0812-8187-1234 | 0812-80-61-0777
0818-029-100-88 | 0856-99-34341
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

My Cart
A+ A A-
Terapi buah Terapi buah

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Terapi Buah dan Oksigen

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan konsumsi buah sudah lumrah dibincangkan di masyarakat. Buah merupakan salah satu kunci utama mensukseskan diet darah tinggi.

Mau tahu kenapa? Dalam buah terkandung banyak nutrien yang berperan aktif dalam menjaga elastisitas dan resistensi pembuluh darah manusia.

Namun tentunya tidak sembarang buah yang bisa masuk dalam menu diet darah tinggi. Beberapa jenis buah sangat dianjurkan untuk ditambahkan dalam menu diet darah tinggi karena kemampuannya menambah elastisitas arteri. Mau tahu buah apa saja yang masuk dalam kategori ini?

  • Campuran bawang putih dan lemon
    Anda bisa membuat minuman perpaduan antara bawang putih dan lemon. Tak perlu membayangkan bagaimana rasanya minuman ini jika Anda ingin bebas dari darah tinggi. Bawang putih memproduksi hidrogen sulfida yang berinteraksi dengan sel darah dan berfungsi menurunkan tekanan darah. Sedangkan, lemon bermanfaat untuk menguatkan dinding arteri karena kandungan vitamin C yang tinggi. Perpaduan antara vitamin C dan hidrogen sulfida dapat memperhalus sel otot dan sekaligus membuatnya rileks.
  • Buah Delima
    Delima mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Jika delima dimasukkan dalam diet Anda, beberapa penelitian menunjukkan tekanan darah dapat turun secara signifikan.  
  • Semangka
    Semangka tak hanya segar di mata dan lidah. Semangka bisa menyegarkan pembuluh darah Anda. Asam amino jenis arginin yang ada dalam semangka memproduksi nutrisi penting yang dapat menguatkan sekaligus melebarkan dinding arteri.

Untuk mendapatkan hasil optimal dari buah-buah di atas, ada satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan. baik semangka, delima, maupun lemon yang Anda konsumsi sebaiknya disimpan dalam suhu di bawah 50 C dan tunggu selama 30 menit.

Makanan yang panas akan didinginkan di dalam perut dan makanan dingin akan dihangatkan di dalam perut. Buah yang didinginkan sebelum dikonsumsi akan berdampak positif pada sekresi dan mempermudah penyerapan.

Jadi, jangan heran jika dokter mengatakan bahwa mengonsumsi makanan dengan temperatur yang rendah merupakan cara menurunkan tekanan darah tinggi.

Terapi Oksigen

Untuk mempercepat proses kesembuhan Anda, ada satu lagi terapi yang bisa dilakukan; terapi oksigen. Terapi ini sama halnya dengan mempraktekkan cara bernapas yang dalam dan panjang.

Bernapas dalam dan panjang memungkinkan Anda untuk menghirup lebih banyak oksigen. Selain itu, cara bernapas yang seperti ini membantu Anda untuk lebih rileks. Tentu sikap rileks lebih baik daripada stres atau tegang, bukan?

Satu jam sebelum tidur, usahakan turunkan suhu kamar Anda. Kemudian saat suhu tubuh turun, ambil dan makan pelan-pelan buah-buah yang telah disebutkan di atas, sedikit demi sedikit selang-seling antara satu buah dan lainnya.

Setelah 15 menit, pindah ke ruangan yang lebih banyak ventilasi agar oksigen yang di hirup lebih banyak. Tunggu sampai 20 menit dan terus ambil napas yang dalam dan panjang.

Kembali lagi ke ruangan dengan suhu rendah dan tunggu selama 20 menit sebelum Anda kembali ke kamar tidur dengan suhu normal. Lakukan terapi ini selama 7 hari berturut-turut.

Suhu rendah dapat merendahkan intensitas aliran darah di pembuluh, sementara oksigen dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi yang ada dalam buah yang Anda makan. Cara ini tidak mahal dan Anda hanya perlu 7 kali mempraktekkannya. Anda mau coba cara menurunkan darah tinggi yang satu ini? Kenapa tidak?

Log In or Register