HOTLINE KONSULTASI HERBAL:
0812-8187-1234 | 0818-029-100-88
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

Jenis operasi jantung Jenis operasi jantung

5 Jenis Operasi Jantung

Dalam dunia medis, yang dimaksud operasi jantung adalah prosedur pembedahan yang bertujuan mengganti fungsi pembuluh darah yang menyempit yang membuat aliran darah ke jantung terhambat.

Metode operasi jantung yang banyak dilakukan adalah bypass jantung. Namun, ada juga beberapa jenis operasi jantung lainnya. Berikut jenis-jenis operasi jantung yang sebaiknya Anda ketahui.

Operasi Jantung Bypass

Operasi jantung jenis ini biasanya digunakan untuk mengobati penyakit jantung koroner. Metode operasi jantung ini ialah dengan membuat saluran baru sebab saluran pada pembuluh darah arteri jantung telah menyempit atau terhambat.

Dengan begitu, diharapkan proses aliran darah bisa kembali lancar sehingga oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah dapat sampai ke otot jantung.

Dalam sebuah operasi jantung bypass, dokter bedah maksimal dapat memperbaiki empat pembuluh darah yang terhambat. Saluran baru biasanya diambil dari dada, kaki, atau bagian tertentu pasien.

Operasi jantung bypass dalam istilah medis dikenal dengan nama Coronary Artery Bypass Graft (CABG). Dalam penyembuhan sakit jantung, operasi bypass termasuk yang paling sering dilakukan.

Operasi Penggantian/Perbaikan Katup Jantung

Katup jantung berfungsi untuk mengatur aliran darah satu arah. Setiap katup terdiri dari sekumpulan penutup. Saat katup terbuka, aliran darah akan mengalir langsung dari bilik jantung menuju arteri.

Sebaliknya, saat katup menutup, aliran darah akan berhenti. Tujuan operasi perbaikan katup adalah untuk membuka katup yang tertutup yang mengakibatkan aliran darah menjadi terganggu.

Operasi Jantung Laser

Dalam dunia kedokteran, operasi jantung laser dikenal dengan nama transmyocardial laser revascularization (TLR). Operasi jantung laser biasanya dilakukan saat penanganan-penanganan sebelumnya telah gagal.

Pada operasi jantung jenis ini, dokter akan menggunakan teknologi laser untuk membuat saluran di otot jantung. Tujuannya agar saluran tersebut mampu membuat darah mengalir lebih lancar.

Operasi Pembengkakan Jantung

Pembengkakan jantung adalah terjadinya pembengkakan yang tidak wajar pada otot jantung atau pada dinding arteri. Pembengkakan jantung biasa terjadi pada bagian jantung sebelah kiri.

Bila tak cepat ditangani, penyakit pembengkakan jantung ini bisa semakin memburuk dan bahkan pecah yang potensial menyebabkan perdarahan dalam tubuh.

Tidak hanya itu, serangan jantung pun sangat mungkin terjadi. Oleh karena itu, ahli bedah biasanya akan berusaha untuk mengatasi bagian jantung yang membengkak tersebut melalui operasi pembengkakan jantung.

Operasi Cangkok Jantung

Pencangkokan jantung atau yang juga disebut dengan transplantasi jantung biasanya diterapkan untuk pasien yang mengalami lemah jantung. Lemahnya jantung membuat jantung tidak cukup kuat untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Terganggunya aliran darah, jelas akan berbahaya bagi tubuh. Karena itu, dokter akan menyarankan melakukan operasi pencangkokan jantung. Operasi jantung ini bertujuan untuk mengganti jantung yang lemah dengan jantung sehat.

Tapi biasanya ini menjadi pilihan terakhir, saat penanganan lemah jantung lainnya telah gagal. Operasi transplantasi jantung ini biasanya juga tidak mudah sebab harus ada orang yang mau mendonorkan jantungnya.

Di samping itu, tentu biaya operasinya juga tidak murah. Apakah operasi jantung yang tepat dilakukan untuk penderita? Pilihan operasi jantung yang akan dilakukan sangat bergantung dari hasil diagnosa dokter. Oleh karena itu, serahkan pilihan operasi jantung yang tepat pada dokter Anda.

Log In or Register