7 Herbal untuk Darah Tinggi dari Dapur Anda

283

Diedit:

Tak banyak yang mengetahui kalau sebenarnya keluhan hipertensi bisa diatasi cukup dengan herbal untuk darah tinggi. Dengan hanya memanfaatkan beragam bumbu-bumbu dan rempah yang biasa Anda jumpai di dapur Anda. Dengan cara ini Anda bisa mengatasi keluhan hipertensi dengan lebih murah meriah serta alami.

Kadang tidak selamanya Anda menyimpan obat tekanan darah tinggi kecuali Anda memang harus secara reguler mengkonsumsi obat medis untuk hipertensi. Padahal untuk Anda yang sudah pernah terserang tekanan darah tinggi, bukan mustahil kondisi ini muncul kembali pada saat-saat tertentu seperti ketika lelah atau stress.

Itu sebabnya penting untuk Anda memahami dengan baik apa saja obat herbal untuk darah tinggi yang bisa dengan mudah Anda temukan di rumah Anda . Sehingga dapat menjadi solusi darurat, cepat dan aman untuk Anda mengatasi kondisi hipertensi.

Apa saja pilihan herbal untuk darah tinggi yang bisa dengan mudah Anda dapatkan dari dapur Anda? Berikut daftarnya untuk Anda.

  • Kayu Manis

    Penelitian yang pernah dikembangkan pada setidaknya 3 universitas dunia yakni, University of Toronto (Canada), the University of West London (UK) dan London South Bank University (UK) menemukan fakta bahwa kayu manis memiliki efek positif dalam menurunkan tekanan darah. Asupan kayu manis 1 sendok teh tiap hari tanpa tambahan herbal lain memiliki kemampuan menurunkan tekanan sistolik diastolic sampai 5,49 / 2,6 mm Hg. Hanya dalam dosis berlebihan ditemukan adanya pengaruh kayu manis ini terhadap detak jantung.

  • Daun Salam

    Dalam berbagai riset termasuk dalam skala lokal oleh IPB ditemukan adanya sejumlah senyawa penting seperti flavonoid, saponin, tannin, potasium dan minyak atsiri yang baik untuk melancarkan aliran darah, mengangkat pembentukan endapan koleterol dan membantu Anda menjaga kesehatan jantung. Dalam daun salam juga ditemukan sejumlah terpenoid yang baik membantu mengembalikan keremajaan dan elastisitas pembuluh darah. Daya kerjanya bisa menjadi sangat cepat jadi sebaiknya awasi asupannya dengan seksama.

  • Bawang Putih

    Bawang putih mengandung sederet senyawa penting seperti flavonoid, allicin dan polisulfida yang terbukti membantu menurunkan tekanan darah, membantu meningkatkan pembakaran dengan memaksimalkan fungsi hormon dalam tubuh untuk memaksimalkan pembakaran lemak. Nitrit oksida ternyata juga efektif melebarkan pembuluh darah yang membantu mencegah penyumbatan darah karena terbentuknya sumbatan dalam pembuluh darah.

  • Oregano

    Dalam salah satu riset di Universitas Udayana Bali dipastikan adanya sejumlah senyawa penting antioksidan seperti kalium, magnesium, thimol, asam rosmarinat, carcravol dan borneol dan sejenis flavonoid yang terbukti mampu membantu mengendalikan kondisi tekanan darah dan membantu melancarkan pencernaan yang baik untuk membantu menyerap kelebihan kolesterol untuk dibuang melalui sistem pembuangan.

  • Jahe

    Dalam jahe ditemukan sejumlah potasium, magnesium dan beberapa senyawa penting yang sifatnya menghangatkan dan membantu melebarkan pembuluh darah dan memicu melancarkan sirkulasi darah. Ini membantu meredakan tekanan darah tinggi dan efek-efek samping dari kondisi tersebut seperti sakit kepala dan tegang otot. Jahe juga diyakini membantu meluruhkan kolesterol dan mencegah pengerasan pembuluh darah. Namun di sisi lain, jahe juga diketahui dapat mempercepat laju detak jantung.

  • Cengkeh

    Dalam cengkeh menurut Altmedicine ditemukan sejumlah besar senyawa penting seperti flavonoid dan potasium yang baik untuk mengendalikan tekanan darah dan membantu menjaga keseimbangan komposisi darah. Juga terdapat kandungan eugenol yang diketahui mampu membantu melebarkan pembuluh darah untuk menjaga kualitas sirkulasi darah. Hanya saja dalam kadar tertentu cengkeh juga bisa memacu detak jantung.

  • Rosemary

    Rosemary mengandung senyawa bersifat diuretic. Segala jenis herbal dengan sifat diuretic selalu diyakini baik untuk membantu menstabilkan tekanan darah karena efektif mengembalikan kestabilan komposisi air dan ion dalam darah, termasuk memperbaiki kekentalan darah dan menjaga kestabilan tekanan darah dan melancarkan aliran darah. Tetapi konsumsi rutin rosemary dalam jumlah berlebihan bisa kembali memicu tekanan darah tinggi karena mempengaruh kinerja ACE inhibitors.

Baca juga:  Herbal Terbaik untuk Obat Darah Tinggi

Itulah tadi beberapa jenis herbal untuk darah tinggi yang biasa Anda jumpai di dapur. Beberapa bekerja cukup efektif untuk membantu mengatasi keluhan hipertensi yang datang mendadak dan relatif aman Anda konsumsi sekalipun Anda hamil atau sedang mengkonsumsi obat-obatan. Tetapi sebagian membutuhkan perhatian khusus bilamana Anda akan konsumsi dalam jangka panjang, karena adanya beberapa efek samping.

Herbal untuk Darah Tinggi Aman Dan Alami

Selain herbal untuk darah tinggi sebagaimana kami sampaikan di atas, ada pula sejenis herbal untuk darah tinggi lain yang sebaiknya juga menjadi salah satu persediaan penting dirumah Anda, terutama bila Anda sudah divonis menderita hipertensi yang menetap atau permanen.

Noni Juice atau sari dari buah Noni, salah satu jenis herbal alami yang terbuat dari buah Noni asli dari daerah tropis di kawasan Asia pasifik ini dikenal dengan khasiat uniknya untuk mengatasi beragam penyakit termasuk pula hipertensi.

Sari buah Noni secara tradisional sudah lama dikenal sebagai salah satu bagian dari aneka ramuan obat tradisional. Buah ini memiliki aroma tajam yang banyak tidak disukai, tetapi justru dari sanalah salah satu khasiat terbaiknya berasal.

Di dalam aroma tajam itu tersimpan sederet senyawa penting seperti asam kaproat dan asam kaprat yang tidak hanya anti bakteri tetapi juga anti kolesterol. Terdapat kandungan flavonoid yang berkhasiat untuk membantu mengatasi oksidan dalam tubuh, termasuk menyingkirkan endapan kolesterol dan membantu memperbaiki sirkulasi darah.

Kandungan potasiumnya dalam kadar menengah sehingga cukup efektif menekan tekanan darah dengan seketika, tetapi tidak berbahaya untuk ginjal selama di konsumsi dengan bijaksana dan diimbangi dengan asupan air putih yang mencukupi. Asupan air putih ini juga berfungsi menyeimbangkan kandungan soranjidiolnya yang juga bersifat diuretik sehingga baik untuk membantu mengembalikan keseimbangan komposisi cairan tubuh yang penting untuk kestabilan tekanan darah.

Baca juga:  Tomat, Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Dalam Noni Juice juga ditemukan senyawa terpenoid dan damnachantal yang penting untuk mengembalikan elastisitas sel pembuluh darah yang rusak karena efek pembentukan plak kolesterol. Juga terdapat kandungan scolopetin yang terbukti ampuh membantu melebarkan pembuluh darah dan memicu kelancaran sirkulasi darah.

Semua fakta tersebut diperkuat dengan penemuan yang diperoleh dari sebuah riset mengenai manfaat sari buah Noni ini untuk pengobatan. Riset yang dijalankan oleh Dr Neil Solomon ini melibatkan 25.314 pasien dengan beragam kasus penyakit dan aneka latar belakang dari sekitar 80 negara. Juga terdapat 1.227 pakar kesehatan dari seluruh dunia yang terlibat .

Dalam kasus tekanan darah tinggi, dari 1.869 pasien yang turut serta setidaknya 84% dari angka tersebut berhasil mengatasi keluhan hipertensi mereka dengan mengasup Noni Juice dengan komposisi 98% selama 1 bulan dengan dosis 30 cc perharinya.

Kabar baiknya, Noni Juice diyakini tidak memiliki efek samping bila dipadupadankan dengan jenis pengobatan medis lain, tidak mempengaruhi kinerja dari obat-obatan dan cenderung rendah efek samping selama diasup dengan dosis yang tepat dan memperbanyak asupan air putih.

Noni Juice juga bukan jenis herbal agresif yang dapat menurunkan tekanan darah dengan demikian rendahnya, sifatnya cenderung sebagai penyeimbang dan menjaga kestabilan tekanan darah dan bukan menurunkan tekanan darah dengan drastis, jadi lebih aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

Hanya saja kebanyakan Noni Juice rumahan beraroma dan berasa tajam, sehingga lebih baik mengkonsumsi herbal untuk darah tinggi yang sudah diracik khusus oleh produsen yang berpengalaman. Selain karena lebih aman, sudah dalam komposisi yang tepat juga sudah disesuaikan rasanya dengan selera lidah kebanyakan orang.

Advertisement
Alinesia