Akibat Merokok Dibalik Gaya Hidup

679

Akibat merokok harus dipikirkan, jangan hanya memikirkan tentang gaya hidup saja. Ya, memang banyak orang berpendapat jika merokok itu merupakan sebuah gaya hidup, tidak merokok maka tidak gaya, atau bahkan orang-orang sering menyebutnya dengan tidak gaul. Bahkan parahnya sekarang anak-anak sekolah juga sudah mulai merokok karena “tren” tersebut.

Sebenarnya, para perokok tersebut sudah mengerti mengenai akibat merokok bagi kesehatan mereka. Namun kebanyakan tidak peduli sehingga terlambat menyadari akibat buruknya bagi tubuh mereka. Merokok memang menyebabkan kecanduan, padahal awalnya hanya coba-coba saja, hingga akhirnya sulit untuk berhenti. Selain itu, merokok juga menghabiskan uang yang tidak sedikit. Mengenai akibat merokok lebih jauh, mari baca selengkapnya.

Merokok Setelah Makan

Akibat merokok setelah makan juga dapat Anda rasakan. Seringkali orang-orang melakukan ini, tanpa memikirkan konsekuensi pada tubuh mereka. Para perokok aktif memang susah meninggalkan kebiasaan buruk yang satu ini. Disebutkan oleh Lanre Alege, seorang apoteker Nigeria, bahwa seorang perokok aktif yang merokok setelah makan, akan merasakan akibat merokok negatif sama dengan orang tersebut merokok hingga sepuluh batang.

Memang nikmat, namun bahayanya juga berkali lipat. Kondisi tersebut beralasan, karena peredaran darah di saluran pencernaan seseorang sesudah makan akan meningkat, efeknya sejumlah besar kandungan di rokok yang sifatnya negatif pun akan ikut diserap oleh tubuh. Akibat merokok sesudah makan pun akan dirasakan, mulai dari kerusakan hati, pembuluh darah jantung, otak besar, dan juga beragam jenis penyakit.

Tips Sederhana Menghindari Akibat Merokok

Untuk menghindari akibat merokok yang negatif setelah makan, maka Anda dapat mencoba beberapa tips di bawah ini:

  • Mengobrol: Anda bisa menghindari akibat merokok sesudah makan dengan mengobrol. Dengan mengobrol, otomatis Anda lupa untuk merokok. Pastinya jangan mengambil topik tentang rokok, jika tidak, itu akan sia-sia. Paling tidak dengan mengobrol, Anda bisa lupa akan rokok untuk sementara waktu.
  • Makan di ruang ber-AC: Cara kedua dengan makan pada ruangan yang ber-AC. Ruang ber-AC tidak memperbolehkan Anda untuk merokok. Dengan begitu, dorongan merokok pun akan tertekan, sehingga akibat merokok yang negatif bisa dihindari.

Akibat Merokok bagi Organ Tubuh

Zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok itu dapat memiliki efek pada organ tubuh Anda. Organ yang paling merasakan dampak negatif dari merokok adalah organ jantung. Saat seseorang menghisap rokok terus-menerus, terjadi penyempitan dan pengerasan di pembuluh darahnya, jantung pun akan bekerja dengan keras untuk mengalirkan darah menuju seluruh tubuh. Karena itu serangan jantung sering terjadi pada perokok berat secara tiba-tiba.

Akibat merokok juga akan terasa pada organ paru-paru. Paru-paru merupakan organ yang sudah pasti akan mengalami kerusakan jika seseorang aktif merokok, apalagi yang menghabiskan hingga beberapa pak dalam satu hari. Terdapat dua jenis penyakit yang paling sering diderita para perokok aktif, yaitu bronkitis dan pneumonia. Jika sudah terkena, maka penyakit ini akan semakin parah dari waktu ke waktunya. Ini merupakan akibat merokok yang cukup menakutkan.

Akibat merokok yang berikutnya adalah efeknya ke organ mata. Kebutaan permanen atau degenerasi makula adalah salah satu akibat merokok paling buruk bagi organ penglihatan seseorang. Apalagi untuk orang yang selalu merokok setiap kali melakukan aktivitas mereka. Jika Anda masih sayang pada penglihatan Anda, maka berhentilah merokok mulai dari sekarang.

Juga pada organ ginjal, kanker ginjal mengincar para perokok aktif. Ini merupakan dampak merokok terburuk ke organ ginjal seseorang. Sebenarnya selain pengaruh pada kesehatan organ tubuh, merokok juga dapat menyebabkan penyakit seperti penyakit diabetes, kanker mulut, impotensi, disfungsi ereksi, kemandulan, dan gangguan kesehatan gigi.

Akibat Merokok pada Kecantikan

Sekarang banyak wanita yang tidak ingin kalah dari pria dan mencoba merokok. Padahal dibalik itu semua, ternyata merokok memiliki efek buruk untuk kecantikan. Akibat merokok yang pertama yaitu kulit akan lebih cepat keriput. Merokok bisa mengakibatkan terjadinya penuaan dini ke kulit, itu karena protein kulit yang rusak, dimana protein tersebut memiliki fungsi dalam menjaga elastisitas kulit. Selain itu rokok juga bisa mengakibatkan vitamin A menjadi terkikis dan aliran darah terhambat. Keriput yang paling tampak akibat merokok yaitu pada daerah mata dan daerah bibir.

Selain keriput, akibat merokok yang berikutnya adalah munculnya bercak. Itu karena penyakit sejenis kanker yang akan terjadi pada kulit seorang perokok. Nama penyakit ini adalah cutaneus squamus cell. Merokok memang tak mengakibatkan melanoma, namun merokok bisa menjadi penyebab kemungkinan kematian yang meningkat karena penyakit tersebut, jadi Anda harus berhati-hati.

Mulai sekarang berupayalah untuk berhenti merokok. Sekedar tips, Anda dapat mencoba menggantikan rokok dengan permen karet. Seiring waktu Anda akan bisa menghentikan kebiasaan buruk ini, dan akibat merokok yang bersifat negatif pun akan bisa dihindari.