Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Ilustrasi Obat Herbal Masuk Angin Ilustrasi Obat Herbal Masuk Angin

Apa Obat Herbal Masuk Angin Terbaik?

Pernah mengalami keluhan masuk angin? Ketika tubuh sedikit merasa deman ringan dengan kepala terasa pening atau sakit dan serangan nyeri sendi ringan. Kadang keluhan disertai rasa mual dan kembung yang cukup membuat tidak nyaman. Biasanya mereka yang tengah mengalami serangan masuk angin enggan mengunjungi dokter karena memang sebenarnya keluhan ini lebih sebagai efek kelelahan dan demam ringan.

Tetapi yang kemudian sangat disayangkan adalah cara kebanyakan orang dalam mengatasi keluhan masuk angin, yakni dengan menggunakan terapi kerokan. Karena terapi ini seolah memiliki dua mata uang yang membuatnya bermanfaat tetapi juga berbahaya.

Terapi ini bisa cukup membahayakan terutama kalau Anda lakukan terlalu sering. Efek gesekan yang dilakukan pada kulit bisa menimbulkan iritasi ringan sampai berat. Pada yang sensitive bisa menimbulkan efek gatal dan ruam yang sulit hilang.

Selain itu, efek dari gesekan ini membuat pembuluh darah di area punggung menjadi lebih besar. Tak hanya merusak secara penampilan, tetapi punggung dengan ori-pori tampak lebar membuat tubuh menjadi dua kali lebih rentan terhadap udara dingin, hujan dan paparan angin, dengan kata lain malah menjadi lebih mudah masuk angin.

Efek lain dari kerokan adalah membesarnya pembuluh darah kapiler di tepian kulit. Akan berbahaya pada mereka yang pada dasarnya tengah mengalami masalah dengan jantung atau tekanan darah tinggiserta stroke. Karena ketika pembuluh darah melebar, sementara terjadi masalah soal elastisitas pembuluh darah, maka yang terjadi justru pembuluh darah akan pecah dan menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Itu sebabnya mereka yang sudah rentan terhadap masalah hipertensi, kolesteroldan penyakit jantung justru disarankan untuk menghindari kerokan sebagai terapi masuk angin. Beberapa orang yang juga perlu berhati-hati dalam terapi ini adalah ibu hamil.

Lalu apakah itu berarti kerokan sebaiknya dihindari? Tidak sepenuhnya, malah seorang pakar kesehatan jantung kerokan baik untuk pertolongan pertama menghadapi masuk angin. Setidaknya efek hangat akan membantu tubuh melepaskan hormon endorphin yang membuat tubuh merasa lebih nyaman dan akhirnya membuat kesan masuk angin hilang.

Solusi Alternatif, Obat Herbal Masuk Angin

Mengingat adanya efek samping bila Anda menjalankan terapi kerokan begitu sering acapkali Anda mengalami masuk angin, maka tak ada salahnya mencoba mencari solusi alternatif yang bisa membantu Anda mengatasi keluhan tanpa efek merusak tubuh seperti kerokan. Salah satunya dengan mengkonsumsi obat herbal masuk angin.

Obat herbal masuk angin cenderung bekerja dengan cara yang serupa dengan kerokan, yakni memberi efek hangat, nyaman dan segar sehingga memacu hormon endorphin keluar dan memberi efek nyaman dan lebih sehat.

Adapun aneka bahan herbal yang termasuk obat herbal masuk angin antara lain :

  • Madu dan Jahe

    Air rebusan jahe selalu mampu menghantarkan rasa hangat yang nyaman pada penikmatnya. Aroma segar yang muncul dari uapnya membuat relaks dan tenang. Jahe sendiri efektif meredakan kembung, melemaskan syaraf tegang termasuk pula pembuluh darah. Berpadu degan madu yang bersifa menyegarkan dan kaya nutrisi, maka masuk angin Anda akan cepat teratasi.

  • Air Rebusan Mengkudu

    Blender buah mengkudu sampai halus, lalau rebus sampai mendidih dan angkat, masukan potongan cengkeh, perasan jeruk nipisdan madu. Mengkudu hangat ternyata memberi efek menghangatkan sekaligus menyegarkan. Kaya vitamin C jadi baik untuk daya tahan tubuh. Cegkeh dan jeruk nipismembantu menetralkan aroma dan rasa, berpadu dengan madu akan membuat jus ini juga kaya khasiat.

  • Teh Sereh

    Bila teh Chamomile akan memberi efek nyaman, sedang teh krysant memberi efek dingin, maka teh sereh akan memberi efek segar dan membantu mengatasi efek masuk angin ringan. Rasa hangat dan segar yang dihadirkan dari rasa unik teh sereh ini akan membuat Anda merasa relaks namun dengan cara yang lebih hangat.

  • Secang

    Minuman hangat yang dibuat dari ekstrak batang pohon secangini dipadukan dengan beberapa jenis rempah seperti cengkeh, pala, sereh dan madu. Wedang secangmembantu Anda merasa hhangat, relaks dan juga mudah untuk tidur. Kadang masalah masuk angin juga berasal dari kurang tidur.

  • Temulawak

    Dalam temulawakterdapat senyawa curcuminoid yang ternyata baik untuk membantu tubuh merasa relaks dengan cara berbeda. Sifatnya memang sebagai sumber endorphin namun juga membantu tubuh tetap dalam kondisi prima karena kesehatan hati terjaga.

  • Mint dan Madu

    Yang satu ini juga bisa menjadi obat herbal masuk angin, cukup dengan memadukan larutan daun mint yang dididihkan bersama madu dan meminumnya segera. Kembali yang Anda cari adalah efek hangat yang muncul dari mint dan nutrisi dari madu yang memberi efek peningkatan daya tahan tubuh.

  • Cengkeh, Sereh dan Madu

    rebus daun sereh segar dan cengkeh sampai air kekuningan, masukan madu dan segera minum. Perpaduan ketiganya akan ampuh mengatasi rasa linu pada otot, efek demam ringan dan membantu membuat tubuh lebih relaks.

  • Kencur dan Madu

    Haluskan kencur dan masak dengan air mendidih sampai air tersisa separuh. Sajikan dengan madu dan minum selagi panas. Minuman ini memiliki khasiat meredakan perut kembung, membantu melegakan tenggorokan dan perut serta mengatasi demam ringan.

Tak sulit rupanya mengatasi masuk angin, dan tak mutlak untuk Anda harus menjalankan terapi kerokan. Karena kenyataannya ada begitu banyak obat herbal masuk angin yang bisa Anda jajal untuk mengobati keluhan masuk angin dengan sama cepat dan efektifnya dengan kerokan.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register