0812-8187-1234 | 0812-80-61-0777
0818-029-100-88 | 0856-99-34341
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

My Cart
A+ A A-
Penurun tekanan darah tinggi Penurun tekanan darah tinggi

Makanan Rendah Sodium, Penurun Tekanan Darah Tinggi

Buah dan sayuran sudah hal yang lazim dianjurkan dokter sebagai penurun tekanan darah tinggi. Tahukah Anda ada makanan lain yang penuh gizi dan mengandung sodium yang sama rendahnya dengan buah dan sayur?

Daftar makanan di bawah ini mungkin bisa menginspirasi menu diet Anda hari ini. Anda mau coba? Tapi, jangan tinggalkan buah dan sayur, karena serat alami termasuk salah satu penurun tekanan darah tinggi terbaik.

  • Daging segar beku
    Siapa bilang Anda tak boleh makan daging? Penderita tekanan darah tinggi tetap diperbolehkan makan daging asal daging ini segar dan dibekukan. Selain itu, pengolahannya pun tak sembarangan. Hindari daging yang diasapi atau daging kalengan. Lebih baik konsumsi daging segar yang dipanggang saja. Selain rasanya lebih enak, daging ini lebih kaya manfaat karena tak mengandung sodium. Daging apa saja yang boleh dimakan di sini? Hampir semua jenis daging beku dan segar boleh dimakan, termasuk ayam, kalkun, ikan, dan daging sapi.
  • Bumbu dan rempah herbal
    Bumbu dan rempah herbal terkenal sebagai penurun tekanan darah tinggi, bahkan ini sudah warisan turun temurun bukan cuma di Indonesia, tapi juga di berbagai negara, seperti Cina salah satunya. Fungsi utama bumbu dan rempah ini adalah untuk membumbui makanan Anda agar lidah Anda terbebas dari ketagihan garam yang kaya akan sodium. Orang Indonesia pasti tahu apa saja yang bisa dimasukkan ke dalam masakan untuk membuatnya lebih lezat. Ada jahe, kunyit, lada, ketumbar, bawang merah dan bawang putih, dll.
  • Yoghurt murni rendah lemak
    Yoghurt tak hanya melancarkan metabolisme tubuh, tapi juga sumber kalsium yang tinggi. 8 ons yoghurt mengandung 415 mg kalsium, lebih tinggi dari yang terkandung dalam susu. Perlu Anda ketahui, kalsium mampu menurunkan tekanan darah hingga 1.9 point pada angka sistolik dan 1.0 poin pada angka diastolik jika Anda mengonsumsinya sebanyak 1.200 mg per hari.
  • Susu skim
    Sama seperti yoghurt, susu skim mengandung kalsium cukup tinggi. Dan ini bisa jadi pilihan bagi Anda yang tak suka asam. 8 ons susu skim mengandung 302 mg kalsium. Jadi, Anda hanya perlu minum empat gelas susu skim sehari untuk menurunkan tekanan darah.  
  • Kentang kulit yang dioven
    Jangan kupas kentangnya, langsung saja masukkan dalam oven. Dalam satu buah kentang terkandung 986 mg potasium. Pernyataan ini didasarkan pada studi Institut Linus Pauling. Kentang tak hanya makanan terbaik untuk diet rendah karbohidrat, tetapi juga penurun tekanan darah terbaik karena kandungan potasium alaminya paling tinggi dibandingkan bahan makanan lain.

Asupan 4.700 mg potasium per hari dapat mengatur tekanan darah Anda. Namun, Anda mesti berhati-hati, karena kadar potasium yang tinggi memicu penyakit ginjal. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memilih kentang panggang sebagai menu sehari-hari.

Ada beberapa makanan penurun tekanan darah lain yang bisa Anda masukkan ke menu diet Anda, seperti kacang almond dan halibut. Namun, kedua makanan ini tak banyak ditemukan di Indonesia. Selain itu, harganya mungkin tak banyak dijangkau masyarakat luas.

Baik halibut dan kacang almond merupakan pilihan yang bagus untuk Anda yang menginginkan magnesium tinggi. Magnesium berperan penting untuk menormalkan tekanan darah.

Apa Anda memiliki sumber nutrisi lain penurun tekanan darah tinggi? Anda bisa tambahkan daftar ini, dan mulai menyusun menu diet harian penurun tekanan darah tinggi sekarang juga!

Log In or Register