Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Kami buka kembali tanggal 3 Juli 2017. Pembelian produk tetap bisa dilakukan melalui Lazada.co.id. atau Tokopedia.com. Terima kasih untuk pengertiannya.
Cara Memutihkan Gigi Cara Memutihkan Gigi ismile.co.nz

10 Cara Memutihkan Gigi Kuning Tanpa Perlu ke Dokter Gigi

Gigi yang putih dan sehat adalah dambaan setiap orang, karena pasti membuat siapa pun terlihat lebih menarik, sehat, dan muda. Banyak orang tidak mau untuk tersenyum lebar di depan umum karena mereka malu dengan warna gigi mereka yang menguning. Tak sedikit juga orang-orang yang berusaha mencari cara memutihkan gigi mereka supaya bisa tampil pede.

Terkadang mereka mencari bantuan dokter gigi atau ahli gigi lain untuk membersihkan gigi kuning mereka. Sayangnya, walaupun memang efektif, tapi perawatan demikian butuh waktu lama dan biasanya cukup mahal.

Bahan-Bahan Alami Pemutih Gigi

Kalau Anda tidak mau menghabiskan banyak uang, sebenarnya ada sejumlah bahan alami pemutih gigi. Dan sebagian besar kemungkinan sudah tersedia di rumah Anda. Berikut adalah cara memutihkan gigi secara alami memanfaatkan bahan-bahan natural.

1. Kulit Jeruk

Membersihkan gigi dengan kulit jeruk yang masih segar secara teratur akan mengurangi lapisan kuning yang menumpuk di gigi.

  • Gosokkan kulit jeruk ke permukaan gigi setiap malam sebelum tidur. Kandungan vitamin C dan kalsium di kulit jeruk akan melawan mikroorganisme di sepanjang malam.
  • Lakukan ini selama beberapa minggu dan Anda akan melihat perubahan yang signifikan pada warna gigi.

2. Stroberi

Stroberi mengandung sejumlah kandungan vitamin C yang membantu memutihkan gigi secara alami.

  • Lumatkan stroberi sampai menjadi seperti salep. Oleskan salep ini secara perlahan ke permukaan gigi. Jika dilakukan 2 kali sehari selama beberapa minggu, warna kuning di gigi pada akhirnya akan menghilang.
  • Bisa juga dengan mencampurkan 1 stroberi yang sudah dilumatkan dengan 1 ½ sendok teh baking soda lalu oleskan ke permukaan gigi. Biarkan selama beberapa menit, lalu cuci mulut dan sikat gigi dengan pasta gigi seperti biasa untuk menghapus sisa-sisanya.

3. Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan natural yang terbaik jika digunakan sebagai cara membersihkan gigi kuning. Bahan ini akan membantu menghapus plak dari gigi dan mengembalikan putih berkilau pada gigi Anda.

  • Campurkan ¼ sendok teh baking soda dengan sedikit pasta gigi. Sikat gigi dengan campuran tersebut lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini 1 – 2 kali seminggu.
  • Bisa juga mencampurkan baking soda dengan air perasan lemon, cuka putih, atau hidrogen peroksida.
  • Bisa juga membuat obat kumur pemutih gigi dengan mencampur 1 sendok makan baking soda dan 1 ½ sendok teh hidrogen peroksida dengan 1 gelas air dingin. Berkumurlah dengan larutan ini 2 – 3 kali sehari.
  • Juga bisa menggosok gigi dengan lembut selama sedikitnya 2 menit menggunakan baking soda yang sudah agak diencerkan. Lakukan ini 2 kali di minggu pertama, kemudian lanjutkan setiap 15 hari sekali.

Catatan: Jangan gunakan baking soda secara berlebihan, karena kandungan di dalamnya bisa menghilangkan lapisan enamel gigi alami Anda.

4. Hidrogen Peroksida

Efek pemutih yang terkandung di dalam hidrogen peroksida dapat dimanfaatkan sebagai cara memutihkan gigi kuning.

  • Cuci gigi dan berkumurlah dengan obat kumur yang mengandung hidrogen peroksida. Jangan sampai Anda menelan obat kumur itu.
  • Bisa juga membuat pasta gigi dari campuran baking soda dan hidrogen peroksida. Sikat gigi dengan lembut menggunakan pasta tersebut. Setelahnya, sikat lagi gigi Anda dengan pasta gigi biasa.

Catatan: Gunakan hidrogen peroksida dengan ekstra hati-hati, karena bahan ini bisa mengiritasi gusi dan membuat gigi menjadi sensitif.

5. Lemon

Kemampuan memutihkan dalam lemon juga membantu menghilangkan warna kekuningan pada gigi Anda. Bahkan sebenarnya berkumur dengan air perasan lemon serta menggosok gigi dengan kulit lemon adalah salah satu cara memutihkan gigi secara alami yang terbaik.

  • Campurkan beberapa tetes air perasan lemon dengan sedikit garam.
  • Oleskan campuran ini ke gigi yang menguning lalu gosokkan di permukaan gigi serta gusi. Diamkan selama beberapa menit lalu cuci mulut secara menyeluruh dengan air.
  • Lakukan ini 2 kali sehari selama sekitar 2 minggu untuk menghilangkan tartar dan warna kuning di gigi.

6. Garam

Garam adalah salah satu bahan natural terpenting dalam cara membersihkan gigi kuning yang telah digunakan sejak dulu kala. Garam membantu mengisi kembali kandungan mineral yang hilang dari gigi serta membantu mencerahkan kembali warna alaminya.

  • Gunakan garam secara rutin setiap pagi sebagai pasta gigi. Bisa juga mencampur garam dengan arang lalu menggunakannya untuk menggosok gigi secara teratur.
  • Bisa juga mencampurkan garam dengan baking soda lalu secara perlahan digosokkan ke permukaan gigi.

Catatan: Lakukan cara ini dengan ekstra hati-hati karena bisa merusak gusi serta lapisan enamel gigi jika dilakukan secara kasar.

7. Ruku-Ruku

Masyarakat Minangkabau biasa menggunakan tanaman ruku-ruku sebagai bahan untuk membuat gulai. Rupanya daun ruku-ruku mengandung sifat memutihkan serta berguna melindungi gigi dari masalah kesehatan seperti periodontitis (infeksi gusi berat).

  • Jemur beberapa helai daun ruku-ruku di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Setelah daunnya mengering, gilinglah sampai menjadi bubuk. Campurkan bubuk ini dengan pasta gigi biasa lalu gunakan untuk sikat gigi seperti biasa.
  • Bisa juga dengan membuat salep dari daun ruku-ruku dan menggunakannya sebagai pasta gigi.

8. Apel

Mengunyah 1 buah apel yang segar dapat berfungsi selayaknya sikat gigi dan memutihkan gigi Anda. Anda juga bisa mengunyah jenis makanan lain yang renyah, misalnya wortel, timun, atau brokoli mentah.

  • Coba makan 1 – 2 buah apel setiap hari untuk membersihkan gigi kuning.
  • Kunyahlah dengan perlahan sehingga kandungan asam alami dan daging buahnya yang kasar berserat bisa bekerja membersihkan gigi.

9. Mimba

Anda juga bisa memanfaatkan tanaman mimba sebagai cara membersihkan gigi kuning. Karena mengandung astringent dan antiseptik, mimba juga berguna untuk menghilangkan bau napas dan mencegah gigi berlubang.

  • Coba gunakan ranting mimba untuk menyikat gigi. Juga coba kunyah cabang daun mimba untuk membantu mengatasi masalah gigi serta menghilangkan warna kuning.
  • Bisa juga mencampur minyak mimba dengan pasta gigi biasa lalu digunakan untuk menggosok gigi.

10. Cuka Sari Apel

Bukan hanya buah apel segar yang bisa dimanfaatkan dalam cara memutihkan gigi secara alami, tapi juga sari buah apel yang sudah difermentasikan—cuka apel. Bahan natural ini sanggup memudarkan noda pada gigi, terutama yang dipicu oleh kafein dari teh/kopi juga nikotin dari rokok.

Dengan berkumur cuka apel juga membantu membasmi bakteri dari dalam mulut yang bisa menyebabkan karies gigi. Berikut adalah cara membersihkan gigi kuning dengan bantuan cuka apel:

  • Campurkan 2 sendok makan cuka apel dengan ½ gelas air.
  • Berkumurlah dengan larutan ini selama kira-kira 1 menit.
  • Setelahnya gosok gigi seperti biasa untuk menetralkan kondisi mulut.
  • Lakukan cara ini secara teratur 2 kali seminggu.

Cara memutihkan gigi secara alami tidak akan memberikan hasil dengan instan, biasanya butuh waktu beberapa minggu sampai terlihat perubahan positifnya. Apabila salah satu cara yang Anda gunakan hasilnya kurang maksimal, cobalah gunakan cara lain.

Hindari Beberapa Penyebab Gigi Menguning!

Kita semua memiliki gigi yang putih bersih sewaktu masih bayi, tapi lama-kelamaan warna putih tersebut bisa memudar akibat berbagai hal. Warna putih di gigi sebenarnya merupakan warna lapisan enamel gigi yang transparan, warna lapisan dentin di dalamnya, dan warna lapisan di antara dentin dan enamel.

Ada beberapa hal yang paling sering membuat warna gigi jadi menguning, berikut adalah di antaranya:

  • Makanan/minuman—kopi, teh, kola, anggur, dan beberapa jenis buah atau sayuran (misalnya kentang) bisa meninggalkan noda pada gigi.
  • Penggunaan tembakau—merokok atau mengunyah tembakau menodai gigi.
  • Kurang menjaga kebersihan gigi—cara menyikat, flossing, dan berkumur yang tidak benar akan meninggalkan sisa-sisa zat pembentuk plak dan noda pada gigi.
  • Penggunaan obat-obatan—obat antibiotik seperti tetracycline dan doxycycline diketahui dapat mengubah warna gigi jika diberikan pada anak di bawah usia 8 tahun. Obat kumur yang mengandung chlorhexidine dan cetylpyridinium chloride juga bisa menodai gigi. Obat antihistamin, obat antipsikotik, dan obat darah tinggi juga bisa memudarkan warna gigi.

Anda bisa menghindari atau mencegah perubahan warna gigi dengan beberapa hal sederhana. Misalnya, kalau Anda gemar minum kopi/teh atau merokok, cobalah untuk secara bertahap mengurangi lalu menghentikan kebiasaan tersebut.

Anda juga perlu meningkatkan kebersihan gigi dengan cara menyikatnya, membersihkan dengan flossing, dan rutin berkumur dengan obat kumur yang tepat. Juga jangan lupa periksa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Dengan begitu, cara memutihkan gigi secara alami di artikel ini akan semakin maksimal hasilnya.

addfriends en 130
Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »

Log In or Register