak kurang tidur yang bisa mengurangi kadar testosteron dalam jumlah besar. Hanya butuh waktu 1 minggu kurang tidur sampai efek ini jelas terlihat. Seberapa banyak tidur yang Anda butuhkan bergantung pada banyak faktor, namun National Sleep Foundation menganjurkan agar setiap pria dewasa mengupayakan 7 sampai 9 jam tidur malam.

Kurangi Bobot Badan Berlebih

Bukan sesuatu yang asing bagi pria paruh baya yang kelebihan berat badan memiliki kadar gula darah tinggi namun kadar testosteronnya rendah. Sebuah riset di tahun 2012 mengungkapkan bahwa ada peningkatan kadar testosteron sebesar hampir 50 persen pada pria dengan kadar gula tinggi yang menurunkan berat badannya. Cara alami meningkatkan kadar testosteron salah satunya adalah dengan menjaga pola makan sehat yang masuk akal serta rutin berolahraga.

Penuhi Kebutuhan Zink

Anda yang terdiagnosis menderita hipogonadisme mungkin kekurangan zink (seng). Padahal zink berperan penting dalam mengendalikan kadar testosteron. Seorang pria dewasa hendaknya berupaya memenuhi kebutuhan 11 mg zink setiap harinya. Zink banyak terdapat pada daging merah dan daging ayam, kacang-kacangan, kepiting, lobster, biji-bijian, serta produk makanan yang diperkaya zink.

Baca juga:  Tongkat Ali sebagai Herbal Peningkat Testosteron

Batasi Asupan Gula dalam Makanan

Tidak cukup cuma dengan memenuhi kebutuhan zink, karena tubuh Anda merupakan suatu sistem kompleks yang butuh asupan berbagai vitamin dan mineral agar berjalan dengan baik. Riset yang dipublikasikan oleh The Endocrine Society menunjukkan bahwa glukosa (gula) menurunkan kadar testosteron dalam darah sebanyak 25 persen. Jadi, daripada menuruti dorongan untuk mengonsumsi makanan atau minuman manis, Anda sebaiknya lebih memerhatikan kandungan nutrisi di dalam makanan.

Upayakan Latihan Fisik yang Rutin

Latihan fisik yang rutin adalah cara alami lain untuk meningkatkan kadar testosteron, terutama apabila Anda melakukan latihan ketahanan. Olahraga dapat memperbaiki mood dan mendorong produksi zat kimia otak yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan percaya diri. Latihan fisik yang rutin juga mendongkrak energi maupun daya tahan, sekaligus membuat Anda tidur lebih nyenyak. Ahli kebugaran menganjurkan sedikitnya 30 menit latihan fisik setiap hari.

Kadar testosteron yang rendah dapat mengakibatkan penurunan gairah seksual, disfungsi ereksi, kerapuhan tulang, dan masalah kesehatan lain. Bukan cuma itu, kadar hormon yang rendah bisa jadi merupakan indikasi penyakit serius lain. Jika Anda tidak yakin atau cara alami meningkatkan kadar testosteron di atas belum cukup, sebaiknya konsultasika dengan dokter untuk mendapat pengobatan yang terbaik.

Advertisement
Alinesia