HOTLINE KONSULTASI HERBAL:
0812-8187-1234 | 0818-029-100-88
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

A+ A A-
Aspirin – Seberapa Aman Untuk Dikonsumsi Oleh Penderita Radang Sendi? Aspirin – Seberapa Aman Untuk Dikonsumsi Oleh Penderita Radang Sendi? Google Image

Aspirin—Seberapa Aman untuk Dikonsumsi oleh Penderita Radang Sendi?

Aspirin–apakah anda pernah mendengarnya? Ini adalah kandungan obat yang biasanya digunakan untuk mengobati sakit kepala. Apa sebenarnya Aspirin? Apa kegunaannya?

Beberapa orang memang tidak memedulikan jenis kandungan obat yang mereka konsumsi, karena mereka butuh solusi cepat untuk atasi sakit kepala yang tak tertahankan, obat ini juga sudah banyak beredar di warung eceran sehingga mudah di dapat.

Aspirin disebut juga asam asetilsalisilat (asetosal) yang digunakan sebagai pereda nyeri, obat demam dan anti radang. Sebaiknya Anda memastikan setiap jenis obat dengan konsultasi dokter sebelum mengonsumsinya!

Obat ini juga dapat mencegah terjadinya pembekuan darah, oleh karena itu aspirin sering digunakan untuk mencegah serangan jantung yang timbul karena terhentinya darah menuju jantung sehingga sebagian sel jantung mati. Juga mencegah penyumbatan darah ataupun pecahnya pembuluh darah yang ada di otak (stroke).

Selain pada penderita serangan jantung dan stroke, Anda juga membutuhkan obat ini jika mengidap Rheumatoid artritis (Serangan sistem kekebalan tubuh pada sendi dan mengakibatkan peradangan sendi).WebMD

Mengingat khasiatnya yang cukup ampuh dalam mengobati penyakit berat, bukan berarti Aspirin aman untuk di konsumsi. Masih ada efek samping yang dapat timbul, misalnya perhatikan pengalaman dokter yang menangani pasien kelainan sendi (artritis) berikut ini.

Suatu ketika pria yang mengidap artritis ini tiba-tiba mengalami pendarahan pada usus besar selama berminggu-minggu, setelah sang dokter mendiagnosa didapati adanya peradangan pada lambung (gastritis).

Lalu dokter bertanya kepada pasien mengenai obat apa saja yang sudah ia konsumsi? Pria ini menjelaskan bahwa selama ini ia mengonsumsi obat yang dijual bebas guna menangani problem artritisnya.

Sang dokter kemudian meneliti komposisi obat yang ia konsumsi dan mendapati kandungan asam asetilsalisiklik penyebabnya. Setelah pria ini berhenti mengonsumsi aspirin, dokter memberikan zat besi dan obat sakit perut, sehingga pendarahan berhenti juga hitung darahnya kembali meningkat.

Bila aspirin digunakan sebagai bagian dari pengobatan, pastikan agar Anda mendapatkan dosis terendah dengan jangka waktu pengobatan tersingkat guna menghindari terjadinya komplikasi karena efek samping aspirin. Cara lain untuk mengatasi radang sendi ialah; menurunkan berat badan, olahraga, terapi panas, dan terapi dingin.Mayo Clinic

Terapi panas dan terapi dingin? Terapi panas merupakan jenis terapi yang menggunakan media panas seperti bantalan panas (heating pad) atau botol yang di isi dengan air panas.

Sewaktu media panas ditempelkan pada area yang sakit, pembuluh darah akan membesar, lalu otot yang tegang pun mengendur, sehingga rasa nyeri dapat teratasi.

Sedangkan terapi dingin merupakan terapi yang menggunakan media dingin seperti mengompresnya dengan es sehingga menciptakan sensasi kebal (mati rasa/bersifat anestesi) guna meredakan sakit.

Terapi panas dan dingin ini dapat dilakukan beberapa kali dalam satu hari dengan durasi (lamanya terapi) 20 hingga 30 menit.

Hal ini tentu membingungkan Anda dan timbul pertanyaan; sebenarnya apakah aspirin dapat mengobati penderita radang sendi? Jika Anda butuh obat-obatan untuk mengatasi rasa sakit karena artritis, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter, terutama bila Anda alergi aspirin ataupun mengalami pendarahan.chealth.canoe.ca

Log In or Register