0812-8187-1234 | 0812-80-61-0777
0818-029-100-88 | 0856-99-34341
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

My Cart
A+ A A-
Cara mengobati darah tinggi Cara mengobati darah tinggi Shutterstock

Panduan Praktis Cara Mengobati Darah Tinggi

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Pepatah itu berlaku bagi setiap jenis penyakit, tak terkecuali darah tinggi. Tetapi, bagaimana jika sudah terlanjur mengidap tekanan darah tinggi?

Tidak ada cara lain yang dapat Anda lakukan selain mengobatinya. Makanlah buah-buahan kaya serat setiap hari. Jeruk, apel, dan pisang merupakan beberapa buah-buahan yang paling direkomendasikan bagi penderita darah tinggi.

Sayuran hijau juga dapat membantu proses pemulihan tekanan darah tinggi. Bayam, brokoli, kacang panjang, dan buncis wajib ada di daftar menu harian Anda.

Lakukan diet tekanan darah tinggi. Pertama, diet asupan garam (sodium/natrium). Caranya? Jangan meletakkan garam di atas meja makan untuk menghindari penambahan garam pada masakan yang telah siap santap.

Selain itu, pilih makanan dengan jumlah sodium rendah. Batasi pula konsumsi daging dan keju serta hindari camilan yang bercita rasa asin. Bagi Anda yang hobi menambahkan saus, segeralah hentikan kebiasaan itu.

Perbanyak konsumsi asupan suplemen potasium/kalium 2-4 gram per hari. Potasium umumnya banyak terdapat dalam buah-buahan serta sayuran. Alpukat, melon, pare, labu siam, bligo, labu parang, mentimun, lidah buaya, seledri, bawang putih adalah sederet buah dan sayur yang tinggi potasium.

Makanan yang mengandung unsur omega 3 juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Pengobatan hipertensi biasanya dikombinasikan dengan beberapa obat diuretik seperti Tablet Hydrochlorothiazide (HCT) dan Lasix (Furosemide).

Obat tersebut merupakan golongan obat hipertensi yang bekerja dengan merangsang pengeluaran cairan tubuh melalui urin. Ada pula Beta-blockers seperti Atenolol (Tenorim) dan Capoten (Captopril).

Obat-obat tersebut dipakai dalam upaya pengontrolan tekanan darah dengan cara memperlambat kerja jantung dan memperlebar (vasodilatasi) pembuluh darah.

Calcium channel blockers seperti Norvasc (amlopidine) dan Angiotensinconverting enzyme (ACEjuga biasa digunaan dalam pengontrolan darah tinggi atau hipertensi. Obat-obat tersebut bekerja dengan melenturkan dan melebarkan pembuluh darah.

Satu lagi metode lezat untuk mengobati tekanan darah tinggi, yaitu terapi jus. Anda dapat memilih jus buah, sayur, atau kombinasi dari keduanya.

Buah dan sayuran merupakan sumber vitamin, mineral, serat dan zat-zat berkhasiat lainnya yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh.

Selain untuk meningkatkan kesehatan, buah dan sayuran juga banyak dimanfaatkan untuk terapi pengobatan. Kandungan mineral, vitamin, karotenoid, dan komponen lainnya yang terdapat pada buah dan sayuran diantaranya berkhasiat sebagai antioksidan untuk mencegah kanker, mengatasi gangguan pencernaan, menurunkan kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi.

Beberapa jenis buah-buahan dan sayuran yang berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi antara lain seledri, ketimun, labu siam, selada air, lobak, tomat, belimbing wuluh, belimbing manis, semangka, wortel, pisang, apel, dan kiwi.

Berikut ini beberapa resep sehat untuk Anda coba. Pertama, kombinasi antara 200 gram labu siam dan mentimun yang dijus lalu minum airnya. Kedua, seledri kecil, lada air, dan air dingin.

Bahan-bahan tadi diblender, disaring, dan airnya diminum dua kali sehari. Selanjutmya, perpaduan antara belimbing manis dan semangka yang dijus dan minum airnya saja.

Wortel 250 gram, 50 gram seledri, dan 2 siung bawang putih juga dapat dijus bersama air, disaring, lalu diminum. Gabungan pisang ambon, tomat, jeruk mandarin, dan air juga dapat menjadi pilihan. Alternatif lain yaitu sari buah Mengkudu. Pilihan lain, pegagan segar yang diblender dengan air matang; minum selagi segar.

Log In or Register