HOTLINE KONSULTASI HERBAL:
0812-8187-1234 | 0818-029-100-88
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

A+ A A-
Senam jantung Senam jantung

Kenapa Senam Jantung Baik untuk Anda?

Senam jantung adalah olahraga yang baik untuk kesehatan jantung. Di Indonesia, senam jantung cukup populer. Bahkan senam jantung sudah dibuat sampai beberapa seri dan cocok digunakan oleh semua orang.

Senam jantung bermanfaat memperlancar aliran darah di seluruh tubuh dalam 24 jam. Apalagi saat usia bertambah, performa jantung akan berkurang. Untuk itu, perlu dilakukan perawatan jantung. Senam jantung berperan untuk menjaga kesehatan jantung.

Sumbatan pada pembuluh darah biasanya berasal dari kolesterol dan lemak. Inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya berbagai penyakit berat seperti jantung koroner dan stroke. Senam jantung berfungsi untuk meningkatkan peredaran darah. Durasi waktu senam jantung biasanya berlangsung dalam 30 menit.

Karena senam jantung memang dibuat khusus untuk membuat jantung sehat, maka gerakan-gerakannya pun dibuat untuk mendukung performa jantung. Gerakan senam jantung akan memacu jantung untuk mengambil oksigen sebanyak-banyaknya supaya kebutuhan oksigen tubuh terpenuhi.

Jantung dikatakan dalam kondisi baik jika denyut nadinya normal dan stabil. Karena itu, perbaikan denyut nadi juga menjadi salah satu tujuan senam jantung. Untuk menjaga kesehatan jantung, minimal dalam seminggu perlu melakukan dua kali senam jantung sehat.

Senam itu pun harus dilakukan secara rutin agar manfaatnya terasa. Karena itu, perlu tekad yang kuat agar bisa melakukan senam jantung secara terus-menerus.

Terkadang, tidak mudah untuk memiliki komitmen agar rutin melakukan senam jantung. Alasan yang sering dilontarkan adalah pekerjaan sehari-hari yang sulit ditinggalkan. Padahal waktu 30 menit sebenarnya tidaklah lama. Apalagi demi kesehatan diri sendiri.

Meluangkan waktu di pagi hari sebelum berangkat kerja bisa dicoba. Melakukan senam jantung saat udara masih segar akan sangat baik bagi kesehatan jantung. Menjalankan senam jantung juga tidak butuh peralatan olahraga yang banyak.

Cukup dengan sepatu dan pakaian olahraga serta melakukan gerakan-gerakan jantung sehat, itu sudah memadai. Sebelum mulai senam jantung, ada baiknya untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Pemanasan berfungsi untuk menaikkan denyut nadi secara bertahap serta menghindari terjadinya cidera. Setelah senam jantung, jangan lupa untuk melakukan pendinginan sampai denyut nadi kembali normal.

Senam jantung jelas besar manfaatnya. Selain menyehatkan jantung, senam ini juga akan menghilangkan trigliserida dari aliran darah yang merupakan penyebab kegemukan tubuh.

Log In or Register