HOTLINE KONSULTASI HERBAL:
0812-8187-1234 | 0818-029-100-88
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

Meningkatkan HDL kolesterol Meningkatkan HDL kolesterol

Bagaimana Meningkatkan HDL Kolesterol?

Kolesterol memiliki dua tipe yang sangat bertentangan. LDL adalah kolesterol jahat karena kadar lemaknya yang sangat tinggi membuatnya mudah menempel di dinding pembuluh darah.

Sedangkan HDL dikenal sebagai kolesterol baik karena kandungan proteinnya yang tinggi. HDL bertugas untuk membawa kelebihan kolesterol yang dibawa oleh LDL ke organ hati untuk kembali diproses dan diturunkan kadar kolesterolnya.

Dengan begitu HDL berperan besar dalam pencegahan menempelnya lemak dan kolesterol jahat pada dinding pembuluh darah. Level minimal HDL yang diperlukan tubuh  adalah 60mg/dL (desiliter).

Maka, rutinlah mengecek kadar kolesterol Anda. Jika Anda dalam masa untuk menaikkan HDL dalam darah, Universitas Harvard telah membeberkan cara mudahnya dalam jurnal ilmiah Harvard Women's Health Watch edisi Juni 2008.

  • Olahraga aerobik
    Olahraga aerobik ringan hingga berat bisa menambah HDL dari 5% hingga 10%. Peneliti Universitas Harvard menganjurkan untuk berolahrga jenis aerobik (jalan cepat, lari, bersepeda, renang, dll) lima kali dalam seminggu, masing-masing 30 menit.
  • Turunkan berat badan
    Tahukah Anda bahwa penurunan berat badan setiap 3 kg akan meningkatkan kadar HDL sebesar 1mg/dL? Terlebih jika Anda memilih hanya makanan sehat untuk dikonsumsi, berat badan akan cepat turun, kadar HDL kolesterol pun akan meningkat.
  • Berhenti merokok
    Jika Anda perokok, maka berhentilah. Sebab jika Anda berhenti merokok maka kadar HDL dalam darah akan meningkat sebesar 15% hingga 20%. Tentu saja berhenti merokok tidak mudah. Anda bisa mencoba lebih dari satu strategi untuk berhenti merokok. Komunikasikan hal ini dengan dokter, dokter bisa memberikan masukan agar misi Anda untuk berhenti merokok tercapai.
  • Konsumsi lemak baik dan diet sehat
    Lemak adalah satu hal yang Anda singkirkan cepat-cepat karena lemak dapat meningkatkan kolesterol jahat. Tetapi lemak tetap dibutuhkan tubuh dan Anda tetap harus mengonsumsi lemak. Lemak baik yang ada pada minyak Zaitun, Canola, dan minyak ikan, serta kacang-kacangan dapat memperbanyak kadar HDL kolesterol dalam darah. Untuk diet sehat, pilihlah karbohidat kompleks yang lebih lama terurai seperti beras merah dan gandum dibandingkan nasi putih atau bahan pangan dari tepung-tepungan.
  • Konsumsi anggur merah
    Jika Anda bukan peminum alkohol jangan mulai mengonsumsinya hanya untuk meningkatkan kadar HDL kolesterol. Namun, jika Anda peminum alkohol, turunkan konsumsi jumlah Anggur Merah hingga jumlah yang dianjurkan. Penelitian memang menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah yang tepat yakni hanya 1 sloki per hari dapat memperbanyak jumlah kolesterol baik dalam tubuh.
  • Konsumsi obat
    Niacin adalah kandungan obat yang dapat menurunkan kadar LDL kolesterol atau kolesterol jahat dalam darah. Namun, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengonsumsi obat-obatan termasuk didalamnya obat-obatan herbal yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol seperti Sarang Semut.

Nah, meskipun dokter menganjurkan untuk menurunkan kolesterol, menaikkan HDL kolesterol juga dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke datang dan menyerang tubuh Anda. Selamat meningkatkan kolesterol baik!

Log In or Register