HOTLINE KONSULTASI HERBAL:
0812-8187-1234 | 0818-029-100-88
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

A+ A A-
Titik pijat refleksi Titik pijat refleksi Shutterstock

Titik Pijat Refleksi untuk Problem Haid

Hampir sebagian besar wanita pernah mengalami masalah selama masa haid. Siklus yang tidak teratur, nyeri yang hebat selama masa haid, dan perasaan tidak nyaman serta mood yang jelek hanyalah beberapa dari problem haid yang umum.

Konsultasi dengan dokter sangat penting jika Anda ingin agar siklus haid Anda lancar kembali. Dan, hal-hal berikut ini merupakan syarat mutlak untuk melancarkan siklus haid tersebut: seimbangkan kadar hormon, olahraga teratur (tetapi tidak berlebihan), tidur yang cukup, gizi yang baik, dan atasi stres Anda.

Jika Anda sedang menjalani pengobatan, cari tahulah apakah hal itu mempengaruhi keseimbangan hormon Anda. Siklus haid yang tidak teratur juga dapat disebabkan oleh Sindroma ovarium polikistik, yaitu kista kecil berupa benjolan-bejolan kecil (kurang dari 1 cm) pada ovarium.

Sebanyak 10 persen wanita mengalami kondisi umum ini. Untuk mendeteksi apakah Anda mengalami sindroma ini, Anda mungkin harus menjalani tes darah untuk mengukur kadar hormon Anda. Juga mungkin akan dibutuhkan pemeriksaan USG untuk meneguhkan diagnosa dari dokter.

Ketidakteraturan masa haid sebenarnya dapat diatasi dengan melakukan pemijatan pada titik refleksi yang tepat. Dalam pijat refleksi, titik-titik saraf untuk organ-organ reproduktif ada pada telapak tangan maupun telapak kaki.

Pada punggung tangan, persis di atas tulang pergelangan terletak titik pijat refleksi untuk seluruh sistem reproduksi. Lebarnya titik ini hampir sama besar dengan jari telunjuk Anda. Sementara pada kaki, titiknya teletak persis pada lingkar atas antara kaki dan tungkai.

Areanya bisa sepanjang dari tulang pergelangan kaki bagian luar hingga tulang pergelangan kaki bagian dalam. Di titik inilah pemijatan bisa dilakukan untuk mencapai efek yang diinginkan, khususnya pada tuba falopi, selangkang, dan nodus limfa iliak.

Titik pijat refleksi ini juga sangat membantu untuk orang yang mengalami kram dan dismenore selama masa haid yang diakibatkan oleh kontraksi ovarium dan uterus. Kontraksi seperti ini menyebabkan ketegangan pada daerah perut dan rasa pegal yang luar biasa pada pinggang.

Wanita normal pun umumnya mengalami ketidaknyamanan selama masa haid, khususnya pada hari pertama hingga hari ketiga di mana haid sedang banyak-banyaknya.

Maka, tidak hanya pada wanita yang memang bermasalah dengan haid, tapi pada wanita normal pun pemijatan pada titik pijat refleksi dapat membuat perasaan tidak nyaman itu jauh berkurang.

Bagaimana Pijat Refleksi Bermanfaat Selama Siklus Haid?

Ada banyak obat-obatan pengurang rasa sakit yang beredar. Namun seringkali, setelah penggunaan selama beberapa waktu, wanita yang mengonsumsinya lama-lama akan kebal dengan efek obat tersebut sehingga harus mengonsumsi obat dengan dosis lebih tinggi untuk mengatasi nyeri haidnya.

Keadaan semacam ini tidak terjadi pada terapi alternatif, misalnya dengan terapi pada titik pijat refleksi. Selain itu, dengan pijat refleksi pada titik-titik saraf sistem reproduksi, peredaran darah akan lebih lancar dan kontraksi yang ekstrem akan mereda dan haid menjadi lebih lancar.

Selain melancarkan siklus haid dan meredakan nyeri haid, terapi pada titik pijat refleksi untuk kelenjar-kelenjar reproduksi juga akan membantu menyeimbangkan produksi hormon dalam tubuh.

Keseimbangan ini akan membantu para wanita agar proses haidnya normal, memperbaiki mood, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian, haid yang katanya membuat wanita lebih lemah pada masa-masa tertentu, tidak akan mengganggu aktivitas Anda setiap bulannya. Jadi daripada mengatasi gejalanya saja, Anda bisa memperbaiki penyebab problem haid Anda dengan melakukan pijat titik refleksi.

Log In or Register