Kenali Gejala Kanker Endometrium dan Pilihan Pengobatan Herbal Terbaiknya

528

Diedit:

Kanker endometrium adalah salah satu jenis kanker yang berkembang di bagian rahim, tepatnya di lapisan sel-sel yang membentuk selaput rahim (endometrium). Gejala-gejala kanker endometrium wajib diwaspadai oleh para wanita, terutama bagi yang sudah berusia tua namun belum pernah hamil karena lebih rentan terserang kanker ini.

Kabar baiknya, kanker ini seringkali dapat dideteksi sejak dini karena ciri-ciri kanker endometrium biasanya bisa terlihat sejak awal perkembangannya. Oleh sebab itu Anda perlu mengetahui caranya mengenali tanda-tanda kanker endometrium agar bisa cepat ditangani.

Gejala-Gejala Kanker Endometrium yang Mesti Diwaspadai

Ada beberapa gejala yang mungkin menandakan keberadaan kanker di area endometrium, akan tetapi ada juga gejala-gejala yang mungkin baru akan terlihat setelah stadium kanker sudah mencapai tahap selanjutnya.

Perdarahan, keputihan, atau cairan lain keluar dari vagina yang tidak seperti biasanya.

Sekitar 90 persen wanita yang didiagnosis kanker endometrium mengalami perdarahan dari vagina yang abnormal, misalnya perubahan pola menstruasi atau perdarahan yang terjadi di luar waktu menstruasi. Namun gejala ini juga dapat diakibatkan oleh beberapa masalah kesehatan non-kanker.

Jika Anda sudah melewati masa menopause, maka Anda harus lebih curiga lagi ketika menyadari adanya perdarahan, keputihan, atau cairan lain yang keluar dari vagina. Segera temui dokter untuk memeriksakannya. Keputihan yang tidak disertai darah juga mungkin merupakan tanda-tanda kanker endometrium.

Karena meskipun Anda tidak melihat adanya darah dalam cairan keputihan, bukan berarti itu pasti tidak disebabkan oleh kanker. Pada sekitar 10 persen kasus, ciri-ciri kanker endometrium yang dialami penderitanya termasuk cairan keputihan yang sama sekali tidak mengandung darah. Oleh karenanya setiap cairan abnormal yang keluar dari vagina harus Anda cermati.

Merasa nyeri dan seperti ada benjolan tumor di panggul (pangkal paha), dan penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

Ketiga tanda-tanda kanker endometrium ini lebih sering muncul setelah stadium kanker telah mencapai tahap lanjut. Karena itu apabila kanker sudah menunjukkan gejala-gejala seperti ini, kemungkinan penyakitnya akan lebih sulit untuk ditangani sehingga tingkat keberhasilan pengobatan juga akan berkurang.

Mengetahui dan mewaspadai ciri-ciri kanker endometrium terutama penting bagi Anda yang belum pernah hamil padahal sudah berusia matang, serta bagi mereka yang menjalani terapi hormon untuk pengobatan kanker payudara.

Ingatlah bahwa gejala-gejala kanker endometrium yang disebutkan artikel ini bisa juga disebabkan oleh masalah kesehatan lain yang bukan kanker. Namun Anda tetap perlu periksa ke dokter untuk memastikan penyebabnya dan agar ditangani secepatnya.

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apa penyebab dari keluhan yang Anda rasakan adalah lewat pemeriksaan medis. Bagian berikutnya akan menjelaskan bagaimana caranya kanker ini dideteksi melalui beragam pemeriksaan medis.

Caranya Dokter Mendiagnosis Kanker Endometrium

Sebagian besar kasus kanker ini didiagnosis oleh dokter pada waktu seorang pasien memeriksakan gejala-gejala aneh yang ia rasakan. Apabila Anda mencurigai keberadaan ciri-ciri kanker endometrium pada diri Anda, mungkin lebih baik untuk menemui seorang dokter kandungan (ginekologi). Dokter mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan berikut:

  • Pemeriksaan panggul. Selama pemeriksaan, dokter akan dengan berhati-hati memeriksa bagian terluat dari organ genital Anda (vulva), kemudian memasukkan dua jari yang sudah dilumasi ke dalam vagina dan tangan yang satunya akan menekan bagian perut Anda untuk merasakan posisi rahim dan indung telur. Beliau juga akan menyisipkan sebuah alat (spekulum) ke dalam vagina untuk membukanya agar bisa melihat lebih jelas ke bagian dalam.
  • Gelombang suara untuk menciptakan gambaran rahim Anda. Dokter mungkin menyarankan tes USG transvaginal untuk melihat ketebalan dan tekstur endometrium. Dalam prosedur ini, perangkat transducer dimasukkan ke dalam vagina lalu menggunakan gelombang suaranya untuk menciptakan gambaran visual tentang keadaan rahim Anda.
  • Scope untuk memeriksa endometrium. Selama prosedur histeroskopi, dokter akan menyisipkan tabung tipis yang fleksibel ke dalam vagina dan serviks menuju rahim Anda. Lensa di tabung tersebut memungkinkan dokter untuk memeriksa bagian dalam rahim serta endometrium.
  • Biopsi dengan mengambil sampel jaringan. Prosedur ini melibatkan pengangkatan jaringan dari lapisan rahim Anda untuk dianalisis di laboratorium. Biopsi endometrium dapat dilakukan tanpa anestesi (pembiusan).
  • Operasi pengangkatan jaringan. Jika tidak mendapatkan cukup sampel jaringan untuk melakukan biopsi atau jika hasil biopsi tidak jelas, maka kemungkinan dokter akan melaksanakan prosedur yang disebut dilatasi dan kuretase. Selama prosedur ini, jaringan dikorek dari lapisan rahim dan diperiksa di bawah mikroskop untuk melihat apakah ada tanda-tanda kanker endometrium di jaringan tersebut.
Baca juga:  Bagaimana Melakukan Deteksi Dini Kanker Endometrium?

Apabila gejala-gejala kanker endometrium sudah dikonfirmasikan oleh dokter kandungan, Anda mungkin akan dirujuk untuk menemui dokter yang khusus menangani dan mengobati kanker pada sistem reproduksi wanita (ginekologi onkologi).

Walaupun beberapa dari pemeriksaan dan prosedur medis untuk memeriksa ciri-ciri kanker endometrium kelihatannya mengerikan atau mungkin membuat Anda malu, namun ingatlah bahwa hal tersebut diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Sebagai saran, Anda bisa memilih dokter wanita agar mengurangi rasa canggung.

Kunci untuk keberhasilan pengobatan adalah mendeteksi kanker sedini mungkin, sebelum ia mempunyai kesempatan untuk menyebar. Jika Anda sudah benar-benar mencurigai keberadaan kanker di dalam rahim, maka sangat disarankan untuk melakukan tindakan penanganan.

Beberapa orang memutuskan untuk memanfaatkan herbal sebagai langkah cepat supaya menghambat perkembangan sel-sel kanker seraya menunggu hasil pemeriksaan medis. Bila Anda tertarik untuk juga menggunakan herbal, maka informasi berikut ini akan sangat membantu.

Pilihan Herbal Terbaik Untuk Pengobatan Kanker Endometrium

Apabila Anda memilih untuk memanfaatkan pengobatan herbal sebagai langkah cepat untuk semakimsal mungkin menghambat perkembangan gejala-gejala kanker endometrium, berikut ini tersedia 3 herbal anti kanker pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Sarang Semut

Sarang Semut mengandung senyawa aktif penting seperti flavonoid, tokoferol, polifenol, dan kaya akan berbagai mineral yang berguna sebagai anti-oksidan dan anti-kanker yang terbukti efektif menumpas berbagai jenis kanker.

Misalnya senyawa aktif flavonoid diketahui sangat membantu memerangi kanker karena dapat berfungsi sebagai inaktivasi karsinogen, anti-proliferasi, penghambatan siklus sel, induksi apoptosis dan diferensiasi, serta inhibisi angiogenesis. Semua fungsi tersebut bisa dibilang adalah ‘jurus spesial’ flavonoid untuk menghancurkan pertumbuhan kanker.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Sarang Semut, silakan kunjungi artikel: Sarang Semut Papua Mulai Hancurkan Kanker, Tumor, Benjolan Abnormal dalam Waktu 3 Bulan atau Kurang!

Baca juga:  Apa Penyebab Kanker Endometrium?

Noni Juice

Noni Juice adalah herbal yang terbuat dari sari buah Noni dan disebut-sebut sebagai minuman kesehatan terbaik di dunia. Popularitas herbal ini tidak lain berkat khasiatnya dalam penyembuhan beragam macam penyakit, dari yang ringan hingga yang berat seperti kanker endometrium.

Penelitian membuktikan bahwa kandungan damnachantal yang dimiliki Noni bisa menghambat reproduksi sel-sel kanker secara signifikan. Disamping itu, Noni Juice juga terbukti merangsang tubuh dalam memproduksi elemen-elemen pelawan kanker, seperti interleukin, nitrit oksida, interferon, lipopolisakarida, nekrosis tumor, serta sel-sel pembunuh kanker lainnya.

Untuk membaca selengkapnya mengenai khasiat Noni Juice untuk penyembuhan dampak kanker endometrium, silakan buka artikel: Noni Juice—Herbal Teruji Taklukan Darah Tinggi, Diabetes, Gangguan Jantung, dan Penyakit Lainnya!

Temu Putih

Berdasarkan penelitian yang sudah ada, Temu Putih (atau yang juga disebut Kunyit Putih) mengandung kurkumin yang bertindak sebagai anti kanker. Kurkumin mengganggu sejumlah jalur molekul vital yang terlibat dalam pertumbuhan serta perkembangan kanker. Tidak hanya itu, kurkumin juga dibuktikan mampu membunuh sel-sel kanker, mengecilkan ukuran kanker, dan memaksimalkan efek kemoterapi berdasarkan penelitian laboratorium.

Disamping itu terdapat juga kandungan Ribosome Inacting Protein (RIP) yang berperan sebagai penonaktif perkembangan sel-sel kanker, merontokkan sel-sel tersebut tanpa merusak jaringan di sekitarnya, serta menghambat pertumbuhan sel kanker.

Keterangan lebih lengkap seputar khasiat Temu Putih atau Kunyit Putih dapat Anda lihat di halaman aritkel: Kunyit Putih—Herbal Pengusir Kanker dan Tumor.

Meskipun ketiga pilihan herbal diatas sama-sama memiliki keunggulannya sendiri, akan tetapi dalam hal menekan ciri-ciri kanker endometrium agar tidak bertambah parah, maka pilihan yang lebih unggul adalah Sarang Semut. Tidak heran karena herbal ini memang paling dikenal dengan kemampuannya yang efektif dalam pengobatan kanker.

Selain efektif, herbal ini juga unggul dari segi kecepatan dibandingkan banyak herbal lain. Umumnya dalam waktu 1-3 bulan pertama setelah mengonsumsi Sarang Semut, seorang penderita kanker sudah mendapat tanda-tanda kesembuhan, bahkan tidak sedikit yang sudah merasa sembuh dalam tiga bulan pertama tersebut.

Apakah Anda sekarang merasa khawatir karena sudah merasakan ciri-ciri kanker endometrium seperti yang ditulis artikel ini? Atau mungkin Anda baru-baru ini telah divonis mengidap kanker? Wajar apabila Anda sedang kalut dan merasa takut bila memikirkan masa depan. Tetapi perlu ditekankan bahwa vonis kanker bukan akhir, justru itu adalah awal perjuangan Anda mengalahkan kanker!

Sekarang yang perlu Anda lakukan adalah berupaya tetap tenang dan jangan pernah menyerah. Carilah pengobatan kanker yang paling sesuai dengan keadaan Anda. Jika tubuh Anda masih baru menunjukkan gejala-gejala kanker endometrium, kemungkinan besar herbal dapat membantu mengatasi gejala-gejala tersebut dengan tuntas.