HOTLINE KONSULTASI HERBAL:
0812-8187-1234 | 0818-029-100-88
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

A+ A A-
Darah tinggi dan obatnya Darah tinggi dan obatnya

Tekanan Darah Tinggi dan Obatnya

Tekanan darah tinggi atau hipertensi paling sering menimpa orang-orang yang berusia lanjut. Akan tetapi, tidak jarang pula orang berusia kurang dari 40 tahun mengidap darah tinggi.

Hal ini bukan hanya karena faktor usia, namun ada beberapa hal yang memicu naiknya tekanan darah. Pertama-tama, ada baiknya kita membahas sedikit apa yang dimaksud tekanan darah.

Tekanan darah adalah tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Tensimeter biasanya digunakan untuk mengukur tekanan darah.

Ketika dokter atau perawat mengatakan tekanan darah anda 140-90 mmHg, angka 140 menunjukkan tekanan ke atas pembuluh arteri pada saat jantung berdetak atau disebut juga tekanan sistolik.

Sedangkan 90 merupakan tekanan saat jantung beristirahat diantara pemompaan atau tekanan diastolik. Normalnya, tekanan darah sistolik 90 hingga 120 dan diastolik 60 hingga 80.

Sesuai namanya, tekanan darah tinggi terjadi karena peningkatan tekanan darah secara kronis dalam jangka waktu lama. Penyempitan pembuluh darah mengakibatkan tekanan darah melebihi batas normal. Selain itu, jika jumlah darah yang mengalir bertambah, tekanan darah juga akan meningkat.

Ada beberapa hal penyebab tekanan darah tinggi. Darah tinggi dapat terjadi karena faktor keturunan, usia, garam, kolesterol, obesitas/kegemukan, stres, rokok, kafein, alkohol, serta kurang berolahraga.

Jika seseorang memiliki orang-tua atau saudara yang memiliki tekanan darah tinggi, maka kemungkinan ia menderita tekanan darah tinggi lebih besar. Penelitian menunjukkan bahwa seraya usia seseorang bertambah, tekanan darah pun akan meningkat.

Garam juga dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat pada beberapa orang, khususnya bagi penderita diabetes, penderita hipertensi ringan, orang dengan usia tua, dan mereka yang berkulit hitam.

Kandungan lemak yang berlebih dalam darah Anda dapat menyebabkan timbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Hal ini dapat membuat pembuluh darah menyempit dan akibatnya tekanan darah akan meningkat.

Orang yang memiliki berat badan di atas 30 persen berat badan ideal, memiliki kemungkinan lebih besar menderita tekanan darah tinggi. Stres dan kondisi emosi yang tidak stabil juga dapat memicu tekanan darah tinggi.

Kebiasaan merokok yang terus dilanjutkan ketika memiliki tekanan darah tinggi, merupakan kombinasi yang sangat berbahaya yang akan memicu penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung dan darah.

Untuk mengatasi terjadinya tekanan darah tinggi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Namun, kita harus sepenuh hati melakukannya supaya berhasil secara maksimal. Bahkan jika tekanan darah kita normal, tindakan pencegahan harus tetap dilakukan.

Makanan merupakan salah satu komponen utama untuk hidup sehat terutama agar terhindar dari tekanan darah tinggi. Kurangi konsumsi garam dalam makanan. Jika Anda sudah menderita tekanan darah tinggi sebaiknya anda menghindari makanan yang mengandung garam.

Konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium, dan kalsium karena mineral-mineral tersebut baik untuk mengatasi gangguan pada tekanan darah dan jantung.

Kurangi minuman beralkohol dan kebiasaan merokok. Jika bisa, hentikan sama sekali. Satu lagi, agar terhindar dari tekanan darah tinggi, perbanyak konsumsi sayur serta buah-buahan.

Berolahragalah secara teratur untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Banyak sekali pilihan olahraga yang bisa Anda jalankan. Jogging dan bersepeda merupakan olahraga paling sering dipraktikkan bukan hanya untuk menghindari tekanan darah tinggi namun juga menjaga kebugaran.

Olahraga permainan seperti bermain voli, tenis, atau kasti juga baik namun ingat untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Orang yang sering berkutat dengan stres juga sebaiknya menjalani hidup dengan lebih santai, untuk mengatasi darah tinggi.

Santai disini bukan berarti bermalas-malasan. Akan tetapi, usahakan untuk lebih bisa mengendalikan emosi. Konsultasikan pada dokter Anda mengenai pengobatan yang paling tepat untuk darah tinggi.

Log In or Register