Apa Itu Kanker Payudara? Selengkapnya!

366
Apa itu Kanker Payudara
Sumber Gambar: Shutterstock

Diedit:

Apa itu kanker payudara? Saat ini, kanker payudara merupakan penyebab kematian kedua akibat kanker pada wanita setelah kanker leher rahim, dan merupakan kanker yang paling umum pada wanita.

Angka kejadian kanker payudara di negara-negara berkembang lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara maju.

Apa Itu Kanker Payudara?

Apa itu kanker payudara? Kanker payudara adalah keganasan sel-sel yang terdapat pada jaringan payudara, bisa berasal dari komponen kelenjarnya (epitel saluran maupun lobulusnya) maupun komponen lain seperti jaringan lemak, pembuluh darah, dan saraf pada jaringan payudara.

Fakta menunjukkan bahwa ada kecenderungan perkembangan kanker lebih agresif pada wanita usia muda dibandingkan wanita dengan usia yang lebih tua. Hal inilah yang mungkin menjelaskan mengapa angka harapan hidup pada wanita usia muda lebih rendah.

Tabel 1. Probabilitas kejadian kanker payudara setelah 10 tahun

Probabilitas Kejadian Kanker Payudara Setelah 10 Tahun
Usia 201 dari 1,985
Usia 301 dari 229
Usia 401 dari 68
Usia 501 dari 37
Usia 601 dari 26
Usia 701 dari 24
>701 dari 8

Seberapa besar kemungkinan wanita terkena kanker payudara dan bagaimana angka harapan hidupnya? Setiap resiko kanker payudara pada wanita dapat mempunyai kemungkinan yang lebih tinggi atau lebih rendah, bergantung pada beberapa faktor.

Hal ini meliputi riwayat keluarga, genetik, usia saat haid pertama, dan faktor-faktor lainnya. Faktor-faktor yang tampaknya dapat meningkatkan kemungkinan berkembangnya kanker meliputi:

  • Usia di atas 40 tahun.
  • Ibu atau saudara ibu/klien yang memiliki kanker payudara.
  • Haid pertama kali sebelum usia 12 tahun.
  • Tidak memiliki anak atau memiliki anak setelah usia 30 tahun.
  • Riwayat biopsi payudara.
  • Kelebihan berat badan.

Para peneliti meyakini bahwa keadaan sosial ekonomi, perubahan gaya hidup, serta pola menstruasi, sangat berkaitan dengan peningkatan resiko terjadinya kanker payudara.

Bagaimana Menentukan Stadium Kanker Payudara?

Apa itu stadium kanker payudara? Penentuan stadium kanker payudara merupakan penderajatan kanker payudara secara klinis yang didasarkan pada sistem yang dikenal sebagai sistem TNM yang merupakan singkatan dari Tumor, Nodul, dan Metastatis.

Secara garis besar, stadium kanker seseorang dapat dilihat dari besar kecilnya ukuran tumor primer (tumor yang tumbuh pertama kali pada jaringan payudara) – mewakili T untuk tumor. Ada tidaknya penyebaran kanker ke pembuluh getah bening regional – mewakili N untuk Nodul.

Ada tidaknya bukti penyebaran sel kanker melalui aliran pembuluh darah seperti ke tulang, hati, paru, otak, dan lain-lain – mewakili M untuk metastatis (penyebaran jauh). Selain itu, guna memuaskan jawaban atas pertanyaan apa itu kanker payudara? Anda juga perlu mengetahui angka harapan hidup.

Baca juga:  Vaksin Kanker Payudara: Cegah Kanker Sejak Dini

Bagaimana Hubungan Kanker dengan Angka Harapan Hidup?

Apa itu angka harapan hidup kanker payudara? Angka harapan hidup atau dikenal dengan prognosis dinyatakan sebagai 5-YSR (5 years survival rate) atau 10 YSR (10 years survival rate) yang artinya seberapa besar kemungkinan pasien dapat hidup dalam jangka waktu 5 atau 10 tahun sejak didiagnosis.

Berdasarkan data PERABOI (Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia) didapatkan rata-rata angka harapan hidup penderita kanker payudara sesuai stadium kanker adalah sebagai berikut:

  • Stadium 0: 10 YSR 98% (terdeteksi dengan mamografi atau USG sebagai kelainan non kanker).
  • Stadium I: 5 YSR 85% (angka harapan hidup sampai 5 tahun sebesar 85%).
  • Stadium II:  5 YSR 60-70% (angka harapan hidup sampai 5 tahun sebesar 60-70%).
  • Stadium III: 5 YSR 30-50% (angka harapan hidup sampai 5 tahun sebesar 30-50%).
  • Stadium IV: 5 YSR 15% (angka harapan hidup sampai 5 tahun sebesar 5 %).

Tentu saja angka harapan hidup tersebut tidak menjadi patokan mutlak dan penderita tidak perlu putus asa melihatnya. Selagi masih ada waktu, berjuanglah dalam pengobatan yang dijalani dan bukan tidak mungkin angka harapan hidup akan meningkat. Mengetahui hal ini akan menambah wawasan Anda mengenai apa itu kanker payudara.

Apa Itu Alternatif Pengobatan Kanker Payudara?

Apa itu alternatif pengobatan kanker payudara? Sama seperti jenis kanker lainnya, pengobatan kanker payudara dapat dilakukan secara medis atau secara alami. Pengobatan medis terdiri dari pembedahan, kemoterapi, terapi hormon dan terapi penyinaran.

Pembedahan

Apa itu pembedahan kanker payudara? Pada pembedahan kanker payudara, biasanya akan dilakukan mastektomi/pengangkatan payudara. Ada 3 jenis mastektomi yakni:

  • Modified Radical Mastectomy — Operasi pengangkatan seluruh payudara, jaringan payudara di tulang dada, tulang selangka dan tulang iga, serta benjolan di sekitar ketiak.
  • Total (Simple) Mastectomy — Operasi pengangkatan seluruh payudara saja, tetapi bukan kelenjar di ketiak.
  • Radical Mastectomy/Lumpectomy — Operasi pengangkatan sebagian dari payudara dan hanya pada jaringan yang mengandung sel kanker, bukan seluruh payudara. Operasi ini selalu diikuti dengan pemberian radioterapi dan direkomendasikan pada pasien yang besar tumornya kurang dari 2 cm dan letaknya di pinggir payudara.

Kemoterapi

Apa itu kemoterapi untuk kanker payudara? Kemoterapi akan menimbulkan efek samping berupa rentan terhadap serangan infeksi, mudah lelah, mual, rambut rontok, masalah perdarahan seperti mimisan, dan banyak efek samping negatif lainnya.

Baca juga:  Apa Saja Metode Deteksi Dini Kanker Payudara?

Terapi Hormon

Apa itu terapi hormon untuk kanker payudara? Pada terapi hormon, efek samping yang ditimbulkan antara lain rasa panas dan kemerahan pada wajah, gangguan saluran pencernaan, leukopenia & trombositopenia ringan, perdarahan vagina, gatal-gatal pada vulva/pukas (alat kelamin luar perempuan), dan ruam kulit.

Terapi Penyinaran

Apa itu terapi penyinaran untuk kanker payudara? Terkadang, sesudah operasi, metode pengobatan lain seperti radiasi atau kemoterapi diberikan pada penderita kanker. Terapi penyinaran/radiasi digunakan untuk membunuh sel-sel kanker yang masih tersisa dalam tubuh.

Sedangkan, kemoterapi (kombinasi obat untuk membunuh sel kanker) dan obat-obat penghambat hormon (obat yang mempengaruhi kerja hormon yang menyokong pertumbuhan sel kanker) digunakan untuk menekan pertumbuhan sel kanker di seluruh tubuh.

Masing-masing dapat menimbulkan efek samping yang tak menyenangkan bagi tubuh. Lengkapi pengetahuan Anda tentang apa itu kanker payudara dengan info herbal berikut.

Apa Peranan Herbal dalam Pengobatan Kanker Payudara?

Banyaknya efek samping yang dikhawatirkan penderita kanker dari pengobatan yang disebutkan di atas membuat banyak orang mencari alternatif pengobatan kanker salah satunya dengan menggunakan herbal anti-kanker. Apa itu herbal kanker payudara?

Salah satunya ialah Sarang Semut (Myrmecodia pendans) yang berasal dari belantara hutan Papua.

Berdasarkan uji penyaringan kimia tanaman sarang semut (Myrmecodia pendans) menunjukkan bahwa tanaman ini mengandung senyawa kimia flavonoid dan tanin. Kedua komponen ini sering menjadi perhatian para ilmuwan untuk membantu pengobatan penyakit berat.

Banyak mekanisme flavonoid yang telah terungkap, termasuk; inaktivasi karsinogen, antiproliferasi, penghambatan siklus sel, induksi apoptosis dan diferensiasi, serta penghambatan angiogenesis.

Hal ini menjadikan herbal Sarang Semut sebagai potensi baru bagi perkembangan pengobatan alternatif terhadap kasus kanker payudara. Secara empiris kemampuan Sarang Semut telah banyak digunakan sebagai obat berbagai jenis kanker atau tumor. Hal ini dimungkinkan karena adanya kandungan flavonoid didalamnya.

Penelitian lebih lanjut masih perlu diterapkan sehubungan dengan potensi lain yang dimiliki dari tanaman herbal ini. Walau penggunaannya masih dalah taraf tradisional, tak sedikit yang merasa lebih baik dalam memulihkan diri dari serangan kanker. Demikianlah info lengkap seputar apa itu kanker payudara.


The American Cancer Society. Types of Breast Cancer. September 25, 2017. URL: https://www.cancer.org/cancer/breast-cancer/understanding-a-breast-cancer-diagnosis/types-of-breast-cancer.html.

Janti Sudiono, Ciptadhi Tri Oka, Pretty Trisfilha. The Scientific Base of Myrmecodia pendans as Herbal Remedies. Apr 27, 2015. British Journal of Medicine & Medical Research 8(3): 230-237, 2015, Article no.BJMMR.2015.443 ISSN: 2231-0614.


Advertisement
Alinesia