Apa Khasiat Jinten Hitam bagi Kesehatan Anda?

506

Diedit:

Ada yang menjuluki jinten hitam sebagai obat mujarab untuk ‘segalanya kecuali kematian’. Meskipun tergolong sebagai rempah-rempah dan biasa digunakan untuk bumbu dapur, jinten hitam telah terbukti punya banyak khasiat bagi kesehatan. Dan kini semakin banyak peneliti yang mempelajari khasiat jinten hitam tersebut.

Jinten hitam dikenal juga dengan nama Habbatussauda. Rempah ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional semenjak ribuan tahun yang lalu dan dicatat dalam literatur-literatur kuno tentang ahli pengobatan jaman dulu, misalnya Ibnu Sina, Al-Biruni, Dioscoredes dan Ibnu Qayyim.

10 Khasiat Jinten Hitam

1Tekanan darah tinggiHasil riset yang diterbitkan di jurnal Fundamentals of Clinical Pharmacology, ditemukan bahwa ekstrak jinten hitam mampu secara signifikan menurunkan kadar kolesterol “jahat” LDL dan menyeimbangkan tekanan darah, sehingga merupakan obat alami untuk hipertensi ringan.

2Asma—Berbagai penelitian telah menemukan bahwa Habbatussauda sanggup memberikan efek anti-asma. Bahkan salah satu penelitian berani mengatakan bahwa efeknya lebih kuat daripada obat medis.

3Radang tenggorokan—Riset mengindikasikan bahwa jinten hitam adalah obat yang efektif untuk menyembuhkan radang tenggorokan akut. Setidaknya, jinten hitam ampuh untuk meringankan sakit tenggorokan akibat infeksi virus.

4Mengendalikan dampak radiasi—Senyawa aktif thymoquinone yang dimiliki jinten hitam dibuktikan sanggup melindungi jaringan otak dari dampak merusak radiasi.

5Mencegah kecanduan dan keracunan morfin—Suatu hasli kajian yang dipublikasikan di Ancient Science of Life menyatakan bahwa jinten hitam bisa mengurangi risiko keracunan maupun kecanduan morfin. Ini adalah harapan untuk menanggulangi ketergantungan opium.

6Mengatasi gangguan tidur serta stres—Kandungan sapion pada Habbatussauda memiliki fungsi menyerupai kortikosteroid yang mampu memengaruhi karbohidrat, protein, dan lemak juga fungsi jantung, otot, saraf, dan ginjal. Sapion dapat memperkuat daya tahan tubuh terhadap perubahan lingkungan, stres, dan gangguan tidur.

7Mencegah Bekas Luka Operasi—Dari hasil pengujian khasiat jinten hitam terhadap luka operasi, ditemukan kemampuannya untuk melindungi permukaan peritoneal dari pembentukan jaringan parut serta adhesi.

8Psoriasis—Bila dipakai sebagai obat oles, jinten hitam dapat meningkatkan ketebalan epidermis dan meredakan gejala psoriasis.

9Penyakit Parkinson—Ekstrak senyawa thymoquine dari jinten hitam telah dibuktikan sanggup melindungi saraf neuron dari pemicu-pemicu penyakit Parkinson maupun Demensia. Ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada Neuroscience Letters.

10Kanker Serviks—Ekstrak senyawa thymoquine lagi-lagi dibuktikan memiliki khasiat luar biasa. Senyawa tersebut dapat memicu proses apoptosis atau kematian pada sel-sel kanker serviks, memperlambat perkembangan kanker, dan menghentikan penyebaran kanker serviks (metastase).

Jinten hitam (Nigella sativa) bukanlah sekadar rempah berbentuk biji kecil hitam. Dibalik biji hitam kecil ini terdapat banyak khasiat jinten hitam sebagai anti-radang, anti-bakteri, dan anti-jamur. Jinten hitam termasuk obat herbal yang cukup mudah didapatkan karena sudah terkenal khasiatnya di kalangan masyarakat Indonesia.

Baca juga:  Manfaat Jinten Hitam yang Perlu Diketahui!
Advertisement
Alinesia