10 Trik Ampuh Tumpas Jerawat dalam 1 Malam


By Cindy Wijaya

Jerawat adalah masalah kulit yang paling sering dikeluhkan orang-orang. Sebenarnya jerawat berasal dari peradangan pada kulit karena kelenjar minyak-nya terinfeksi oleh bakteri, sehingga membengkak dan terisi nanah.

Penyebab utama dibalik jerawat adalah kelebihan sekresi sebum oleh kelenjar-kelenjar minyak pada kulit. Biasanya masalah kulit ini timbul di bagian wajah, leher, punggung, dan pundak. Walaupun bukan problem yang serius, tapi jelas wajah yang jerawatan membuat Anda merasa minder karenanya.

Ada banyak sekali produk obat jerawat dalam beragam bentuk yang dijual di toko-toko, tapi sering kali butuh waktu yang cukup lama sampai hasilnya kelihatan. Beruntung, ada cara-cara alami yang bisa lebih ampuh menghilangkan jerawat, bahkan hasilnya sudah terlihat sejak hari pertama. Berikut 10 cara jitu untuk tumpas jerawat.

1. Es Batu

Es bagus untuk mengurangi bengkak, kemerahan, dan peradangan di jerawat. Es batu bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah menuju ke area jerawat, dan memperkecil pori-pori kulit sekaligus membersihkan kotoran serta minyak yang menumpuk di sana.

Anda bisa gunakan es batu atau es serut, terserah yang mana yang dirasa cocok bagi Anda.

  • Bungkus es di dalam handuk tipis lalu tempelkan ke area kulit yang muncul jerawatnya selama beberapa detik.
  • Lepas selama beberapa menit, lalu ulangi langkah di atas beberapa kali.

2. Lemon

Cara alami lain untuk cepat-cepat menghilangkan jerawat adalah menggunakan air perasan lemon, yang kaya akan vitamin C. Dengan begini jerawat akan kering lebih cepat. Tapi pastikan Anda gunakan perasan lemon segar, bukan yang sudah dikemas dalam produk di toko (mungkin mengandung bahan pengawet). Ada beberapa trik untuk mengaplikasikan obat jerawat alami ini:

  • Celupkan kapas bersih ke dalam air perasan lemon segar dan oleskan ke jerawat sebelum tidur malam.
  • Campurkan 1 sendok makan air perasan lemon dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis, lalu oleskan ke jerawat sebelum tidur malam. Di pagi hari, bersihkan kulit dengan air suam-suam kuku. Tapi cara yang kedua ini tidak cocok bagi kulit sensitif.

3. Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Minyak pohon teh sangat bagus untuk mengatasi jerawat dan bisul. Minyak ini punya kemampuan anti-bakteri yang membantu melawan bakteri penyebab masalah kulit ini.

Selain itu juga dapat mengurangi kemerahan dan peradangan pada jerawat atau bisul. Minyak pohon teh juga membantu mengeringkan komedo. Ada dua cara untuk memanfaatkan minyak esensial ini:

  • Celupkan bola kapas ke dalam minyak pohon teh lalu oleskan ke area kulit yang bermasalah. Setelah 15 – 20 menit kemudian cuci wajah sampai bersih.
  • Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan 1 sendok makan gel lidah buaya. Oleskan ke jerawat, biarkan selama 20 menit, lalu cuci wajah Anda.
Baca Juga:  Jerawat: Info Lengkap Seputar Gangguan Kulit

Catatan: Jangan pakai cara ini jika Anda punya kulit yang sensitif.

4. Pasta Gigi

Ternyata pasta gigi bukan cuman bisa membersihkan gigi, tapi juga membersihkan wajah dari jerawat. Paling bagus kalau trik ini dilakukan setelah menempelkan es batu ke jerawat. Tapi Anda harus gunakan pasta gigi putih, bukan yang berbentuk gel.

  • Oleskan pasta gigi ke area kulit yang bermasalah sebelum tidur malam.
  • Di pagi hari, cuci bersih wajah Anda dengan air dan lihat apakah bengkak jerawat sudah berkurang.

Selain dilakukan sebelum tidur, Anda juga boleh mengoleskan pasta gigi di siang hari. Tapi pastikan pasta gigi-nya dibiarkan di jerawat selama setidaknya setengah jam sebelum mencuci wajah.

5. Uap Panas

Uap panas berguna bagi kulit, tapi khususnya bagi jerawat Anda. Uap akan membuka pori-pori kulit dan memungkinkan kulit untuk bernapas. Ini berfungsi membantu membersihkan minyak, kotoran, dan bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori yang bisa memicu infeksi atau peradangan.

  • Isilah sebuah wadah besar dengan air panas yang baru mendidih lalu arahkan wajah ke atas wadah tersebut sehingga uapnya mengalir ke seluruh wajah. Lakukan ini selama beberapa menit.
  • Cuci wajah dengan air suam-suam kuku dan, setelah kering, oleskan pelembap (moisturizer) tanpa minyak.

6. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kemampuan anti-virus, anti-jamur, dan antioksidan yang dapat membantu menghilangkan jerawat secara cepat. Kandungan sulfur di dalamnya juga mempercepat penyembuhan jerawat.

  • Potong 1 siung bawang putih segar menjadi 2 bagian.
  • Gosokkan bawang putih ke jerawat dan biarkan selama 5 menit sebelum mencuci wajah dengan air suam-suam kuku.
  • Ulangi langkah di atas beberapa kali sehari.

Makan satu siung bawang putih mentah setiap hari juga membantu membersihkan darah Anda. Tapi jangan terlalu banyak makan bawang putih mentah, karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

7. Baking Soda

Obat jerawat rumahan lain yang hasilnya bisa cepat terlihat adalah baking soda, karena membantu mengelupas kulit untuk membersihkan kelebihan minyak, kotoran, dan sel kulit mati.

  • Buatlah pasta tebal dengan mencampur 1 sendok teh baking soda dengan air atau air perasan lemon secukupnya.
  • Cuci wajah sampai bersih, keringkan sampai wajah lembap. Oleskan pasta ke jerawat dan biarkan sampai mengering selama beberapa menit. Tapi jangan biarkan baking soda selama lebih dari beberapa menit karena dapat menyebabkan iritasi atau kulit kering.
  • Cuci wajah dengan air suam-suam kuku.
  • Ulangi langkah-langkah di atas dua kali sehari jika ingin hasil yang cepat.
Baca Juga:  Jerawatan? Cari Tahu Apa Penyebabnya!

8. Madu

Madu adalah sumber antibiotik alami yang dapat mempercepat proses penyembuhan, sekaligus membantu mencegah infeksi.

  • Celupkan kapas bersih ke dalam madu, lalu oleskan ke area kulit yang bermasalah dan diamkan selama setengah jam.
  • Cuci kulit sampai bersih dengan air suam-suam kuku.
  • Lakukan langkah di atas beberapa kali sehari.

Alternatifnya, Anda bisa mencampur madu dengan kayu manis bubuk sampai terbentuk pasta lalu mengoleskannya ke jerawat sebelum tidur malam. Di pagi hari, cuci bersih dengan air dingin.

9. Timun

Timun adalah sumber dari potasium dan vitamin A, C, dan E. Juga memiliki kemampuan mendinginkan serta menenangkan pada kulit.

  • Potong satu atau dua timun segar menjadi beberapa irisan, lalu rendam di air selama 1 jam. Nutrisi dari timun, seperti vitamin A, potasium, dan klorofil akan mengalir ke air.
  • Saring airnya lalu minumlah, atau gunakan air itu untuk mencuci wajah.

Anda juga bisa membuat masker wajah dari gilingan 1 buah timun. Oleskan gilingan timun ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Cuci wajah dengan air hangat. Ini untuk membantu membersihkan kotoran serta bakteri dari pori-pori kulit.

10. Pepaya

Buah pepaya mengandung berbagai nutrisi bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Juga merupakan sumber antioksidan vitamin A serta enzim yang berguna mengurangi peradangan sehingga kulit menjadi lebih lembut dan halus.

  • Gerus potongan pepaya mentah untuk mengeluarkan sarinya, kemudian oleskan sari pepaya itu ke jerawat. Diamkan selama 10 – 15 menit sebelum membilasnya.
  • Untuk membuat masker pepaya sebagai obat jerawat, lumatkan potongan pepaya dan tambahkan sedikit madu. Oleskan masker ini ke wajah dan pijat-pijat lembut. Diamkan sampai benar-benar mengering lalu bilas sampai bersih.

Sebagaimana yang Anda lihat, ada banyak sekali cara alami untuk menumpas masalah jerawatan. Artikel ini hanya mencakup beberapa di antaranya. Jadi, cara mana yang ingin Anda coba untuk menghilangkan jerawat secepatnya?

Ingatlah bahwa kondisi kulit setiap orang berbeda-beda, jadi apa yang efektif bagi satu orang bisa berbeda dari orang yang lain. Coba terapkan beberapa cara di atas sampai menemukan yang paling ampuh menghilangkan jerawat Anda.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}