Apa Itu Kanker Tulang?

420

Diedit:

Seberapa kenalkah Anda dengan kanker tulang? Tentu tak satupun orang yang ingin bersahabat dengannya. Namun, mengenal kanker tulang sangatlah penting, sehingga pada saat terjadi keadaan atau situasi yang tidak diinginkan Anda sudah tahu apa yang perlu dilakukan.

Kanker tulang adalah jenis kanker yang sangat langka terjadi. Jenis kanker ini terjadi pada tulang panjang yang berada di lengan maupun kaki. Sayangnya kanker tulang dapat menimpa siapa saja, entah itu orang dewasa ataupun anak-anak. Anda juga perlu menyadari bahwa kanker tulang tidak sama dengan kanker darah pada sumsum tulang belakang. Kanker tulang yang dimaksud bukanlah hasil metastasis dari kanker pada organ tubuh lainnya.

Kanker tulang juga dapat dikaitkan dengan kanker sendi, karena letaknya saling berhubungan. Bahkan menurut sebuah perolehan data American Cancer Society di tahun 2014 melaporkan keberadaan 3020 kasus baru timbulnya kanker tulang dan sendi tersebut. Untuk kanker tulang sendiri, ada 1460 orang dilaporkan meninggal karenanya.

Jika ingin dibandingkan dengan keberadaan jenis kanker lainnya, kanker tulang tergolong jarang ditemukan dengan persentase 0,2% saja. Apabila Anda mengalami kanker tulang ada persentase Anda dapat tetap bertahan hidup dengan kondisi tersebut selama 5 tahun sebesar 70% sampai 80%, tak soal Anda sudah dewasa atau anak-anak. Namun, statistik demikian tidak dapat menjadi tolak ukur yang permanen. Karena pada kenyataannya banyak pasien kanker tulang yang bertahan hidup lebih dari itu.

Sekarang mari kita lihat apa saja jenis kanker tulang yang dapat menimpa anak-anak ataupun orang dewasa! Untuk orang dewasa ditemukan beberapa statistik yang mengejutkan, misalnya; ada sekitar 10% mengalami chordomas, serta 4% yang mengalami histiocytoma atau fibrosarcomas. Jenis kanker lainya dapat menimpa baik orang tua ataupun anak-anak, yaitu; chondrosarcomas yang menimpa 40% orang dewasa dan 6% pada anak-anak atau remaja.

Baca juga:  7 Tanda-Tanda Kanker Tulang Stadium Awal

Lalu, osteosarcoma yang dapat menimpa orang dewasa sebesar 28%, sedangkan anak-anak atau remaja memiliki persentase yang lebih tinggi sebesar 56%. Kemudian tumor Ewing pada orang dewasa sebesar 34% lebih tinggi dibandingkan anak-anak atau remaja hanya 8%.

Bagian mana dari tubuh Anda yang diserang oleh jenis-jenis kanker tulang tersebut? Mulai dari chordomas yang cukup langka, penyakit ini khususnya menyerang wanita dengan rentang usia 40 hingga 60 tahun. Jenis kanker ini biasanya menyerang area tulang wajah, tulang tengkorak dan tulang belakang. Lalu, chondrosarcomas yang menyerang tulang rawan pada area sekitar bahu, rusuk, pinggul, paha dan belikat.

Mengenai osteosarcoma atau osteogenic sarcoma seringkali menyerang pria atau remaja dengan tulang yang berukuran besar pada lengan dan kaki. Juga, Ewing sarcoma yang seringkali muncul pada area tulang pungung, panggul, kaki dan tangan. Jenis kanker ini juga dapat menyerang jaringan halus seperti; otot, jaringan serabut saraf, pembuluh darah, jaringan lemak dan beberapa jaringan pendukung.

Bila Anda mencari informasi tentang pilihan obat kanker herbal yang dapat secara efektif mengatasi serta menghambat perkembangan sel-sel kanker tulang, silakan kunjungi halaman artikel berikut: Obat Kanker Tulang.

Advertisement
Alinesia