Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Ilustrasi Obat Amlodipine Ilustrasi Obat Amlodipine

Amlodipine—Manfaat, Dosis Aman, dan Efek Sampingnya bagi Kesehatan

Amlodipine adalah obat penghambat saluran kalsium (calcium channel blocker) yang melebarkan pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah. Obat amlodipine seringkali dimanfaatkan untuk menangani nyeri dada akibat angina (angin duduk) serta berbagai kondisi lain yang disebabkan penyakit jantung koroner.

Selain itu, obat amlodipine juga diresepkan untuk mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi). Apabila darah tinggi dapat diatasi, maka risiko Anda untuk mengalami serangan jantung dan stroke juga akan berkurang.

Obat ini hanya boleh digunakan oleh orang dewasa dan anak di atas usia 6 tahun. Amlodipine biasanya hanya tersedia dalam bentuk obat tablet.

Aturan Pakai Amlodipine

Sebelum Anda mulai mengonsumsinya, ada sejumlah aturan pakai yang perlu diketahui. Anda sebaiknya jangan minum obat ini jika sebelumnya pernah mengalami alergi terhadap amlodipine.

Untuk memastikan apakah obat ini aman bagi Anda, beritahu dokter jika punya penyakit jantung atau masalah katup jantung yang disebut stenosis aorta.

Dosis aman amlodipine untuk dewasa adalah sekitar 5 mg sekali sehari, dan bagi anak usia 6 sampai 17 tahun adalah 2.5 – 5 mg sekali sehari.

Akan tetapi Anda harus mengikuti petunjuk dosis aman yang sudah diresepkan oleh dokter. Selain itu, Anda perlu mengikuti semua petunjuk yang tersedia pada label kemasan obat. Dokter Anda mungkin sewaktu-waktu dapat menyesuaikan dosis untuk memastikan Anda mendapatkan hasil pengobatan yang terbaik.

Jangan menggunakan obat ini melebihi atau mengurangi dosis aman amlodipine yang diresepkan dan dalam jangka waktu yang lebih lama dari yang direkomendasikan.

Obat ini harus digunakan sesuai resep dokter. Jangan melebihi atau mengurangi dosis atau menggunakan lebih lama dari jangka waktu yang sudah diresepkan.

Gejala nyeri dada Anda bisa jadi bertambah buruk pada saat baru mulai minum amlodipine atau ketika dosis ditambahkan. Hubung dokter jika nyeri dada yang dirasakan terasa berat atau tidak kunjung membaik.

Apabila Anda menggunakannya untuk obat darah tinggi, tetaplah minum obat ini meskipun sudah merasa lebih baik, karena tekanan darah tinggi seringkali tidak menimbulkan gejala-gejala. Bahkan Anda mungkin selalu membutuhkan obat darah tinggi seumur hidup Anda.

Obat amlodipine hanyalah sebagian dari program pengobatan yang terdiri dari diet, olahraga, pengendalian berat badan, dan pengobatan lain. Ikutilah program diet, pengobatan, dan rutin olahraga yang dianjurkan dokter secara saksama.

Efek Samping Amlodipine

Carilah pertolongan medis apabila Anda mengalami tanda-tanda alergi terhadap amlodipine: gatal-gata, kesulitan bernapas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Pada kasus yang jarang terjadi, ketika Anda baru mulai mengonsumsi obat ini, gejala angina yang dialami mungkin akan memburuk atau bahkan Anda bisa mengalami serangan jantung. Segera cari pertolongan medis atau hubungi dokter saat itu juga apabila Anda mengalami gejala-gejala tersebut, yakni antara lain: nyeri atau rasa tertekan di dada, nyeri menjalar ke rahang atau bahu, mual, dan berkeringat.

Juga periksakan ke dokter apabila Anda mengalami efek samping amlodipine seperti berikut:

  • Jantung berdetak kencang atau berdebar-debar
  • Nyeri dada yang semakin memburuk
  • Bengkak pada kaki atau pergelangan kaki
  • Sangat mengantuk
  • Pusing, seperti akan pingsan

Akan tetapi hanya sedikit orang yang mengalami gejala-gejala diatas, sebagian besar penggunanya mungkin hanya akan mengalami efek samping amlodipine ringan yang umum terjadi, seperti:

  • Pusing
  • Merasa lelah
  • Sakit perut, mual
  • Flushing (tubuh terasa hangat, kemeharan, atau ada perasaan geli)

Efek samping amlodipine bagi janin masih belum diketahui, oleh karena itu Anda sebaiknya beritahu ke dokter jika sedang hamil atau berencana untuk hamil.

Amlodipine dapat tersalurkan melalui ASI ke bayi. Anda sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi obat ini ketika sedang menyusui bayi.

Alternatif Herbal untuk Amlodipine

Obat medis sering menimbulkan efek samping bagi kesehatan, terutama jika dikonsumsi jangka panjang. Oleh sebab itu, cukup banyak orang yang mencari solusi alternatif misalnya dengan pengobatan jantung atau darah tinggi secara herbal. Kalau begitu, apakah ada herbal terbaik untuk dimanfaatkan sebagai alternatif obat amlodipine?

Ada banyak herbal yang dapat Anda gunakan untuk mengendalikan tekanan darah namun yang paling direkomendasikan adalah Noni juice karena sudah terbukti mengatasi darah tinggi. Bahkan herbal Noni juice bukan hanya efektif sebagai cara menurunkan darah tinggi, tetapi juga efektif dalam menjaga tekanan darah selalu stabil.

Jika rutin minum Noni juice, bukan tidak mungkin Anda akan menikmati kesehatan yang optimal bahkan jarang sakit! Kami menganjurkan Anda membaca artikel tentang obat darah tinggi alami berikut yang sangat cocok bagi Anda yang sedang berjuang menghadapi darah tinggi: Noni Juice—Obat Darah Tinggi Alami Taklukan Hipertensi Tanpa Ampun!

Noni juice juga ampuh membantu pengobatan penyakit jantung. Diketahui bahwa zat-zat scopoletin dalam Noni juice berkhasiat memperlebar dan melenturkan saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan atau penyumbatan serta membersihkan endapan yang menjadi penyebab hal tersebut.

Bila pembuluh darah menjadi lentur, tekanan darah menjadi normal kembali dan kerja jantung untuk memompa darah menjadi tidak begitu berat. Karena itu, banyak penderita gejala penyakit jantung yang melaporkan bahwa sesak nafas mereka hilang atau berkurang tidak lama setelah meminum Noni juice.

Bila penyumbatan pembuluh darah tidak segera ditanggulangi, maka akan mengkibatkan timbulnya berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), stroke, gangguan jantung, dan akhirnya menjadi penyakit jantung yang mengakibatkan kerusakan otot-otot jantung secara permanen sehingga tidak mendapatkan suplai darah dan oksigen yang cukup.

Silakan buka artikel “Noni Juice—Herbal Teruji Taklukan Berbagai Penyakit Berat!“ untuk membaca lebih lanjut seputar Noni juice.

Demikianlah ulasan artikel ini mengenai manfaat, dosis aman, dan efek samping penggunaan amlodipine. Ingatlah untuk selalu mengikuti petunjuk yang sudah diberikan dokter agar Anda tidak sampai direpotkan oleh efek samping yang tidak perlu.

addfriends en 130
PENTING: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami.

Log In or Register