Apa Ciri-Ciri Tumor Rahim?

830

Diedit:

Memang bukanlah hal mudah saat Anda mengidap penyakit berat yang ciri-cirinya tak begitu jelas. Ya, tumor rahim adalah salah satu dari jenis penyakit tersebut. Kebanyakan orang yang menderita tumor rahim seringkali tak menyadari ciri-ciri tumor rahim yang ada pada tubuh mereka.

Mengingat kategori dari penyakit ini adalah tumor non-kanker, ini berarti bahwa tumor jenis ini termasuk jinak. Namun, sekalipun jinak – Anda tetap harus mewaspadai kemungkinan terburuknya. Tumor rahim mungkin hanya menetap pada satu area di dalam rahim, atau bahkan berada di beberapa lokasi. Penyakit ini juga dapat seolah-olah hilang dan datang lagi.

Lalu, apa ciri-ciri tumor rahim? Adakah hal yang bisa diwaspadai sejak awal guna mencegah kondisi yang lebih serius lagi? Tentu ada, namun seringkali ciri-ciri yang diperlihatkan hampir serupa sama dengan penyakit lainnya. Misalnya, terjadinya pendarahan yang begitu banyak dan menyakitkan selama periode menstruasi. Hal ini tentu dapat menimbulkan komplikasi berupa kekurangan darah atau anemia.

Selain itu, Anda bisa jadi merasa penuh atau kembung yang diikuti dengan pembesaran perut di bagian bawah. Kebiasaan buang air kecil semakin sering terjadi diikuti dengan nyeri punggung bagian bawah – juga terasa saat berhubungan seks.

Pada kasus yang jarang terjadi, tumor rahim juga dikaitkan dengan kesanggupan reproduksi atau kesuburan penderitanya. Beberapa pendapat menyebutkan bahwa ini dapat mengganggu kehamilan ataupun proses persalinan. Hal yang dikhawatirkan ialah saat Anda sedang hamil namun mengidap tumor rahim, pada saat melahirkan ‘operasi caesar’ bisa jadi diterapkan.

Operasi ini 6 kali lipat lebih mungkin dialami dibandingkan kelahiran normal. Kelahiran prematur juga dapat terjadi apabila tumor berhasil merusak plasenta sebelum hari kelahiran, hal ini dapat menyebabkan sang jani kehilangan oksigen ataupun kematian, maka Anda perlu tetap waspada.

Baca juga:  Penebalan Dinding Rahim: Penyebab, Ciri-Ciri & Pantangan Makanan

Pemeriksaan medis yang rutin akan mencegah Anda dari kemungkinan buruk tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan secara fisik dan tes pencitraan dengan ultrasound (USG), MRI, sinar-X atau CT-scan. Pemeriksaan lain yang dapat dilakukan ialah hysterosalpingogram atau sonohysterogram dengan bantuan USG dan cairan khusus yang disuntikan kedalam rahim. Pembedahan bisa jadi dilakukan guna memastikan keberadaan tumor rahim, misalnya; laparaskopi yang dilakukan dengan menyayat lapisan kulit dekat pusar. Atau, histeroskopi yang dilakukan dengan memasukan sebuah alat dengan teleskop kecil melalui vagina.

Sebagai informasi tambahan mengenai ciri-ciri tumor rahim juga dapat berbeda-beda, bergantung pada jaringan mana yang diserang oleh tumor. Misalnya; submukosa fibroid yang terjadi di dalam rongga rahim. Intramural fibroid yang berada di lapisan dalam rahim atau subserorosa fibroid yang terdapat di luar rahim.

Bahkan, ada jenis tumor rahim yang tumbuh bergerombol di permukaan rahim atau melesak kedalam rongga rahim. Beberapa disebut pedunkula fibroid dan dapat berbentuk seperti jamur. Apapun jenisnya semua tumor yang ada dapat mengganggu kualitas hidup Anda. Jika Anda sudah berusia lebih dari 50 tahun – Anda juga perlu waspada.

Demikianlah penjelasan mengenai ciri-ciri tumor rahim. Semoga dengan membaca artikel ini Anda jadi bisa lebih waspada dan punya pengetahuan dalam mengenali tanda-tanda penyakit tumor. Namun tetap saja Anda mesti memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang bisa dipercaya.