7 Tanda-Tanda Kehamilan

503

Diedit:

Mungkin Anda sudah beberapa minggu terlambat datang bulan dan merasa ada yang tidak beres dengan tubuh Anda. Apakah ada petunjuk lain tanda-tanda kehamilan selain telat haid? Ya, dan tanda-tandanya cukup banyak. Artikel ini akan membahas mengenai beberapa tanda awal kehamilan untuk mempersiapkan Anda sebelum menjalani tes kehamilan.

Beberapa wanita menyadari adanya perubahan pada tingkat energi, suasana hati, dan keanehan di payudara mereka—mirip seperti gejala PMS. Tanda-tanda lain mungkin datang secara tiba-tiba, misalnya kehilangan kesadaran, kepekaan penciuman, atau harus sebentar-sebentar ke kamar mandi. Perubahan hormon akibat kehamilan bisa Anda rasakan, bahkan sebelum Anda menjalani tes kehamilan.

1Nyeri Payudara. Salah satu tanda tanda kehamilan yang muncul pertama. Payudara dapat terasa lebih berisi dan berat. Anda mungkin melihat daerah sekitar puting semakin besar dan gelap. Kebanyakan tanda awal kehamilan, termasuk nyeri payudara, berkaitan dengan peningkatan hormon progesteron. Untuk mengatasi ketidaknyamanan, kenakanlah bra yang nyaman khususnya saat berolahraga.

2Kelelahan Berlebih. Wanita yang sebelumnya tidak pernah butuh tidur siang bisa mendadak merasa butuh tidur siang selama masa awal kehamilan. Pemicunya adalah kenaikan progesteron yang membuat Anda amat lelah. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan tidur lebih awal, dan cari-cari kesempatan untuk tidur sebentar.

3Suasana Hati yang Naik-Turun. Perubahan hormon yang mengakibatkan seorang wanita emosional selama menstruasi juga terjadi pada awal kehamilan. Ditambah lagi, setelah mengetahui Anda hamil, Anda kemungkinan akan ditimpa banyak pikiran “menjadi orangtua”—Ini bisa menimbulkan stres tambahan. Bahkan orang yang merencanakan matang-matang pun tetap merasa khawatir dan takut saat mendengar kabar kehamilan. Kelelahan dan rasa lapar bisa memperparah suasana hati, jadi carilah waktu untuk istirahat dan sediakan sedikit snack untuk sepanjang hari.

Baca juga:  Tips Praktis Menghadapi 7 Keluhan Kehamilan

4Mual dan Muntah. Biasanya ibu hamil baru mulai sering mual ketika kehamilan mencapai 7-9 minggu, tapi itu juga bisa dimulai dari awal kehamilan. Makanan kaya protein dalam jumlah kecil namun sering dapat membantu meredakan ketidaknyamanan perut. Juga, jaga diri tetap terhidrasi dengan minum banyak cairan.

5Enek dengan Makanan Tertentu. Tidak sanggup mencium bau masakan tertentu yang biasanya tidak masalah? Itu bisa jadi tanda-tanda kehamilan. Ada wanita yang mengalami enek terhadap bau sebagai tanda awal kehamilannya. Sedangkan yang lainnya mungkin merasa enek saat memakan masakan yang sebelumnya biasa dimakan.

6Jadi Beser. Ginjal Anda harus mengolah lebih banyak urin selama kehamilan. Dan, rahim yang semakin membesar memberikan tekanan kepada kandung kemih. Kedua hal tadi mengakibatkan Anda harus sering bolak-balik ke toilet. Meski tidak nyaman harus sering buang air, tapi ingatlah untuk terus minum banyak air supaya tubuh tidak kekurangan cairan.

7Kepala Pusing. Beberapa wanita merasa sangat pusing selama awal kehamilan. Yang lain bahkan sampai sering pingsan. Ini boleh jadi akibat hormon atau bisa juga tekanan darah rendah.

Tanda-tanda kehamilan di atas bisa muncul sebelum Anda merasa ada yang tidak beres dengan siklus haid. Mungkin Anda yakin sedang hamil karena mengalami tanda-tandanya. Tapi, ingatlah bahwa cara terbaik untuk mengetahui kehamilan adalah dengan menjalani tes kehamilan.

Advertisement
Alinesia