Kenali Gejala Kanker Mulut dan Pilihan Pengobatan Herbal Terbaiknya

526

Diedit:

Kanker adalah pertumbuhan sel-sel yang menjadi tidak terkendali dan agresif sehingga menyebabkan kerusakan pada jaringan di sekitarnya. Berdasarkan arti tersebut, maka kanker mulut adalah jenis kanker yang mulai bertumbuh di area mulut—bibir, lidah, pipi, dasar mulut, langit-langit mulut, sinus, dan faring. Anda wajib mengenali gejala-gejala kanker mulut sejak awal perkembangannya karena penyakit ini dapat berakibat fatal bila tidak cepat ditangani.

Kanker ini harus lebih diwaspadai lagi apabila Anda seorang pria berusia di atas 50 tahun dan aktif merokok atau gemar minum alkohol. Penting juga untuk diingat bahwa lebih dari 25 persen dari seluruh kasus kanker mulut dialami oleh mereka yang tidak merokok dan hanya sesekali minum alkohol. (sumber: WebMD)

Gejala-Gejala Kanker Mulut yang Mesti Diwaspadai

Ciri-ciri kanker mulut dapat diamati di sebagian besar area mulut, termasuk bibir, lidah dan tenggorokan, serta kelenjar ludah, faring, laring, dan sinus. Gejala-gejala yang paling umum dari kanker mulut adalah:

  • Pembengkakan/penebalan, gumpalan atau benjolan, bintik-bintik kasa/kerak/atau area yang terkikis di bibir, gusi, atau area lain dalam mulut.
  • Pertumbuhan bercak putih, merah, atau berbintik-bintik (putih dan merah) yang berbulu dalam mulut.
  • Perdarahan dari dalam mulut yang tidak jelas penyebabnya.
  • Mati rasa, kebas, atau rasa sakit di area manapun pada wajah, mulut, atau leher yang tidak jelas sebabnya.
  • Luka di wajah, leher, atau mulut yang mudah berdarah dan tidak sembuh setelah 2 minggu.
  • Merasa nyeri atau merasa seperti ada sesuatu yang tersendat di area belakang tenggorokan.
  • Kesulitan untuk mengunyah atau menelan, berbicara, atau menggerakkan rahang atau lidah.
  • Suara menjadi serak, sakit tenggorokan kronis, atau perubahan pada suara.
  • Telinga merasa sakit.
  • Penurunan berat badan secara drastis.

Penting: Temui dokter atau dokter gigi Anda jika sudah lebih dari 2 minggu mengalami tanda-tanda kanker mulut seperti yang dijelaskan artikel ini. Ini penting agar bisa diketahui penyebabnya serta bisa ditangani secepatnya.

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apa penyebab dari keluhan-keluhan yang Anda rasakan adalah melalui pemeriksaan medis. Sewaktu Anda memeriksakan tanda-tanda kanker mulut ke dokter, beliau mungkin akan melakukan berbagai pemeriksaan medis. Bagian berikutnya akan membantu Anda memahami bagaimana caranya dokter memeriksa kanker.

Caranya Dokter Memeriksa Gejala-Gejala Kanker Mulut

Ketika melakukan pemeriksaan, dokter gigi mungkin akan melaksanakan skrining kanker mulut. Beliau akan mencari apakah ada benjolan atau perubahan jaringan yang tidak beraturan di bagian leher, kepala, wajah, dan rongga mulut. Saat memeriksa mulut Anda, dokter gigi akan memeriksa setiap luka atau jaringan yang berubah warna untuk mengecek apakah ada ciri-ciri kanker mulut yang tampak.

Baca juga:  7 Tanda-Tanda Kanker Mulut Stadium Awal

Beliau juga mungkin akan melakukan biopsi oral menggunakan sikat jika menemukan jaringan di mulut yang dicurigai bersifat kanker. Prosedur ini tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya mengambil sampel kecil jaringan dengan tujuan untuk menganalisinya apakah ada pertumbuhan sel-sel abnormal dalam jaringan tersebut.

Atau apabila jaringan terlihat sangat mencurigakan, dokter gigi mungkin akan merekomendasikan biopsi menggunakan pisau bedah. Prosedur ini biasanya membutuhkan anestesi lokal dan dapat dilakukan oleh dokter gigi atau dokter spesialis lainnya. Biopsi ini diperlukan untuk mendeteksi kanker mulut pada tahap awal perkembagannya.

Kunci untuk keberhasilan pengobatan kanker mulut adalah mendeteksi ciri-ciri kanker mulut sedini mungkin, sebelum kanker mempunyai kesempatan untuk berkembang dan menyebar. Jika Anda sudah benar-benar mencurigai keberadaan kanker, maka sangat disarankan untuk melakukan tindakan penanganan.

Beberapa orang memilih langkah cepat untuk menghambat perkembangan kanker dengan memanfaatkan herbal. Mereka mengonsumsi herbal sambil menunggu hasil pemeriksaan agar gejala-gejala kanker mulut yang sudah mereka rasakan tidak bertambah parah. Jika Anda juga tertarik menggunakan herbal, maka bagian berikut ini akan sangat membantu.

Pilihan Herbal Terbaik Untuk Pengobatan Kanker Mulut

Bagi Anda yang mencari herbal untuk membantu menumpas perkembangan kanker dari sedini mungkin, maka ada baiknya Anda memilih herbal yang benar-benar bermanfaat dan tepat peruntukannya. Berikut ini akan dijelaskan 3 pilihan herbal anti kanker terbaik yang telah dibuktikan kemampuannya dalam menumpas pertumbuhan sel-sel kanker.

Sarang Semut

Sarang Semut merupakan herbal yang dibuktikan berkhasiat dan tepat peruntukannya untuk membantu pengobatan tanda-tanda kanker mulut. Kemampuannya ini diduga kuat berkaitan dengan kayanya kandungan flavonoid dalam Sarang Semut.

Beberapa mekanisme kerja dari flavonoid bisa dibilang seperti ‘jurus jitu’ untuk melawan kanker. Diantaranya adalah mekanisme induksi apoptosis dan diferensiasi yang bertugas untuk merangsang proses bunuh diri sel-sel kanker. Lalu ada mekanisme anti-proliferasi yang menghambat proses perbanyakan (duplikasi) sel-sel abnormal yang menjadi penyebab kanker.

Kemudian mekanisme inhibisi angiogenesis berfungsi menghambat pembentukan pembuluh darah baru pada sel kanker yang bertugas menyediakan makanan/nutrisi bagi perkembangan sel kanker. Jika sel kanker tidak mendapat nutrisi, lama-lama ia akan mati.

Bila ingin melihat lebih jauh mengenai kemampuan Sarang Semut dalam membunuh pertumbuhan kanker, silakan buka artikel: Sarang Semut Papua Mulai Hancurkan Kanker, Tumor, Benjolan Abnormal dalam Waktu 3 Bulan atau Kurang!

Baca juga:  7 Tanda-Tanda Kanker Mulut Stadium Awal

Noni Juice

Penelitian oleh Dr. Judah Folkman dari Harvard University mengungkapkan bahwa Noni bekerja secara sinergis bersama mikonutrien lain dalam menghambat aliran darah menuju sel-sel kanker sehingga sel-sel tersebut tidak mendapat asupan makanan untuk tetap hidup.

Di samping itu, peneliti lain membuktikan bahwa Noni Juice berguna merangsang tubuh untuk memproduksi elemen-elemen tubuh pelawa kanker, semacam nitrit oksida, interferon, interleukin, lipopolisakarida, dan sel-sel pembunuh kanker lainnya.

Bila ingin membaca lebih jauh mengenai manfaat Noni Juice dalam membantu penyembuhan ciri-ciri kanker mulut, silakan buka artikel: Noni Juice—Herbal Teruji Taklukan Darah Tinggi, Diabetes, Gangguan Jantung, dan Penyakit Lainnya!

Temu Putih

Penelitian mengungkapkan bahwa herbal Temu Putih (atau yang juga dikenal sebagai Kunyit Putih) mengandung zat RIP (Ribosome Inactivating Protein). Zat ini jika berada di dalam tubuh maka akan menempelkan diri ke sel-sel tubuh yang mengalami mutasi berkembang menjadi sel abnormal (kanker).

Lalu zat RIP mengakibatkan sel-sel tersebut tidak sanggup lagi untuk berkembang biak. Sehingga sel-sel tersebut tidak dapat memperbanyak diri sebelum habis batas usianya. Karena itulah kemampuan herbal Temu Putih dalam menumpas perkembangan ciri-ciri kanker mulut bukanlah dengan memusnahkan sel-sel kanker, tetapi dengan memicu agar sel-sel tersebut menjadi mandul.

Untuk melihat lebih lanjut tentang khasiat Temu Putih bagi pengobatan kanker, silakan kunjungi artikel: Kunyit Putih—Herbal Pengusir Kanker dan Tumor.

Masing-masing herbal diatas sama-sama dibuktikan memiliki kemampuan anti kanker yang dapat Anda gunakan untuk membantu meringankan gejala-gejala kanker mulut. Namun jika Anda ingin herbal yang didapati mampu menumpas kanker dengan lebih cepat, maka pilihan jatuh pada Sarang Semut.

Para penggunanya melaporkan bahwa mereka umumnya sudah dapat merasakan perbaikan setelah 1-3 bulan konsumsi rutin. Bahkan beberapa dari mereka sudah merasa sembuh dari gejala-gejala kanker yang dideritanya dalam jangka waktu tersebut.

Jika tubuh Anda sekarang masih baru menunjukkan ciri-ciri kanker mulut, maka besar kemungkinannya herbal dapat membantu mengatasinya secara menyeluruh. Akan tetapi bukan berarti Anda yang sudah didiagnosis kanker sudah tidak dapat lagi memanfaatkan herbal.

Herbal tetap bisa digunakan oleh para penderita kanker, bahkan meskipun yang sudah mengidap kanker stadium lanjut. Hanya saja hasilnya tidak akan seperti jika digunakan pada waktu masih stadium awal. Oleh sebab itu banyak penderita kanker memadukan pengobatan medis bersama herbal untuk mendapatkan proses penyembuhan lebih cepat.

Apabila Anda baru saja divonis mengidap kanker oleh dokter, memang wajar jika sekarang Anda sangat khawatir apalagi jika gejala-gejala kanker mulut sudah semakin parah. Tetapi berupayalah untuk tetap semangat dan jangan menyerah. Bersama dengan keluarga, carilah pengobatan kanker mulut yang paling sesuai dengan kondisi Anda.