Batu Empedu: Obati Sebelum Nyawa Terancam

605

Diedit:

Batu empedu, mendengarnya saja sudah terasa mengerikan. Memang batu empedu ini termasuk penyakit yang berbahaya dan harus segera diobati. Pada akhir artikel ini juga akan membagikan bagaimana cara mengobati dengan menggunakan metode herbal atau metode alami yang bebas efek samping.

Kembali berbicara tentang batu empedu, batu empedu ini dapat berukuran besar namun juga bisa kecil, lokasinya tetap berada di organ hati, dan yang berbahaya batu empedu ini tak mengakibatkan gejala apapun. Jadi mungkin Anda bisa terlambat mengetahuinya. Tetapi beberapa batu empedu bisa membuat iritasi pada kandung empedu, terkadang bersarang di cystic, hati, saluran pankreas, atau empedu. Mari baca selengkapnya.

Sedikit Gejala atau Tanpa Gejala Apapun

Untuk sebagian besar kasus dari penderita batu empedu, memang tak menunjukkan gejala apapun, seperti yang sudah dituliskan sebelumnya. Tetapi Anda dapat saja mengalami batu empedu, hingga akhirnya Anda merasakan rasa nyeri di sebelah kanan atas dari perut, dan rasa nyeri tersebut tak hanya di situ melainkan menyebar sampai bagian bahu atau punggung. Rasa nyeri yang diderita ini dapat muncul ketika Anda makan makanan yang mengandung lemak tinggi.

Itu disebabkan karena lemak bisa merangsang kantong empedu supaya berkontraksi dan akhirnya akan memaksa empedu yang sudah tersimpan untuk masuk dalam usus 12 jari. Batu yang terdapat pada kantong empedu juga akan menghambat aliran empedu, dan pada akhirnya akan mengakibatkan rasa nyeri yang sebelumnya Anda rasakan tersebut.

Apa itu Batu Empedu?

Batu empedu bagi Anda yang tidak paham, adalah timbunan kristal di dalam kandung empedu (Saluran empedu). Untuk diketahui juga, kantong empedu adalah kantong kecil dengan bentuk pir yang lokasinya ada di bawah organ hati. Empedu yang diproduksi oleh sel-sel hati akan disimpan pada kantong empedu ini. Cairan empedu sendiri tersusun atas kolesterol, air, protein, garam empedu, juga bilirubin atau pigmen empedu. Ketika lemak masuk dalam saluran pencernaan, maka cairan empedu akan membantu proses dari pencernaan lemak.

Ketika muncul gangguan pada empedu, contohnya jumlah bilirubin atau jumlah kolesterol yang berlebih, bisa mengakibatkan terjadinya pengkristalan yang pada akhirnya akan membentuk batu. Apabila batu empedu ini ada dalam kantong empedu, itu artinya Anda berurusan dengan yang namanya Kolelitiasis. Namun apabila batu empedu berlokasi dalam saluran empedu, Koledokolitiasis–lah yang Anda hadapi.

Jenis-Jenis Batu Empedu

Secara total, terdapat 3 jenis batu empedu yang mungkin diderita yaitu:

  • Batu bilirubin

    Apabila jumlah bilirubin yang ada pada empedu melebihi batasan normal. Ukuran dari batu bilirubin sendiri biasanya kecil-kecil, dan memiliki warna hitam. Karena itulah, maka batu bilirubin sering juga disebut sebagai batu hitam.

  • Batu kolesterol

    Sama seperti namanya, berarti batu kolesterol disebabkan oleh jumlah kolesterol yang melewati jumlah garam empedu. Karenanya kolesterol pun akan mengkristal, dan seiring waktu berubah menjadi batu.

  • Batu campuran

Herbal untuk Mengatasi Batu Empedu

Sari buah apel merupakan bahan herbal yang terbukti bisa mengobati batu empedu (Menghancurkan batu empedu). Kandungan quercetin di kulit apel berkhasiat bagi kesehatan. Cara konsumsi yaitu dengan memakan buah apel untuk 5 hari terus menerus.

Baca juga:  Bagaimana Batu Empedu Terbentuk?

Hari ke 6 pasien harus istirahat, dan jam 6 sore minum 1 gelas air hangat, campur dengan garam Inggris. Jam 8 malam minum lagi campuran tersebut. Jam 10 malam minum kombinasi irisan jeruk Bali bersama minyak zaitun–takarannya irisan jeruk Bali ¾ gelas dan minyak zaitun ½ gelas. Lalu istirahatlah. Keesokan hari jam 6 juga jam 8 pagi minum lagi campuran air hangat dengan garam Inggris. Sekian artikel tentang batu empedu, obati sebelum nyawa terancam, semoga bermanfaat.