0812-8187-1234 | 0812-80-61-0777
0818-029-100-88 | 0856-99-34341
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

My Cart
A+ A A-

Seputar Gejala Tekanan Darah Tinggi

Ketika tekanan darah tinggi tak terkendali, Anda biasanya mengalami suatu keadaan yang galau. Ya, tekanan darah tinggi bisa jadi timbul tanpa gejala yang pasti.

Namun jika tidak diperiksa secara rutin, tekanan darah tinggi berbahaya bagi tubuh bahkan keselamatan nyawa bisa terancam. Untuk itu, pastikan dengan cermat bagaimana kondisi tubuh terutama tekanan darah dengan mengenali gejala-gejalanya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidak ada gejala pasti apakah kita terkena tekanan darah tinggi terutama jika tekanan darah berada tepat di atas keadaan normal.

Namun, menurut seorang dokter spesialis penyakit penuaan dan medis olahraga dr. Karlis Ullis dari Los Angeles, gejala umum tekanan darah tinggi dapat meliputi rasa tidak enak badan, detak jantung tak beraturan, pusing, dan sakit kepala.

Dua gejala terakhir biasanya muncul di pagi hari setelah bangun tidur. Ada pula tekanan darah tinggi sekunder yang biasanya menyertai penyakit kronis lain. Tekanan darah kronis dapat menyebabkan telinga berdengung.

Waspadai juga gejala tekanan darah tinggi lainnya seperti hidung berdarah, lemas, serta wajah yang terlihat memerah. Pada pria, tekanan darah tinggi ditandai dengan disfungsi ereksi, andropause, dan gangguan penglihatan/mata karena tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan arteri, termasuk pembuluh darah yang menuju penis.

Dr. Martin Burchardt menulis dalam Journal of Urology bahwa pria dengan tekanan darah tinggi menderita disfungsi ereksi lebih parah dan ekstrem disbandingkan pria yang tidak memiliki tekanan darah tinggi.

Pada tekanan darah tinggi akut, saraf penglihatan dapat membengkak, pembuluh darah di daerah mata dapat menyempit atau memblokir. Parahnya lagi, retina dpat berdarah atau masalah serius lainnya yang berkaitan dengan retina.

Bagaimana dengan tekanan darah tinggi pada wanita? Kaum hawa yang memiliki tekanan darah tinggi dapat mengalami perdarahan subkonjungtif. Hal ini dapat dilihat dari bagian putih bola mata.

Tekanan yang diakibatkan darah tinggi dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah mata, membentuk suatu bagian berwarna merah di daerah putih bola mata.

Biasanya, gejala ini dapat mereda setelah beberapa hari. Perdarahan subkonjungtif tidak serta merta merupakan tanda tekanan darah tinggi. Apabila perdarahan ini sering terjadi maka sebaiknya segera periksa ke dokter.

Gejala tekanan darah tinggi pada wanita juga dapat ditandai dengan hypersensitive retinopathy. Tekanan darah tinggi dapat melukai pembuluh darah mata. Satu-satunya cara untuk menghentikan keadaan ini adalah dengan berusaha menurunkan tekanan darah.

Begitulah sekelumit gejala darah tinggi yang umumnya terlihat. Darah tinggi disebut juga sillent killer karena menyerang secara tiba-tiba bahkan pada orang yang tampak sehat sekalipun.

Periksakan kesehatan Anda secara teratur ke dokter untuk informasi lebih lanjut tentang gejala tekanan darah tinggi. Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat.

Log In or Register