HOTLINE KONSULTASI HERBAL:
0812-8187-1234 | 0818-029-100-88
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

A+ A A-
Makanan diabetes Makanan diabetes

Makanan Diabetes Bantu Mencegah Diabetes Akut

Diet terbaik untuk penderita diabetes adalah diet kalori terbatas. Namun, tak berarti Anda tak boleh membuat variasi menu diet yang lain. Contohnya, sesekali Anda dapat membuat menu diet rendah lemak atau rendah sodium saat jenuh dengan menu yang selalu sama setiap hari.

Yang terpenting, makanan diabetes yang Anda buat tidak melebihi jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap hari. Artinya, Anda harus hitung dengan cermat berapa kalori yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari.

Mau tahu bagaimana menghitung kalori Anda dalam sehari? Seperti yang tercatat dalam buku "Perencanaan Makan Penderita Diabetes dengan Sistem Unit" yang ditulis oleh tim Klinik Gizi dan Klinik Edukasi Diabetes Rumah Sakit Tebet, jika Anda laki-laki dan tak alami obesitas atau kelebihan berat badan, cukup kalikan 30 berat badan Anda, kemudian ditambah 20% untuk aktivitas.

Bagi Anda yang sehari-hari berolahraga, kalori Anda harus ditambahkan 300. Untuk wanita, kalikan berat badan Anda dengan 25 dan tambah 20% untuk aktivitas.

Nah, sekarang bagaimana mengatur makanan diabetes Anda? Pastikan mengonsumsi karbohidrat kaya serat. Apa sajakah makanan yang mengandung karbohidrat tapi kaya serat itu?

Beras merah, sorghum, oats, sereal, dan roti. Bisa dikatakan ini jenis makanan diabetes untuk pengganti makanan pokok yang biasa Anda makan.

Apa sulit meninggalkan nasi putih? Mau tidak mau kebiasaan mengonsumsi nasi putih harus Anda tinggalkan. Lagi pula, ada banyak manfaat yang kita peroleh jika tak mengonsumsi nasi putih.

Pertama, karbohidrat kaya serat memberikan tenaga lebih banyak dibanding nasi biasa, dan bagus untuk pencernaan. Anda tak akan merasa cepat lapar dan mengantuk. Beras merah pun dipercaya tak menyebabkan kegemukan karena kalori yang dihasilkan lebih sedikit dibandingkan nasi biasa.

Apalagi yang Perlu Diperhatikan Saat Menentukan Makanan Diabetes?

Usahakan perbanyak konsumsi sayuran dan buah segar, terutama buah yang mengandung magnesium atau proxeronin. Penelitian menunjukkan magnesium dapat menekan kadar gula dalam darah, sementara proxeronin dapat merevitalisasi pankreas.

Dimana lagi Anda bisa dapatkan proxeronin tinggi selain di buah Noni (Mengkudu)? Ya, proxeronin bisa memperbaiki pankreas, satu tempat dimana insulin diproduksi.

Nah, ketika insulin dalam tubuh meningkat, pengontrolan kadar gula darah pun dapat berlangsung sesuai porsinya. Anda takkan takut lagi terjadi kerusakan organ di masa depan.

Namun, mengonsumsi makanan diabetes dan proxeronin saja ternyata tak cukup. Akan lebih baik jika Anda bisa mengatur pola makan dengan cara makan sedikit namun sering. Ini berfungsi meratakan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Jadi, ubah kebiasaan Anda makan dalam porsi yang banyak. Pasti bisa!

Apa Saja yang Perlu Dihindari?

Selain itu, sebisa mungkin Anda hindari makanan dengan kandungan garam yang tinggi, karena sodium berdampak buruk pada kondisi Anda, bukan hanya berkaitan dengan kadar gula Anda tapi juga memicu naiknya tekanan darah Anda.

Menghindari makanan berkalori tinggi seperti telur, jeroan, coklat, dan segala jenis gorengan juga penting. Saat kadar gula sudah tinggi, jangan mempersulit tubuh Anda dengan kalori yang menumpuk. Sekarang siap menyusun makanan diabetes Anda sendiri? Kenapa tidak?

Simak informasi lebih lanjut seputar diet diabetes dalam halaman Langkah Mudah Lakukan Diet Diabetes dan dapatkan hal menarik lainnya dengan mengunjungi halaman Obat Diabetes.

Log In or Register