Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Kami buka kembali tanggal 3 Juli 2017. Pembelian produk tetap bisa dilakukan melalui Lazada.co.id. atau Tokopedia.com. Terima kasih untuk pengertiannya.
Cara Menghilangkan Ketombe Cara Menghilangkan Ketombe ibtimes.co.uk

7 Cara Alami Menghilangkan Ketombe yang Patut Dicoba

Hal paling memalukan yang bisa terjadi ketika sudah berpakaian rapih untuk wawancara lamaran kerja atau untuk undangan pesta malam adalah bintik-bintik putih yang jatuh tersebar di bagian pundak gaun atau jas hitam Anda—ketombe! Kalau tidak ingin kejadian seperti itu, cepatlah cari cara menghilangkan ketombe.

Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang paling banyak korbannya—tidak soal apa jenis kelaminnya, usianya, atau etniknya. Jika Anda adalah salah seorang di antaranya, simaklah artikel ini yang akan mengupas 7 cara alami menghilangkan ketombe.

Beberapa Penyebab Ketombe

Masalah ini sebenarnya berasal dari kondisi kulit kepala. Sebenarnya ada cukup banyak penyebab ketombe, misalnya:

  • Kulit kering. Salah satu penyebab ketombe yang paling utama adalah kondisi kulit kepala kering. Biasanya jika ini masalahnya, maka tanda-tanda kulit kering juga terlihat di bagian tubuh lain, misalnya pada tangan atau kaki.
  • Kulit berminyak (dermatitis seboroik). Percaya atau tidak, kulit berminyak juga merupakan penyebab utama ketombe. Kondisi ini dicirikan dengan kulit memerah dan berminyak yang ditutupi sisik putih atau kuning. Kondisi ini dapat memengaruhi kulit kepala dan area lain yang dipenuhi kelenjar minyak, seperti alis, samping hidung, dan belakang telinga.
  • Masalah kulit. Penderita eksem dan psoriasis sering kali bermasalah dengan ketombe, karena mereka biasanya memiliki kulit kering yang sering kali parah dan sangat perih.
  • Jamur malassezia. Sebenarnya jamur ini hidup di banyak kulit kepala orang dewasa. Tapi jika sudah menimbulkan iritasi, maka sel-sel kulit dapat tumbuh lebih banyak. Pada akhirnya sewaktu kelebihan sel-sel kulit tersebut mati, itu akan menumpuk dan menjadi ketombe di kulit kepala.
  • Salah perawatan rambut. Sebagian besar produk perawatan rambut mengandung bahan kimia yang dapat membuat kulit kepala jadi memerah, gatal, dan bersisik. Menggunakan sampo terlalu sering atau terlalu banyak produk styling juga bisa mengiritasi kulit kepala dan menyebabkan ketombe.

Karena ada bermacam-macam penyebab ketombe, cukup sulit untuk benar-benar mengatasinya sampai tidak pernah kambuh lagi. Walaupun tidak ada cara mengatasi ketombe yang akan selamanya menghilangkannya dari kehidupan kita, tapi ada beragam solusi alami yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengontrolnya.

7 Bahan Alami Penghilang Ketombe

Dengan menerapkan tips-tips berikut, Anda bisa tampil lebih pede meski berbaju gelap. Meskipun butuh waktu sampai hasilnya terlihat, tapi cara-cara alami ini efektif untuk mengatasi masalah di kulit kepala Anda.

1. Daun Mimba

Kandungan anti-jamur dan anti-bakteri yang dimiliki daun mimba bagus untuk mengatasi ketombe serta berbagai masalah rambut lain, misalnya jerawat di kulit kepala, kulit kepala gatal, dan rambut rontok.

  • Masak segenggam daun mimba dengan 4 gelas air hingga mendidih.
  • Dinginkan lalu saring larutan daun mimba.
  • Gunakan air rebusan ini untuk membilas rambut 2 – 3 kali dalam seminggu.

2. Cuka Sari Apel

Perawatan kulit kepala menggunakan cuka apel efektif untuk menghilangkan ketombe. Bahan alami ini mampu mengembalikan keseimbangan pH di kulit kepala, sehingga akan menghambat pertumbuhan jamur. Cuka apel juga berperan sebagai penjernih rambut alami serta membantu membersihkan sumbatan pada pori-pori dan folikel rambut kepala.

  • Ambil 2 sendok makan cuka apel dan 2 sendok air, lalu masukkan ke dalam wadah kecil/mangkuk.
  • Tuangkan sekitar 15 – 20 tetes minyak pohon teh (tea tree oil) ke dalam mangkuk.
  • Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan pijat-pijat. Setelah beberapa menit, bilas rambut dengan air bersih.
  • Lakukan cara ini sebanyak 2 – 3 kali seminggu.

3. Baking Soda

Sebagai bahan pengelupas alami, baking soda bisa membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati serta menyerap kelebihan minyak dari kulit. Baking soda juga mampu menyeimbangkan kadar pH di kulit kepala dan mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Berikut cara menghilangkan ketombe dengan baking soda.

  • Basahi rambut lalu gosokkan segenggam baking soda ke seluruh bagian kulit kepala.
  • Setelah beberapa menit, bilas rambut dengan air hangat.
  • Ulangi lakukan ini 1 – 2 kali seminggu selama beberapa minggu.

Catatan: Jangan langsung keramas setelah melakukan perawatan alami ini.

4. Cuka Putih

Cuka putih adalah salah satu bahan rumahan terbaik untuk mengatasi ketombe. Cuka mengandung asam asetat yang mencegah jamur berkembang di kulit kepala sekaligus meredakan rasa gatal. Berikut cara mengatasi ketombe dengan cuka putih.

  • Tuangkan 1½ cangkir cuka ke dalam 2 cangkir air. Bilas rambut Anda dengan larutan ini setelah keramas.
  • Cara lain adalah dengan memijat kulit kepala menggunakan campuran cuka, minyak zaitun, dan air dengan perbandingan 2 : 1 : 3. Setelah 10 menit, bilas dengan air lalu keramas seperti biasa.

Lakukan salah satu dari kedua cara di atas sebanyak 1 – 2 kali dalam seminggu.

5. Minyak Zaitun

Kulit kepala kering dapat disembuhkan dengan rutin menggunakan minyak zaitun ekstra virgin (extra virgin olive oil), yang adalah bahan pelembap alami ampuh. Di bawah ini cara menghilangkan ketombe dengan bantuan minyak zaitun.

  • Panaskan minyak zaitun secukupnya sampai agak panas.
  • Pijatkan langsung ke kulit kepala lalu bungkus kepala dengan handuk hangat.
  • Diamkan selama setidaknya 45 menit atau sepanjang malam, kemudian keramas seperti biasa dan pakai kondisioner.
  • Ulangi lakukan ini beberapa kali dalam seminggu.

6. Air Perasan Lemon

Air perasan lemon mengandung asam yang memberantas jamur penyebab ketombe. Selain sebagai cara alami menghilangkan ketombe, sari lemon juga membantu meredakan rasa gatal pada kulit kepala.

  • Campurkan air perasan dari ½ lemon ke dalam 1¼ mangkuk yogurt plain. Oleskan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama sekitar 20 menit sebelum membilasnya dan keramas seperti biasa.
  • Selain itu, Anda juga bisa memijat kulit kepala dengan beberapa sendok teh air perasan lemon yang dicampur sedikit air. Diamkan 5 menit lalu bilas dan keramas seperti biasa.

Ulangi lakukan cara alami ini selama beberapa kali dalam seminggu.

7. Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Minyak pohon teh memiliki kandungan anti-jamur yang kuat sehingga bagus dimanfaatkan dalam perawatan rambut berketombe. Berikut cara alami menghilangkan ketombe dengan bantuan minyak ini.

  • Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan sampo yang biasa Anda gunakan, lalu keramaslah seperti biasa. Perbandingannya 1 tetes minyak pohon teh untuk setiap 1 ons sampo.
  • Cara lain adalah dengan melarutkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Oleskan ke rambut, biarkan selama setidaknya 30 menit atau sepanjang malam lalu bilas rambut. Lakukan ini 1 – 2 kali seminggu.

Ingatlah bahwa cara alami menghilangkan ketombe ini membutuhkan kesabaran dan ketekunan agar berhasil. Anda harus mengikuti dengan konsisten salah satu cara di atas yang cocok bagi Anda sampai benar-benar mendapatkan hasil memuaskan.

Selain menerapkan cara menghilangkan ketombe seperti di atas, Anda juga harus menghindari berbagai penyebab ketombe. Antara lain sampo atau produk perawatan rambut lain yang mengandung bahan kimia keras. Periksalah komposisi sampo sebelum membeli, jangan beli yang mengandung paraben, sodium lauret, atau lauril sulfat.

Juga perhatikan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Batasilah makanan yang mengandung banyak gula, makanan olahan, atau yang menggunakan banyak minyak. Semoga dengan mengikuti sejumlah cara mengatasi ketombe di artikel ini, Anda bisa terbebas dari ketombe yang memalukan.

addfriends en 130
Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »

Log In or Register