5 Ciri-Ciri Kanker Rongga Mulut yang Mudah Dikenali

749

Diedit:

Menurut National Institute of Dental Craniofacial Research (NIDCR), lebih dari setengah dari para pengidap kanker rongga mulut di AS dapat bertahan hidup lebih dari 5 tahun. Data tersebut memperlihatkan bahwa jika kanker ini dideteksi sejak dini, kemungkinan berhasilnya pengobatan akan tinggi. Karena itu, penting bagi kita semua untuk mengetahui apa ciri-ciri kanker rongga mulut dari sejak awal perkembangannya.

Pemeriksaan rutin ke dokter gigi juga penting, karena dokter mungkin dapat melihat adanya tanda-tanda kanker rongga mulut selama ia memeriksakan kondisi kesehatan gigi Anda. Akan tetapi Anda tidak perlu menunggu sampai jadwal pemeriksaan gigi selanjutnya untuk memeriksakan kondisi kesehatan mulut bila sudah merasakan gejala-gejala yang aneh.

5 Ciri-Ciri Utama Kanker Rongga Mulut

Kanker rongga mulut dapat bertumbuh di bagian mana saja dalam mulut, termasuk bibir, lidah dan tenggorokan, serta kelenjar ludah, faring, laring, dan sinus. Karena deteksi dini sangat penting untuk mengatasi penyakit ini, Anda wajib menemui dokter jika diperhatikan ada gejala-gejala kanker mulut sebagai berikut:

  • Luka di mulut yang tidak sembuh-sembuh meski sudah berminggu-minggu
  • Benjolan di mulut yang sudah cukup lama dan tidak menghilang
  • Benjolan di kelenjar getah bening di leher yang tidak segera hilang
  • Rasa sakit atau kesulitan saat menelan (disfagia)
  • Perubahan pada suara atau kesulitan saat berbicara

Tanda-tanda kanker rongga mulut tersebut harus lebih diwaspadai lagi apabila Anda memiliki gaya hidup yang rawan kanker—misalnya merokok tembakau (jenis apapun) serta gemar mengonsumsi alkohol. Faktanya, Mouth Cancer Foundation melaporkan bahwa 90 persen pengidap kanker ini adalah perokok tembakau.

Selain itu, usia dan kebiasaan makan juga dapat memengaruhi risiko kanker. Kebanyakan kasus kanker rongga mulut dialami oleh mereka yang berusia di atas 40 tahun, dan memiliki pola makan dengan hanya sedikit buah serta sayur. Ingat juga bahwa sering terkena sinar matahari juga bisa menyebabkan kanker pada bibir. Dan beru-baru ini didapati ada kaitan antara kenaikan kasus kanker rongga mulut dengan HPV yang menural secara seksual (HPV 16).

Ciri-Ciri Kanker Rongga Mulut Lainnya

Selain kelima ciri-ciri kanker rongga mulut di atas, masih ada beberapa ciri lain yang mungkin akan muncul pada saat kanker sudah berkembang di dalam rongga mulut Anda. Sejumlah gejala-gejala kanker rongga mulut lain yang perlu Anda perhatikan juga adalah:

  • Perdarahan atau mati rasa pada mulut
  • Penurunan berat badan tanpa penyebab yang jelas
  • Gigi menjadi longgar tanpa penyebab yang jelas, atau lubang di gusi yang tidak sembuh-sembuh
  • Bercak merah atau putih pada lapisan mulut—ini adalah gejala yang umum dialami dan sangat jarang menandakan adanya kanker
  • Susah menggerakkan rahang
Baca juga:  Kenali Gejala Kanker Rongga Mulut dan Pilihan Pengobatan Herbal Terbaiknya

Banyak dari antara tanda-tanda kanker rongga mulut di atas sebenarnya bisa juga disebabkan oleh penyakit lain yang tidak seserius kanker, misalnya karena infeksi ringan pada mulut. Akan tetapi lebih baik cepat memeriksakan meski akhirnya itu bukan kanker, daripada membiarkan gejala-gejala ini begitu saja. Jika dibiarkan bisa saja gejala tersebut akan bertambah parah, atau parahnya lagi, ternyata memang adalah tanda-tanda kanker!

Segera temui dokter atau dokter gigi jika Anda mengalami ciri-ciri kanker rongga mulut seperti dijelaskan artikel ini, terlebih jika sudah dialami selama lebih dari 2 minggu, untuk diselidiki penyebabnya serta agar bisa secepatnya ditangani.

Jika Anda khawatir kalau-kalau nanti kanker rongga mulut, lakukanlah pencegahan! Anda wajib menjaga kebersihan mulut setiap hari untuk mencegah kerusakan gigi serta penyakit gusi—rajin sikat gigi, dan jangan lupa sikat juga bagian lidah.

Yang juga tidak kalah penting adalah menghentikan kebiasaan merokok, mengurangi konsumsi alkohol, serta mengurangi paparan sinar matahari. Dengan melakukan tindakah pencegahan, Anda bisa secara signifikan menurunkan risiko mengembangkan kanker rongga mulut.

Dan yang terakhir, jadwalkanlah pemeriksaan gigi secara teratur, minimal setahun sekali. Dokter gigi mungkin dapat mendeteksi gejala-gejala kanker rongga mulut selama pemeriksaan. Jika kanker dideteksi masih dalam tahap awal perkembangannya, kemungkinan besar Anda belum perlu menjalani proses pengobatan atau pembedahan yang menyakitkan karena kanker masih lebih mudah dihilangkan.

Beberapa orang yang khawatir akan ciri-ciri kanker rongga mulut memilih untuk mengonsumsi herbal anti kanker sebagai langkah cepat untuk mencegah agar gejalanya tidak berkembang menjadi semakin parah. Jika Anda mempertimbangkan langkah ini juga, sebaiknya pilihlah herbal yang benar-benar bermanfaat dalam penyembuhan kanker.

Pilihan Herbal Asli Indonesia Terbaik untuk Kanker Rongga Mulut

Apabila Anda mencari herbal yang efektif untuk menumpas pertumbuhan kanker rongga mulut, berikut disediakan informasi mengenai 3 pilihan herbal anti kanker yang dapat Anda pertimbangkan, yaitu Sarang Semut, Noni Juice, dan Temu Putih.

Sarang Semut

Ini adalah salah satu herbal yang paling sering direkomendasikan untuk pengobatan kanker. Dan memang herbal ini sudah terbukti secara empiris (berdasarkan pengalaman) bermanfaat untuk membantu menumpas pertumbuhan sel-sel kanker.

Riset ilmiah menunjukkan bahwa Sarang Semut mengandung senyawa-senyawa semacam flavonoid, polifenol, dan tokoferol yang diduga kuat berperan dalam penyembuhan kanker. Diungkapkan bahwa flavonoid memiliki mekanisme kerja antiproliferasi—berguna dalam mendeteksi dan menghambat pertumbuhan sel kanker yang sangat cepat. Mekanisme lainnya ialah induksi apoptosis yang mendorong sel-sel kanker melakukan bunuh diri.

Senyawa polifenol bertindak sebagai penangkal radikal bebas dengan cara melindungi DNA yang berpotensi menjadi pemicu kanker. Sedangkan senyawa tokoferol berperan sebagai peredam radikal bebas yang sangat ampuh. Diketahui bahwa Sarang Semut mengandung tokoferol yang sanggup meredam radikal bebas hampir mencapai 100%.

Baca juga:  Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Kanker Rongga Mulut

Untuk membaca lebih lanjut mengenai khasiat Sarang Semut dalam menumpas pertumbuhan kanker, silakan buka artikel: Sarang Semut Papua Mulai Hancurkan Kanker, Tumor, Benjolan Abnormal dalam Waktu 3 Bulan atau Kurang!

Noni Juice

Noni Juice juga adalah herbal yang memiliki kemampuan anti kanker. Herbal ini mengandung senyawa yang bermanfaat untuk mengatasi gejala-gejala kanker rongga mulut. Misalnya saja senyawa unik terpenoid, scopoletin, serta damnachantal yang bertindak untuk menjaga pertumbuhan sel-sel sehat agar tetap normal dan aktif menjalani fungsinya masing-masing.

Noni juga memicu tubuh agar terus memproduksi senaywa anti kanker alami lain semacam nitrit oksida, interleukin, interferon, faktor nekrosis tumor, dan lipopolisakarida demi membantu tubuh dalam perlawanannya untuk menumpas pertumbuhan kanker dari sejak awal.

Selain itu, herbal ini juga mengandung proseronin yang adalah salah satu bahan baku pembentuk seronin. Seronin merupakan sejenis senyawa protein yang bermanfaat untuk mengontrol proses pertumbuhan serta regenerasi sel-sel supaya tetap bekerja sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu seronin diperlukan tubuh untuk membanut meminimalkan perkembangan sel-sel kanker secara signifikan.

Untuk membaca lebih lengkap seputar manfaat Noni Juice untuk pemulihan ciri-ciri kanker rongga mulut, silakan kunjungi artikel: Noni Juice—Herbal Teruji Taklukan Darah Tinggi, Diabetes, Gangguan Jantung, dan Penyakit Lainnya!

Temu Putih

Penelitian memperlihatkan bahwa herbal Kunyit Putih (atau yang juga dikenal sebagai Temu Putih) mengandung zat Ribosome Inactivating Protein (RIP). Di dalam tubuh, zat RIP akan menempel ke sel-sel tubuh yang mengalami mutasi berkembang menjadi sel kanker.

Kemudian zat RIP membuat sel-sel tersebut tidak lagi sangup berkembang biak. Sehingga sel-sel tersebut tidak sanggup memperbanyak diri sebelum habis batas umurnya. Dapat disimpulkan bahwa cara kerja herbal ini dalam mengatasi tanda-tanda kanker rongga mulut kemungkinan adalah dengan membuat sel-sel kanker menjadi mandul atau tidak sanggup berkembang biak.

Untuk membaca lebih lanjut tentang manfaat Kunyit Putih sebagai anti kanker, silakan buka artikel: Kunyit Putih—Herbal Pengusir Kanker dan Tumor.

Anda bisa memanfaatkan pilihan herbal yang tersedia sebagai langkah cepat untuk menangani gejala-gejala kanker rongga mulut yang mulai Anda rasakan. Jika Anda inign memilih herbal yang paling sering digunakan dalam pengobatan kanker, maka pilihannya adalah Sarang Semut. Herbal ini paling unggul dari segi empiris (berdasarkan pengalaman) dibandingkan dengan kedua pilihan lainnya.

Dari pengakuan para penggunanya, Sarang Semut seringkali sudah mampu menunjukkan reaksi penyembuhannya sejak 1-3 bulan pertama bila dikonsumsi secara rutin. Bahkan dalam 3 bulan tersebut ada juga yang mengaku sudah merasa sembuh dari gejala penyakit kanker yang dideritanya.

Hal yang wajar jika Anda merasa khawatir karena merasakan keberadaan ciri-ciri kanker rongga mulut di tubuh Anda. Beberapa orang memutuskan untuk bertindak cepat dengan menggunakan herbal anti kanker untuk menghambat perkembangan gejala-gejalanya, sebaliknya daripada terus-menerus merasa cemas.

Bagaimana jika sudah terlanjur divonis mengidap kanker oleh dokter? Anda sebaiknya berupaya tenang dan tetap semangat dalam perjuangan mengalahkan kanker ini. Carilah pengobatan kanker rongga mulut, secara konvensional maupun alternatif, yang paling sesuai dengan keadaan Anda.

Advertisement
Alinesia