HOTLINE KONSULTASI HERBAL:
0812-8187-1234 | 0818-029-100-88
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

A+ A A-
Gagal jantung kronis Gagal jantung kronis

Gagal Jantung Kronis dan Akut

Kerap kali seorang dokter menyebutkan istilah kronis dan akut. Misalnya, dalam menjelaskan penyakit heart failure atau gagal jantung, dokter mengklaim bahwa seseorang menderita gagal jantung kronis.

Di kesempatan lain, dokter tersebut menyebutkan bahwa seorang pasien mengalami gagal jantung akut. Apakah gagal jantung akut dan kronis sama?

Jika sama mengapa penyebutannya dibedakan? Jika berbeda, dalam hal apa saja perbedaan gagal jantung kronis dan akut itu terletak? Selain itu, gagal jantung sering disalahartikan sebagai serangan jantung.

Gagal jantung adalah istilah untuk menggambarkan kondisi ketika jantung tidak mampu lagi memompa darah akibat matinya otot jantung atau miokard infark.

Ketika tidak mampu memompa, otomatis seluruh tubuh akan kekurangan darah dan oksigen. Sedangkan serangan jantung adalah keadaan dimana pembuluh darah tersumbat akibat adanya pelapisan dinding arteri oleh lemak dan kolesterol sehingga darah tidak dapat mengalir.

Meskipun berbeda, gagal jantung dan serangan jantung memiliki efek mematikan. Gagal jantung kronis adalah kondisi dimana jantung tidak mampu memompa darah dan kondisi tersebut telah diketahui dan diderita sejak lama namun telah mencapai tingkat yang parah.

Penderita gagal jantung kronis sering mengalami kelelahan dan sesak. Tergantung dari tingkat keparahannya, penderita gagal jantung kronis juga memiliki kelelahan yang amat sangat, ketidakmampuan bernafas saat berbaring, dan adanya penahanan cairan di dalam jantung.

Jika ada penahanan cairan, maka Anda bisa mendengar suara seperti aliran cairan yang tersumbat menggunakan stetoskop. Biasanya, penderita gagal jantung melakukan pemeriksaan medis secara rutin untuk mendapatkan perawatan agar gejalanya berkurang dan harapan hidup serta tingkat kesembuhan bertambah tinggi.

Jika seseorang menderita gagal jantung kronis dan tidak dapat ditanggulangi dengan obat-obatan dan perawatan lainnya, maka operasi adalah jalan lain untuk mengembalikan fungsi jantung. Operasi-operasi yang mungkin dilakukan adalah bypass dan transplantasi jantung.

Berbeda halnya dengan gagal jantung kronis, gagal jantung akut adalah keadaan dimana jantung tak mampu lagi memompa darah ditandai dengan sesak nafas yang datang tiba-tiba tanpa si penderita pernah tahu dirinya mengidap kematian otot jantung.

Sebenarnya, penderita gagal jantung akut telah merasakan gejala gagal jantung seperti sesak nafas saat berbaring dan kelelahan namun penderita tersebut terlambat/menunda untuk mendapat penanganan.

Ketika keadaan otot jantung telah parah dan tidak mendapat perawatan, penderita yang sedang berbaring atau istirahat tiba-tiba bisa merasakan sesak nafas yang kemudian menjadi ketidakmampuan bernafas yang amat parah, nafas pendek ketika istirahat, dan lemas.

Pada penderita gagal jantung akut, penanganan medis yang dilakukan adalah pemberian oksigen dan nitrat untuk menormalkan pernapasan. Untuk perawatan selanjutnya, penderita gagal jantung akut diberikan terapi inotropik dan diuretik.

Jika salah satu orang yang Anda cintai terkadang menderita sesak nafas saat berbaring atau memiliki penyakit jantung koroner, lebih baik segera lakukan pemeriksaan medis untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Gagal jantung akut biasanya berakhir pada kematian karena kematian otot yang telah parah tidak mendapat perawatan yang cepat dan tepat sebelumnya.

Log In or Register