Apa Itu Pengobatan Stres?

481
Shutterstock

Diedit:

Pengobatan stres dilakukan berdasarkan jenis stres yang dialami oleh seseorang, namun sekalipun tampak berbeda – sebenarnya pengobatan stres biasanya melibatkan proses relaksasi. Stres sendiri sering dikaitkan dengan kondisi yang tegang, sehingga terjadi tekanan dan kontraksi, entah itu secara fisik ataupun psikologi. Salah satu cara yang dikenal dapat membuat Anda merasa relaks adalah olahraga. Olahraga merupakan cara untuk menurunkan kadar hormon stres, mencegah terjadinya kerusakan karena stres yang berlebihan, bekerja sebagai anti-depresan dan penenang.

Olahraga berdampak baik bagi Anda yang sulit tidur, kegiatan ini membantu Anda menciptakan kondisi yang tenang. Maka tak heran jika banyak sekali olahraga yang menekankan relaksasi seperti meditasi, selama 20 hingga 30 menit dalam sehari. Hal ini juga berdampak baik bagi tekanan darah dan denyut jantung Anda. Selain olahraga, seseorang yang mengalami stres harus sadar akan makna sesungguhnya dari kata ‘istirahat’ – ini berarti Anda harus mencoba untuk tidak memikirkan sesuatu yang akan membebani Anda, tetapi coba bayangkan hal menyenangkan yang ada.

Beberapa orang yang tidak dapat mengatasi dan mengetahui akar permasalahan stres membutuhkan bantuan dari para pakar yang ahli mengatasi gangguan ini. Walaupun beberapa jenis obat-obatan dapat meringankan gejala stres yang timbul, tapi ini harus dikonsumsi berdasarkan petunjuk yang diberikan oleh dokter dan dibawah pengawasan ketat dokter. Dampak dari obat stres tersebut juga bisa jadi buruk, sehingga obat-obatan ini tidak bisa digunakan sembarang. Anda juga perlu waspada, karena stres yang terlalu akut dapat mengakibatkan gangguan kejiwaan.

Sewaktu sedang mengalami stres, beberapa orang cenderung mengatasinya dengan penggunaan narkotika atau minuman beralkohol. Namun, sebenarnya kedua kebiasaan ini adalah metode yang keliru. Mengapa? Jika Anda mengalami stres penggunaan narkotika hanya membuat ilusi perasaan yang menyenangkan saja, seraya Anda terus mengandalkan obat-obat terlarang ini, pikiran Anda akan terpengaruh sehingga meninggalkan efek mencandu yang sulit untuk ditinggalkan. Penggunaan obat-obat terlarang sebenarnya bersifat meracuni tubuh secara bertahap.

Baca juga:  10 Tips Mengurangi Kadar Hormon Stress yang Meninggi: Bagian 1

Bagaimana dengan minum-minuman beralkohol? Sifat minuman beralkohol sebenarnya malah menekan saraf bukan membuat Anda relaks. Saat Anda mabuk dan mulai ‘meracau’ – itu menandakan bahwa Anda sudah tidak mampu mengendalikan tubuh. Hal ini dikarenakan oleh sifat dari minuman beralkohol yang mengendurkan tingkat kesadaran bukan membuat Anda relaks. Jadi, jelas jika minum-minuman beralkohol dan penggunaan Narkotika bukanlah cara yang bisa Anda gunakan dalam pengobatan stres. Lalu, apalagi yang perlu Anda ketahui tentang stres dan solusinya?

Stres dapat terjadi karena kondisi yang tidak siap sewaktu menghadapi suatu hal tertentu, kejutan yang tak diduga dan tak diinginkan ini menimbulkan reaksi penolakan yang kuat. Maka, belajarlah untuk memperhitungkan setiap kegiatan, keputusan, kondisi, dan situasi di hadapan Anda. Sehingga stres dapat dikendalikan dan diubah menjadi hal positif.

Advertisement
Alinesia