5 Ciri-Ciri Kanker Rahim yang Paling Mudah Dikenali

581
ciri-ciri kanker rahim
(Credit: Eva-Katalin / iStock)

Diedit:

Menurut hasil laporan dari National Institute of Allergy and Infectious Disease, kebanyakan wanita tidak merasakan adanya ciri-ciri kanker rahim secara spesifik pada saat pertama kali mereka mengidapnya. Keadaan ini terjadi pada tahap displasia atau pra-kanker hingga mencapai stadium awal, tidak ada keluhan yang dirasa dan seolah-olah kondisi tubuh mereka baik-baik saja.

Saat seseorang mencurigai adanya perubahan dalam diri mereka, barulah mereka pergi memeriksakan dirinya kepada dokter, namun saat diperiksa biasanya kanker rahim sudah mencapai tingkat yang lebih tinggi dan dikhawatirkan sudah menyebar ke rongga panggul. Sebab itu, Anda mesti mengetahui cara mengenali gejala-gejala kanker rahim dari sejak awal kemunculannya.

5 Ciri-Ciri Utama Kanker Rahim

Memang pada saat sel-sel di rahim mulai bermutasi berubah menjadi abnormal, jarang sekali ada gejala-gejala yang dirasakan. Akan tetapi Anda mungkin akan merasakan tanda-tanda ketika sel-sel tersebut telah bertumbuh menjadi sel kanker rahim. Berikut adalah ciri-ciri kanker rahim yang perlu diwaspadai:

  • Perdarahan dari vagina yang tidak normal. Seperti perdarahan di luar periode menstruasi, setelah berhubungan seksual, atau setelah menopause.
  • Perdarahan menstruasi yang lebih banyak dan lebih sakit daripada biasanya.
  • Nyeri di perut bagian bawah atau panggul (pangkal paha).
  • Nyeri pada saat berhubungan seksual.
  • Nyeri di punggung, kaki, atau panggul.

Perdarahan dari vagina adalah keluhan yang sangat umum dialami banyak wanita serta dapat disebabkan oleh banyak hal selain kanker. Akan tetapi gejala perdarahan ini tetaplah gejala yang perlu Anda periksakan ke dokter.

Ciri-Ciri Kanker Rahim Lainnya

Apabila kanker rahim sudah mencapai stadium yang lebih tinggi, maka akan timbul gejala-gejala kanker rahim seperti berikut ini:

  • Kehilangan selera makan
  • Kelelahan
  • Merasa mual

Apabila Anda merasakan ciri-ciri kanker rahim seperti yang dideskripsikan artikel ini, terutama jika dialami dalam waktu bersamaan atau dalam waktu cukup lama, sebaiknya temuilah dokter yang terpercaya untuk memastikan penyebabnya serta agar bisa ditangani secepat mungkin.

Baca juga:  Kanker Rahim

Jika Anda merasakan adanya gejala-gejala kanker rahim pada tubuh, segera lakukan pemeriksaan dokter dengan metode Pap smear. Janganlah menunda hingga Anda merasa sakit. Keluarnya cairan yang tidak normal seperti keputihan ataupun keluarnya darah dapat disalah-artikan sebagai gejala menstruasi biasa, namun jika ini disertai dengan bau busuk atau amis yang menyengat, Anda perlu waspada.

Anda juga perlu melihat rentang waktu terjadinya beberapa gejala tersebut. Apakah memang waktu menstruasi atau datangnya keputihan selalu seperti itu atau ini kali pertama Anda mengalaminya. Ya, mengetahui ciri-ciri kanker rahim sejak dini akan membantu Anda meningkatkan kewaspadaan terhadap serangannya.

Jika kanker dideteksi masih dalam tahap awal perkembangannya, kemungkinan besar Anda belum perlu menjalani proses pengobatan atau pembedahan yang menyakitkan karena kanker masih lebih mudah dihilangkan. Herbal pun dapat dimanfaatkan untuk mencegah agar gejala-gejala kanker rahim tidak bertambah parah.

Pilihan Herbal Asli Indonesia Terbaik untuk Kanker Rahim

Bagi Anda yang mencari herbal untuk membantu menumpas perkembangan tanda-tanda kanker rahim dari sedini mungkin, maka ada baiknya Anda memilih herbal yang benar-benar bermanfaat dan tepat peruntukannya. Berikut ini akan dijelaskan 3 pilihan herbal penumpas kanker terbaik yang telah dibuktikan kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

  • Sarang Semut

    Herbal ini telah banyak dikenal khasiat anti kanker yang dipunyainya. Kunci Sarang Semut dalam mengatasi kanker kemungkinan besar terletak pada kandungan-kandungan senyawa aktif yang dimilikinya. Salah satunya ialah senyawa flavonoid yang mempunyai sejumlah mekanisme kerja yang boleh dibilang ‘jurus ampuh’ untuk memberantas perkembangan sel-sel kanker.

    Contohnya adalah mekanisme inhibisi angiogenesi yang bekerja bersama mekanisme penghambatan siklus sel kanker. Inhibisi angiogenesis adalah mekanisme kerja untuk menghambat pembentukan pembuluh darah yang mengirimkan makanan/nutrisi menuju sel-sel kanker.

    Bila sel-sel kanker tidak mendapat kiriman makanan, lama-kelamaan mereka akan mati. Dan mekanisme penghambatan siklus sel kanker bekerja dengan menghambat siklus pembelahan sel-sel kanker supaya perkembangannya bisa ditekan semaksimal mungkin.

  • Noni Juice

    Penelitian oleh Dr. Judah Folkman dari Harvard University mengungkapkan bahwa Noni bekerja secara sinergis bersama mikonutrien lain dalam menghambat aliran darah menuju sel-sel kanker sehingga sel-sel tersebut tidak mendapat asupan makanan untuk tetap hidup.

    Di samping itu, peneliti lain membuktikan bahwa Noni Juice berguna merangsang tubuh untuk memproduksi elemen-elemen tubuh pelawa kanker, semacam nitrit oksida, interferon, interleukin, lipopolisakarida, dan sel-sel pembunuh kanker lainnya.

  • Temu Putih

    Penelitian mengungkapkan bahwa herbal Temu Putih (atau yang juga dikenal sebagai Kunyit Putih) mengandung zat RIP (Ribosome Inactivating Protein). Zat ini jika berada di dalam tubuh maka akan menempelkan diri ke sel-sel tubuh yang mengalami mutasi berkembang menjadi sel abnormal atau kanker.

    Lalu zat RIP mengakibatkan sel-sel tersebut tidak sanggup lagi untuk berkembang biak. Sehingga sel-sel tersebut tidak dapat memperbanyak diri sebelum habis batas usianya. Karena itulah kemampuan herbal Temu Putih dalam menghambat perkembangan tanda-tanda kanker rahim bukanlah dengan memusnahkan sel-sel kanker, tetapi dengan memicu agar sel-sel tersebut menjadi mandul.

Meskipun ketiga pilihan herbal di atas sama-sama memiliki khasiat obat kanker rahim, tetapi jika ditinjau dari segi empiris (pengalaman pengguna), yang diketahui lebih efektif untuk terbebas dari tanda-tanda kanker rahim adalah herbal Sarang Semut.

Bukan hanya efektif, Sarang Semut juga patut dicoba karena lebih cepat menumpas kanker bila dibandingkan dengan herbal anti kanker lainnya. Seringkali dalam waktu 1-3 bula konsumsi rutin, seorang penderita kanker sudah dapat merasakan tanda-tanda perbaikan, bahkan ada yang merasa pulih dari gejala-gejala kanker hanya dalam waktu 3 bulan tersebut.

Hal yang wajar apabila Anda merasa khawatir karena merasakan keberadaan ciri-ciri kanker rahim di tubuh Anda. Tetapi daripada terus-menerus cemas, beberapa orang memutuskan untuk mengupayakan langkah cepat dengan menggunakan herbal anti kanker untuk menghambat perkembangan gejala-gejalanya.

Bagaimana jika sudah terlanjur divonis mengidap kanker oleh dokter? Anda sebaiknya berusaha tenang dan yakinkan diri Anda untuk pantang menyerah dalam perjuangan mengalahkan kanker ini. Carilah pengobatan kanker rahim, secara konvensional maupun alternatif, yang paling sesuai dengan keadaan Anda.

Advertisement
Alinesia