Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Pengobatan Tradisional Asma Pengobatan Tradisional Asma

8 Pengobatan Tradisional Terbaik Untuk Atasi Asma

Anda yang memiliki asma bisa jadi cukup tersisa oleh masalah hipersensitif sistem pernapasan Anda terhadap berbagai rangsangan. Ini mengakibatkan batasan dalam ruang gerak mengingat Anda harus berhati-hati saat beraktivitas fisik karena tubuh penderita asma tidak boleh terlalu lelah. Penderita asma juga kadang harus berhati-hati dengan sejumlah jenis makanan, paparan udara dingin bahkan juga stress.

Sebenarnya, asma bukan tidak bisa diatasi. Anda bisa melakukan pengobatan tradisional yang sehat dan aman untuk atasi asma. Karena sejumlah herbal memiliki khasiat untuk membantu mengatasi asma. Bahkan beberapa herbal sebenarnya dengan mudah bisa Anda temukan di dapur rumah Anda sendiri. Apa saja sebenarnya bahan herbal yang bisa Anda manfaatkan sebagai pengobatan tradisional untuk atasi asma?

Oregano

Oregano mengandung kemampuan ganda, yakni bekerja sebagai anti inflamasidan sebagai stimulan keseimbangan hormonal. Fungsi kedua ini pada akhirnya akan bermuara pada pemulihan dan regulasi sistem pencernaan, jadi memang akan ada kaitan natara oregano dan masalah alergi.

Di sisi lain sejumlah senyawa di dalamnya ternyata juga bekerja pada sistem pernapasan. Terpenes, misalkan yang terbukti klinis membantu mengatasi masalah sensitivitas pada paru-paru. Dan quercetin yang bekerja membersihkan paru-paru.

Anda bisa menambahkan setidaknya 1 – 2 cangkir teh oregano untuk perawatan harian asma Anda. Dalam beberapa pekan Anda akan berhasil atasi asma yang mengganggu Anda selama ini.

Ginkgo biloba

Ada kaitan erat antara alergi dengan gejala pembengkakan dengan asupan herbal yang bekerja sebagai pelancar aliran darah, termasuk di antaranya adalah ginkgo biloba. Karena ketika asma Anda kambuh, sebenarnya batang tenggorokan Anda menyempit akibat pembengkakan pada dinding batang tenggorokan. Pembengkakan ini adalah akibat dari ulah histamin yang mendorong pengendapan darah pada area bengkak.

Dengan ginkgo biloba, aliran darah akan kembali lancar hingga mendorong darah keluar dari area pembengkakan. Lambat laun pembengkakan mengecil dan saluran batang tenggorokan Anda kembali terasa lega.

Dalam salah satu riset the Journal of Huazhong University of Science and Technology (Medical Sciences) 2007 dikatakan bahwa ginkgo biloba memberi manfaat baik untuk mengatasi alergi dengan efektif.

Jahe

Kemampuan jahe dalam membantu memberi rasa hangat ternyata juga bekerja sama baiknya dengan ginkgo biloba yang bekerja mendorong lancarnya sirkulasi darah. Ini membuat jahe bisa berperan untuk mengecilkan pembengkakan dengan segera.

Rasa hangat yang dihasilkan oleh jahe sendiri juga efektif memberi stimulan positif terhadap sel receptor. Ini membuat sejumlah keluhan alergi karena dingin bisa segera diatasi dan dihilangkan.

Selain itu, menurut the American Thoracic Society 2013 International Conference, sejumlah kandungan dalam jahe bekerja meredakan ketegangan saraf dan otot. Sementara masalah ketegangan ini lazim terjadi pada mereka yang mengalami serangan asma yang membuat pernapasan terasa sesak dan berat.

Bawang putih

Coba rebus beberapa siung bawang putih mentah dan minum air rebusannya dengan kontinyu untuk kita lihat dengan tepat bagaimana hasilnya. Anda akan menemukan tubuh Anda lebih bugar dan keluhan asma Anda memudar.

Ini karena kandungan allisin yang terbukti bekerja sebagai anti inflamasi. Kemampuannya yang terbilang agresif menyebabkan sel –sel dalam sistem kinerja paru-paru dan pernapasan lebih bersih dan mampu bereaksi positif terhadap asma.

Sulfur dalam bawang putih juga bekerja mengendalikan sell receptor yang hipersensitif dan mendorong munculnya efek gatal dan sesak pada batang tenggorokan penderita asma.

Batang sereh

Sereh juga lazim digunakan dalam pengobatan tradisional untuk atasi asma. Sifatnya sangat efektif memberi efek melegakan pernapasan dan mengatasi rasa gatal pada tenggorokan, gejala yang juga lazim terjadi pada penderita asma. Jadi mengkonsumsi sereh setiap hari akan sangat efektif mengatasi keluhan pada saat rasa tidak nyaman muncul pada penderita asma.

Dalam sereh juga ditemukan agen anti inflamasi, dan pendorong imunitas. Kandungan vitamin C di dalamnya cukup tinggi dengan sejumlah senyawa unik yang bekerja memperbaiki kinerja imunitas yang tidak normal.

Pada kebanyakan orang sereh digunakan dengan merebus daun sereh berikut batang putihnya bersama air untuk kemudian diminum hasil air rebusannya. Namun kita tentu juga lazim mengkonsumsi beragam jenis sajian makanan yang sudah ditambahkan sereh. Manfaat dari sereh juga bisa kita dapatkan dari sana.

Kunyit

Kunyitterbukti memiliki kemampuan anti inflamasi yang bekerja sangat efektif mengatasi pembengkakan yang muncul saat asma kambuh. Berkat kunyitpula sel-sel dinding batang tenggorokan mulai tidak terlalu hipersensitif karena kini terpengaruh oleh stimulan dari curcumin dan turmerik dari kunyit.

Kunyit sendiri memiliki sifat menguatkan dinding organ termasuk paru-paru sehingga tidak terlalu sensitif terhadap rangsangan. Juga memberi semacam efek anti histamin alami yang akan bekerja dalam jangka pendek.

Kunyit bisa Anda tambahkan dalam diet dengan menjadikannya semacam minuman hangat yang ditambahkan madu. Tambahkan sedikit cengkeh untuk memberi rasa hangat sehingga juga efektif melegakan tenggorokan.

Yoghurt

Segala jenis minuman fermentasi susu termasuk pula kefir ternyata baik untuk penderita asma. Sifat susu fermentasinya membuat yoghurt bekerja sangat efektif mendorong daya tahan tubuh. Kandungan zinkdi dalamnya memberi kekuatan pada sel sehigga menurunkan hipersensitif dari sel-sel termasuk pada batang tenggorokan dan pada paru-paru.

Yoghurt juga membantu mengatasi gejala inflamasi yang biasa muncul pada pasien asma. Baik itu sebagai reaksi alergi maupun akibat dari pembengkakan dan sesak yang berkepanjangan.

Noni Juice

Satu lagi jenis buah yang terbukti efektif membantu atasi asma dengan efektif. Noni yang dikenal sebagai buah dengan aroma tajamnya ini mengandung terpenoid yang baik untuk mengatasi pembengkakan pada batang tenggorokan. Memberi efek anti histamin alami dalam jangka pendek.

Selain itu, Noni Juicemengandung banyak elemen sekaligus baik itu flavonoid, quercetion, anthraquinon dan vitamin C serta zinkyang kesemuanya akan bekerja menstimulasi imunitas dan meregulasi sistem daya tahan tubuh kembali normal. Sebuah terapi efektif yang sekaligus juga mengarah langsung pada sel-sel pada pernapasan untuk bersih dan kuat sehingga tidak lagi hipersensitif terhadap serangan ransangan alergi.

Noni Juicejuga ditemukan memiliki kemampuan meredakan rasa tegang pada otot dan syaraf sehingga baik untuk menurunkan ketegangan pada area tenggorokan, hal yang juga lazim terjadi pada penderita asma.

Bagaimana menurut Anda, ternyata tidak sulit bukan mengatasi asma? Yang Anda perlukan hanya ketekunan untuk menjalankan pengobatan tradisional untuk dapat atasi asma. Tentu saja dengan pengobatan tradisional, Anda tidak bisa mengharapkan penyembuhan seketika, melainkan penyembuhan yang berjalan perlahan dan bertahap dengan pengobatan yang dilakukan terus menerus dalam beberapa pekan.

FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram

Log In or Register