Apa Gejala Depresi?


By Fery Irawan

Depresi tidaklah sama dengan stres, sebenarnya tingkatan depresi bisa dikata lebih parah dan sudah masuk dalam kategori gangguan mental atau psikologis. Maka dari itu, depresi bisa jadi berbahaya jika terjadi terus-menerus atau berulang selama periode waktu tertentu. Bagaimana Anda dapat mengetahui gejala depresi dalam kehidupan Anda?

Gejala Depresi Umum

Ingatlah bahwa depresi memiliki gejala berulang yang terjadi setiap hari, bukan sesekali saja. Pada umumnya orang yang mengalami depresi seringkali merasa sedih, kehidupan tampak tidak bahagia, dan merasakan kehampaan. Ia juga dapat meluap-luap dalam kemarahan dan mudah sekali terpancing untuk marah, hal ini biasanya diikuti oleh perasaan frustasi – bahkan karena hal-hal kecil. Depresi juga dapat menghilangkan moment menyenangkan di saat melakukan aktivitas, seperti hubungan seksual. Gangguan ini dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas tidur yang memburuk.

Lama-kelamaan seseorang yang mengalami depresi akan kelelahan dan kekurangan energi yang akan menyulitkan dirinya sewaktu melakukan tugas sederhana. Beberapa orang yang depresi mengalami penurunan berat badan, tapi adapula yang mengalami peningkatan berat badan. Depresi merupakan kondisi yang tidak menyenangkan, sehingga penderitanya sering merasa cemas dan gelisah. Hal ini ditunjukan dengan perilaku meremas-remas tangan secara berlebihan, berjalan ‘mondar-mandir’, dan tidak dapat berdiam diri. Pergerakan tubuh dan pemikiran kian melambat.

Gejala depresi lainnya ialah timbul perasaan tidak berharga dan selalu menyalahkan diri sendiri. Penderitanya dihantui oleh kenangan buruk dari masa lalunya, ia tidak bisa menerima kegagalan dan selalu menyalahkan orang lain padahal itu bukan tanggung jawab orang tersebut. Hal ini membuatnya sulit untuk berkonsentrasi, membuat keputusan, atau mengingat sesuatu. Banyak orang yang mengalami depresi memiliki rencana untuk tindakan bunuh diri. Adapula yang merasakan sakit kepala atau sakit punggung tanpa penyebab yang jelas, sehingga sulit untuk dijelaskan atau ditangani.

Baca Juga:  Noni Juice: Obat Depresi Alami

Gejala Depresi Pada Anak-Anak

Waspada jika anak Anda tidak mau sekolah, hal ini dapat menandakan sesuatu – entah karena sang anak takut atau punya masalah lainnya. Pada anak-anak, gejala depresi dapat terlihat sewaktu ia selalu merasa sedih, terlalu khawatir, mudah marah, mengalami penurunan berat badan, merasa sakit atau nyeri. Perhatikan apakah ini berlangsung terus?

Gejala Depresi Pada Remaja

Hampir tak jauh berbeda dengan anak-anak, remaja yang mengalami depresi dapat merasa sedih, terlalu khawatir, mudah marah, mengalami penurunan berat badan, merasa sakit atau nyeri, merasa tidak berharga, sangat sensitif, kinerja yang buruk selama disekolah, menghindari interaksi sosial, menyalahgunakan obat-obatan tertentu, serta konsumsi alkohol berlebihan, cenderung menyakiti diri sendiri, dan kehilangan semangat untuk melakukan sesuatu.

Gejala Depresi Pada Orang Tua

Pada orang tua, depresi tak boleh dianggap ‘remeh’ – karena seringkali tidak terdeteksi dan sulit untuk disembuhkan. Gejala depresi dapat berupa kesulitan dalam mengingat, perubahan kepribadian, kelelahan, kehilangan nafsu makan, mengalami gannguan tidur, kehilangan gairah seksual, lebih senang berada di dalam rumah daripada bersosialisasi, dan sering berpikir untuk bunuh diri. Gejala depresi yang disebutkan mungkin tampak seperti problem biasa, namun sebenarnya ini bukan hal biasa jika sudah berpikir untuk mati saja. Maka Anda perlu memiliki pengamatan yang jeli.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}