HOTLINE KONSULTASI HERBAL:
0812-8187-1234 | 0818-029-100-88
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

Cara konsumsi Mengkudu Cara konsumsi Mengkudu

Cara Konsumsi Mengkudu

Mungkin ada yang berpikir bahwa hanya orang sakit saja yang mengonsumsi sari buah Mengkudu atau Noni. Sebenarnya tidak demikian, orang yang berada dalam kondisi sehat bisa juga mengonsumsi sari buah Mengkudu termasuk anak-anak.

Tetapi sebaiknya orang yang menjalani perawatan kesehatan memberitahukan pada dokternya bila ingin mengonsumsi sari buah ini. Dari bukti-bukti empiris diketahui bahwa sari buah Mengkudu aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak, wanita hamil, dan ibu yang sedang menyusui.

Berapa lama mengonsumsi juga tergantung pada efek positif yang timbul setelah mengonsumsi. Sebagian orang mungkin membutuhkan waktu beberapa bulan atau bahkan lebih sebelum merasakan efek yang signifikan.

Namun rata-rata hampir setiap orang mengalami adanya perubahan setelah minum dalam beberapa minggu. Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk merasakan adanya perubahan setelah mengonsumsi tergantung pada beberapa hal seperti:

  • Tingkat keseriusan masalah kesehatan.
  • Berapa lama waktu mengonsumsinya.
  • Stress/tekanan yang dialami.
  • Terapi kesehatan yang tengah dijalani.
  • Jenis suplemen kesehatan lain yang sedang dikonsumsi.
  • Sebelum mulai mengonsumsi sari buah Mengkudu, sebaiknya dipastikan alasan apa yang memotivasi kita untuk mengonsumsinya.

Berikut ini adalah beberapa alasan yang dapat dijadikan pegangan dalam mengonsumsi sari buah Mengkudu:

  • Meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan dan memperbaiki kesehatan.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Lebih meningkatkan kesehatan pribadi.
  • Membantu penyembuhan tubuh setelah mengalami luka atau pembedahan.
  • Membantu penyerapan gizi dari makanan dan suplemen kesehatan lain yang dikonsumsi.
  • Memberikan nutrien-nutrien yang tidak tersedia dalam makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari.
  • Mencoba cara alami untuk terapi kesehatan dan penyembuhan karena metode konvensional yang digunakan tidak memberikan basil seperti yang diharapkan.
  • Memperkuat enzim tubuh, letak sel reseptor dan sel protein lain sehingga dapat bekerja lebih baik.

Alasan Memberikan Sari Buah Mengkudu pada Remaja dan Anak-Anak

Ketika anak-anak memasuki usia belasan akan sangat menguntungkan bila mereka mulai dibiasakan mengonsumsi sari buah Mengkudu setiap hari karena dapat membantu mengatasi banyak proses transisi atau perubahan yang sedang dialami. Jus Mengkudu dapat membantu menghaluskan kulit mereka yang mulai ditumbuhi jerawat, menstabilkan suasana hati (mood), menghilangkan sakit pertumbuhan dan mempercepat masa penyembuhan akibat kecelakaan.

Bayi sehat, balita, anak-anak yang berusia kurang dari 9 tahun mungkin tidak perlu mengonsumsi sari buah Mengkudu setiap hari. Bila kondisi mereka sehat, daya tahan tubuh mereka sudah cukup kuat sehingga tidak memerlukan suplemen. Sebaiknya jus Mengkudu diberikan bila tubuh mereka sedang kurang sehat.

Dosis Mengonsumsi Sari Buah Mengkudu

Ada beberapa dosis yang dianjurkan dalam mengonsumsi sari buah Mengkudu yang dikaitkan dengan kondisi kesehatan pemakai.

Tabel di bawah ini menjelaskan dosis konsumsi sari buah bagi orang yang secara umum berada dalam kondisi sehat atau tidak sedang mengalami penyakit serius. Tujuan konsumsi lebih ditekankan untuk menjaga kesehatan, meningkatkan stamina tubuh, dan memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Dosis berikut adalah untuk kategori usia dewasa, yang berusia di atas 16 tahun.

WaktuBulan IBulan I - Seterusnya
Sebelum makan pagi 25 ml 25 ml
Sebelum makan malam 25 ml 25 ml

Sedangkan untuk mereka yang belum 16 tahun, berikut dosis yang dianjurkan.

WaktuBulan IBulan I - Seterusnya
Sebelum makan pagi 25 ml 25 ml
Sebelum makan malam 25 ml -

Tabel di bawah ini menerangkan dosis mengonsumsi bagi para penderita penyakit kronis. Beberapa jenis penyakit kronis adalah sebagai berikut: alergi kronis, arthritis (radang sendi), asma, bronkhitis, depresi, lupus, neuralgia, nyeri/sakit, sinusitis, fibromyalgia, penyakit-penyakit degeneratif misalnya stroke, tekanan darah tinggi, gangguan jantung, kolesterol tinggi, dan kegemukan.

WaktuBulan I - Seterusnya
Pagi (setelah bangun tidur) 25 ml
Sore 25 ml
Malam (sebelum tidur) 25 ml

Dosis konsumsi sari buah Mengkudu untuk para penderita penyakit serius dapat dilihat pada Tabel di bawah ini. Jenis-jenis penyakit serius, diantaranya adalah: ketagihan (adiksi) terhadap alkohol atau obat-obatan yang mengandung zat adiktif, kecelakan serius, turunnya daya tahan/kekebalan tubuh (misalnya : AIDS), kanker, penyakit-penyakit yang meradang, nyeri yang menahun.

WaktuBulan I - Seterusnya
Pagi (setelah bangun tidur) 25 ml
Sebelum makan siang 25 ml
Sore 25 ml
Malam 25 ml

Berikut beberapa hal tambahan yang perlu diperhatikan sewaktu mengonsumsi jus Mengkudu: batas waktu yang diberikan tidak menjadi patokan (tergantung pada kondisi/perubahan yang dialami); silakan mengurangi dosis yang diminum bila merasakan peningkatan kesehatan; boleh menambah dosis konsumsi bila dosis yang disarankan belum menunjukkan reaksi positif.

Waktu Reaksi Setelah Mengonsumsi Mengkudu

Berapa lamakah efek atau perubahan dirasakan setelah mengonsumsi sari buah Mengkudu? Jawabannya tergantung pada kondisi kesehatan penggunanya. Suatu hal yang harus diingat adalah setiap orang mempunyai mekanisme metabolisme tubuh yang spesifik.

Sebagian orang mungkin mengalami efek yang ditimbulkan oleh sari buah Mengkudu hanya dalam beberapa hari, sedangkan sebagian lagi membutuhkan waktu yang agak lama untuk merasakan adanya perubahan yang nyata.

Reaksi positif yang umumnya langsung dirasakan adalah tubuh terasa lebih segar, tidur lebih nyenyak, siklus sistem percernaan menjadi lancar, lebih bersemangat dan gairah kerja meningkat.

Selain itu ada beberapa reaksi yang disebut "reaksi pembersihan" (cleansing reaction atau detoxification crisis), artinya yaitu proses pengeluaran zat-zat racun/toksin dan zat-zat sisa metabolisme dari dalam tubuh.

Secara alamiah tubuh manusia melakukan reaksi pembersihan dengan sendiri. Reaksi ini biasanya terjadi pada saat kesehatan tubuh mulai membaik yang disebabkan karena mengonsumsi suplemen kesehatan.

Gejala-gejala reaksi pembersihan setelah mengonsumsi sari buah Mengkudu diantaranya adalah: keringat berlebihan, bau badan dan bau napas tak sedap, batuk, diare atau sering buang air besar, air seni (urin) berbau, sakit kepala ringan, sering buang angin, perdarahan berlebihan saat menstruasi, ruam-ruam pada kulit, beberapa kelenjar membengkak, mudah lelah, dan rasa nyeri akibat terjadi pelepasan kristal asam urat dari dalam tubuh.

Apabila mengalami gejala-gejala tersebut, disarankan untuk mengurangi dosis konsumsi atau menghentikan terapi dengan Mengkudu untuk beberapa hari sampai gejalanya mereda atau hilang. Biasanya gejala reaksi pembersihan akan hilang dalam waktu 2-4 minggu.

Alergi Mengkudu

Beberapa orang mungkin alergi atau hipersensitif terhadap Mengkudu maupun produk-produk olahannya. Gejalanya hampir sama dengan gejala reaksi pembersihan. Bagi orang yang alergi terhadap Mengkudu juga disarankan untuk mengurangi dosis konsumsi atau menghentikannya sama sekali bila reaksi alergi sangat hebat dan tidak hilang setelah mengonsumsi sari buah Mengkudu dalam waktu lama.

Pengalaman para pengguna sari buah Mengkudu menunjukkan bahwa 25 % pengguna merasakan efek yang nyata setelah mengonsumsi selama kurang lebih 3 minggu; 50 % dalam waktu 3-8 minggu; 25% dalam waktu 8-12 minggu.

(Sumber: Buku Sehat Dengan Mengkudu, Penulis Maria Goreti Waha, STP)

Log In or Register